Di antara banyaknya jenis gejala, pilek menjadi salah satu yang paling sering dialami semua orang. Pilek merupakan suatu kondisi dimana seseorang mengeluarkan cairan atau lendir yang keluar dari hidung karena adanya kotoran atau kuman yang berusaha masuk ke bagian pernapasan.

Saat seseorang pilek, banyak sekali hal-hal yang menjadi penyebabnya, tak melulu karena flu atau semacamnya. Walau kelihatannya normal, pilek sangatlah mengganggu aktivitas sehari-hari karena membuat rasa tak nyaman bahkan dapat menimbulkan nyeri pada kepala.

Untuk menjawab rasa penasaran banyak orang, sebaiknya kita kenali yuk beberapa penyebab pilek yang menjadi sumbernya. Simak terus ulasan berikut ini ya, Bela!

1. Reaksi saat mencium aroma

Hal paling umum yang menjadi penyebab pilek ialah beberapa jenis aroma yang terhirup oleh hidung. Aroma yang paling berhasil menyebabkan hidung menjadi iritasi hingga pilek ialah aroma cabai dan parfum yang terlalu menyengat. 

Namun, hal yang satu ini cukup normal, sehingga kamu tak perlu cemas ketika tahu bahwa aroma yang menjadi penyebabnya. Konon, untuk mengatasinya, kamu dapat menghirup aroma kopi yang dipercaya mampu menetralkan kembali keadaan hidung.

2. Alergi

Selain dikarenkan suatu aroma tertentu, alergi juga dapat menjadi salah satu penyebab pilek yang kerap kali terjadi pada beberapa orang. Pilek yang diakibatkan alergi biasanya terjadi ketika seseorang menghirup debu, serbuk sari, gas, asap rokok, dan bulu hewan. Maka itu, hindarilah pemicu alergi agar terhindar dari gejala pilek.

Jangan Diabaikan, Kenalilah 7 Penyebab Pileknytimes.com

3. Influenza

Kalau penyebab pilek yang satu ini pasti sudah tak asing lagi kan? Yup, hampir semua orang pernah mengalami influenza. Disebabkan oleh virus, influenza dapat menyerang tubuh seseorang saat daya tahan tubuh orang tersebut melemah. 

Sebagai cara mengatasinya, tentu kamu dapat mengonsumsi obat atau antibiotik yang dijual di apotek. Sedangkan cara pencegahannya, lakukanlah gaya hidup yang sehat untuk menjaga stamina tubuh serta mempertahankan daya imun tubuh.

Jangan Diabaikan, Kenalilah 7 Penyebab Pilektoday.com

4. Sinusitis

Pada beberapa kasus, beberapa orang yang mengalami gejala pilek berkepanjangan tak dapat mengira bahwa itu disebabkan influenza melainkan sinusitis. Penyebab pilek yang satu ini dikarenakan adanya peradangan pada bagian mukosa sinus hingga kemudian berlanjut menjadi pilek terus menerus. 

Tentu saja untuk penyebab pilek yang satu ini, kamu tak dapat mengatasinya sendiri atau malah membiarkannya. Langkah yang tepat untuk bisa kamu lakukan ialah dengan segera meminta penanganan secara langsung oleh dokter spesialis.

5. Pola hidup yang kurang sehat

Tahu nggak sih kalau pola hidup yang kurang sehat, seperti kecanduan rokok, terlalu banyak mengonsumsi alkohol, dan memiliki waktu tidur yang kurang berkualitas dapat menjadi salah satu penyebab pilek. 

Daya tahan tubuh yang menurun sehingga tak dapat melakukan perlawanan terhadap bakteri, virus, dan bahan asing yang masuk ke dalam tubuh. Untuk itu, stop dulu untuk melakukan kebiasaan buruk tersebut agar tak berlanjur ke tingkat yang lebih parah.

6. Sedang mengalami stres

Saat kamu sedang stres dan seketika mengalami pilek, dapat dipastikan bahwa stres menjadi salah satu penyebab pilek yang dapat menganggu fungsi hormon serta daya tahan tubuh seseorang sehingga virus dapat mudah untuk menyerang tubuh. Untuk penyebab pilek yang satu ini, sepertinya yang dapat kamu lakukan ialah dengan belajar untuk menangkan diri saat menghadapi rasa stres.

Jangan Diabaikan, Kenalilah 7 Penyebab PilekInnomech.co.uk

7. Terdapat tumor pada hidung

Penyebab pilek yang terakhir ini harus diwaspadai. Pasalnya, jika kamu mengalami pilek berkepanjangan dan disertai dengan rasa nyeri pada hidung yang membuat sulit untuk bernapas, kamu pun harus patut untuk mencurigai dengan segera memeriksakannya ke dokter untuk dilakukan tes pemeriksaan langsung.

Nah, itulah beberapa penyebab pilek yang ternyata cukup banyak dan beragam. Jadi, jangan sepelekan gejala yang satu ini ya, Bela!

Baca Juga: 7 Fakta Unik Tentang Lupus, Penyakit yang Menyerang Kim Kardashian