Selain kanker payudara, tumor rahim menjadi salah satu jenis penyakit yang mengancam nyawa terutama pada kaum perempuan. Sering dianggap sebagai penyakit yang mematikan, tumor rahim banyak memakan korban jiwa hingga detik ini penderita pun semakin meningkat. Tentu saja hal tersebut membuat banyak perempuan yang sangat takut jika dirinya mengidap penyakit yang satu ini. 

Namun, tak perlu khawatir karena tumor rahim dapat dicegah lho. Salah satu caranya tentu dengan mengenali jenis penyakit ini, dari mulai penyebab, gejala, hingga cara untuk mengatasinya. Untuk itu, Popbela akan sedikit mengulas tumor rahim di artikel berikut ini. Yuk simak sampai habis!

Apa itu tumor rahim?

Tumor rahim adalah salah satu penyakit pada perempuan dengan tumbuhnya benjolan yang terdapat pada dinding rahim. Memiliki bentuk yang cukup beragam, dari benjolan yang paling kecil hingga benjolan besar yang merupakan hasil dari berkembangnya sel tumor pada dinding rahim. Umumnya, tumor rahim terbagi menjadi dua bagian yaitu tumor rahim jinak dan tumor rahim ganas. 

Tumor rahim jinak biasanya tak mengganggu kehamilan serta nyawa sehingga masih dapat dilakukan upaya pengangkatan benjolan melalui operasi. Berbeda dengan tumor rahim jinak, tumor rahim ganas biasanya dapat membuat seorang perempuan mandul bahkan dapat berkembang menjadi kanker sehingga dapat menyebabkan kematian.

Dapat Mengancam Nyawa, Kenali Penyakit Tumor Rahimannesunderman.com

Penyebab tumor rahim

Setelah dilakukannya penelitian, banyak sekali faktor yang menjadi penyebab tumbuhnya tumor rahim. Diantaranya seperti genetik yang didapat dari orang tua, waktu tidur yang tak berkualitas, akibat bahan kimia yang terdapat pada obat-obatan tertentu yang dikonsumsi, serta beberapa kebiasaan buruk seperti kecanduan alkohol, merokok, serta terlalu banyak mengonsumsi makanan cepat saji yang mengandung bahan berbahaya untuk kesehatan. 

Maka itu, penting sekali untuk menjaga kesehatan tubuh terutama kaum perempuan untuk selalu memperhatikan kebersihan area kewanitaan.

Gejala tumor rahim

Wajib tahu, seseorang yang mengalami tumor rahim biasanya dapat terlihat dari beberapa gejala yang tampak seperti waktu menstruasi yang terlalu lama sehingga terjadinya pendarahan yang cukup parah, perut bagian bawah yang terasa sangat sakit, hingga bagian panggul yang terasa nyeri dan pegal. 

Jika beberapa tanda tersebut sudah dirasakan, ada baiknya untuk segera mengkonsultasikan diri ke dokter spesialis untuk dapat dicari tahu cara penanganannya agar tak dapat berkembang menjadi lebih serius.

Dapat Mengancam Nyawa, Kenali Penyakit Tumor Rahimfstoppers.com

Cara mengatasi tumor rahim

Walaupun jenis penyakit yang satu ini kedengarannya cukup mengerikan, tetapi tenang saja, Bela. Karena tumor rahim masih bisa diatasi sesuai dengan jenisnya kok. Jika tumor rahim yang diderita merupakan jenis tumor rahim jinak, biasanya dokter akan menyarankan untuk melakukan pengangkatan sel tumor tanpa mengganggu area rahim sehingga besar kemungkinan masih dalam titik aman. 

Tetapi, jika yang diidap bukanlah tumor rahim jinak melainkan tumor rahim ganas, ada beberapa metode yang biasanya disarankan seperti dilakukannya terapi hormon dan kemoterapi yang dapat dengan ampuh menghancurkan sel tumor secara perlahan. 

Perlu diketahui, bagi penderita tumor rahim ganas, beberapa cara tersebut memang terbukti ampuh dalam mengatasi sel tumor, tetapi setiap metodenya memiliki resiko tersendiri yang dapat merugikan seseorang. Untuk itu, biasanya dokter akan memberikan opsi lainnya berupa beberapa jenis obat-obatan yang dapat dikonsumsi sebagai bentuk terapi.

Itulah dia kilasan mengenai tumor rahim yang wajib kamu ketahui. Agar tak terserang penyakit yang satu ini, jangan lupa untuk menghindari beberapa kebiasaan buruk pemicu tumor rahim yang dapat kamu hindari, serta bangunlah gaya hidup yang sehat mulai dari sekarang.