Bunga mawar sudah lama menjadi simbol kecantikan. Meski berduri tajam, kelopak bunga yang lembut dan harum nyatanya bisa menularkan pesona femininnya padamu. Nggak heran, banyak produk kecantikan yang menggunakan bunga mawar sebagai salah satu bahan kandungan di dalamnya. Sebenarnya, kamu bisa loh mendapat manfaat mawar dengan cara yang mudah. Cukup rendam kelopak mawar pada air bersuhu normal dan diamkan dalam botol tertutup. Setelah itu, gunakan air tersebut untuk produk kecantikan ini yang bisa kamu coba.

Toner wajah

Secantik Bunganya,  Mawar Dapat Memberi Manfaat untuk WajahmuDok. Chopra.com
 

Setelah mencuci muka, toner bisa membantu kulit untuk menyeimbangkan PH wajah. Selain itu, toner juga berfungsi untuk mengontrol produksi minyak dan menyamarkan pori-pori wajah. Dibandingkan produk toner wajah yang mengandung bahan kimia, kamu tentu lebih baik menggunakan air mawar yang dibuat secara alami. Selain mencegah iritasi kulit, menggunakannya secara rutin dapat mencegah munculnya komedo dan membuat kulit tetap lembap.

Meminimalisir kantung mata

Secantik Bunganya,  Mawar Dapat Memberi Manfaat untuk WajahmuDok. charlottesbook.com
 

Lingkaran gelap di bawah mata yang menggantung biasanya disebabkan kurang tidur, kelelahan, alergi, atau bahkan habis menangis dalam waktu yang lama. Untuk mengatasinya, kamu perlu mengompres area kantung mata dengan air dingin dan menyemprotkannya dengan air mawar. Coba deh teteskan pada kapas dan tepuk-tepuk ringan di area bawah mata. Hal ini dapat membuat kulit lebih segar tanpa khawatir timbul kemerahan bagi kulit sensitif dengan kandungan anti-inflamasi pada wajah. 

Pembersih makeup alami

Secantik Bunganya,  Mawar Dapat Memberi Manfaat untuk WajahmuDok. beinglike.com
 

Kebanyakan produk pembersih makeup memiliki kandungan alkohol. Selain membuat kulit menjadi kering, kamu yang memiliki kulit sensitif tentu harus berhati-hati agar kulit nggak mengalami peradangan dan timbull kemerahan. Coba deh campurkan beberapa tetes air mawar dengan minyak kelapa atau minyak almond sebagai pembersih wajah. Gunakan campuran tersebut pada kapas dan usapkan pada wajah hingga kembali bersih.

Face mist dan setting spray

Secantik Bunganya,  Mawar Dapat Memberi Manfaat untuk WajahmuDok. thebrunettediaries.com
 

Bekerja seharian tentu membuat kulit kering dan terlihat kusam. Kamu bisa menggunakan air mawar sebagai face mist untuk menyegarkan kulit pada siang atau sore hari. Selain menenangkan kulit, kelopak mawar yang terkandung di dalamnya dapat memberi wangi-wangian lembut yang menenangkan.  Nggak cuma itu, kamu juga bisa menjadikkannya setting spray setelah merias wajah agar makeup tahan lebih lama.

Melembapkan kulit

Secantik Bunganya,  Mawar Dapat Memberi Manfaat untuk WajahmuDok. HelloBeautiful
 

Kesibukan yang padat kerap membuat kamu lupa untuk menjaga hidrasi kulit. Padahal kulit yang kering bisa memicu banyak masalah kulit kusam, keriput, hingga iritasi. Salah satu kelebihan dari air mawar bisa dicampur dengan krim pelembap kulit. Selain harum, campuran ini juga menambah kandungan pelembap dan membuat kulit menjadi lebih halus dan lembut saat disentuh.

 

BACA JUGA: 5 Kebaikan Essential Oil dan Cara Penggunaan yang Tepat