Sepertinya panas dalam sudah tak asing untuk di dengar bukan? Yup, jenis gejala yang satu ini memang kerap kali dialami oleh hampir seluruh orang. Panas dalam memang bukanlah jenis penyakit atau hal yang dapat membahayakan tubuh, tetapi kehadirannya membuat si penderitanya merasakan ketidaknyamanan. Rasa pusing, tubuh yang panas terutama bagian perut, tenggorokan yang perih, juga bibir yang kering pun menjadi ciri-ciri dari seseorang yang mengalami panas dalam. 

Walau tidak berbahaya, tetapi bukan berarti kamu bisa membiarkannya begitu saja ya, Bela! Pasalnya, panas dalam dapat berkembang menjadi penyakit lainnya seperti flu atau demam. Untuk itu penting sekali mengetahui langkah-langkah penanganannya yang bisa kamu lakukan. Sebelum itu, jangan lupa juga untuk mengetahui penyebab panas dalam yang akan sedikit diulas di artikel berikut ini.

1. Cuaca yang sangat panas

Semua orang pasti tahu kalau cuaca yang sangat panas merupakan salah satu penyebab panas dalam yang dapat menyerang siapapun. Panasnya cuaca juga dapat mempengaruhi suhu pada tubuhmu terlebih jika asupan cairan pada tubuhmu berkurang. Untuk penyebab yang satu ini memang tak dapat dihilangkan, tetapi kamu dapat melakukan pencegahan juga dengan menggunakan pelindung seperti payung atau mengurangi aktivitas di luar ruangan.

2. Tubuh mengalami dehidrasi

Salah satu penyebab panas dalam yang juga sering dialami oleh banyak orang adalah ketika tubuh mengalami dehidrasi yaitu seluruh tubuh kekurangan cairan yang diakibatkan oleh suhu udara maupun kurangnya mengonsumsi asupan air. Untuk itu, jangan lupa untuk selalu meminum air putih setiap hari untuk menjaga tubuh agar tetap terhidrasi dengan sempurna ya, Bela!

Ternyata 7 Hal Ini yang Menjadi Penyebab Panas Dalamkateryaninc.com

3. Kekurangan vitamin C

Seseorang yang mengalami panas dalam umumnya disebabkan oleh adanya virus pada tubuh dan hal tersebut disebabkan juga oleh menurunnya daya tahan tubuh. Oleh karena itu kekurangan vitamin C pun juga dapat disebut sebagai salah satu penyebab panas dalam yang sering juga disebut sebagai pemicunya.

4. Kekurangan serat

Perutmu terasa sangat panas dan tak nyaman? Mungkin saja penyebab panas dalam pada dirimu diakibatkan kurangnya asupan serat yang memiliki manfaat untuk memperlancar serta menenangkan area pencernaan. Untuk itu, konsumsilah beberapa makanan tinggi serat seperti apel, pisang, stroberi, kacang edamame, dan jenis makanan tinggi serat lainnya.

Ternyata 7 Hal Ini yang Menjadi Penyebab Panas Dalammultiplefashiondisorder.wordpress.com

5. Terlalu banyak mengonsumsi makanan yang panas

Daging panggang, makanan pedas, soda, durian, makanan bersuhu panas, beberapa jenis makanan tersebut memang sangat nikmat untuk dikonsumsi dan selalu berhasil membuat seseorang menjadi ketagihan. Namun, berhati-hatilah saat mengonsumsinya karena jenis makanan tersebut bisa menjad penyebab panas dalam lho! Untuk itu, perhatikanlah porsinya saat kamu hendak mengonsumsi jenis makanan tersebut serta hindari mengonsumsi pada saat cuaca sedang panas.

6. Mengonsumsi jenis obat tertentu

Tak hanya makanan yang dapat menjadi penyebab panas dalam, ada juga beberapa jenis obat-obatan tertentu yang juga dapat menyebabkan tubuh menjadi panas dalam. Biasanya jenis obat yang dapat menyebabkan panas dalam merupakan jenis obat-obatan seperti antibiotik dan jenis obat lainnya yang dikonsumsi untuk menyembuhkan penyakit. Untuk mengatasinya, perbanyaklah minum air putih.

Ternyata 7 Hal Ini yang Menjadi Penyebab Panas Dalamnytimes.com

7. Stres

Perlu tahu, kondisi psikis ternyata juga dapat menjadi penyebab panas dalam lho! Yup, buat kamu yang sering diserang rasa stres yang berlebihan, maka tubuhmu dapat dengan mudahnya mengalami panas dalam. Hal yang satu ini membuktikan bahwa seseorang harus bisa mengendalikan rasa stres yang menyerang dirinya dan belajar untuk menjadi tenang.

Jadi buat kamu yang sering bermasalah dengan panas dalam, kenali beberapa penyebab panas dalam yang sudah Popbela jelaskan untuk lebih memudahkanmu dalam melakukan cara mengatasinya.

Baca Juga: Biar Nggak Mengganggu, Kenali Cara Mengatasi Flu dengan Cepat