Walaupun merupakan bagian terkecil pada tanganmu, namun kesehatan kuku tetap harus terjaga. Selain agar tampilan kuku terlihat lebih baik, keadaan kuku pun sangat berpengaruh pada kesehatan tubuhmu. 

Beberapa orang yang mengalami masalah kuku berwarna kuning dan rapuh mengatakan bahwa hal tersebut dapat terjadi karena beberapa faktor kesehatan maupun faktor lainnya. 

Kali ini Popbela akan membahas tentang penyebab kuku kuning dan rapuh yang penting untuk kamu ketahui. Kira-kira apa saya ya penyebab kuku kuning dan rapuh? Yuk ikuti terus ya artikelnya!

1. Efek dari penggunaan obat tertentu

Ternyata Inilah Penyebab Kuku Kuning dan Rapuhdiscover.dc.nihr

Pertama-tama, kamu bisa cek dirimu apakah kamu sedang mengonsumsi obat-obatan seperti suplemen, antibiotik, maupun vitamin B kompleks? Nah, hal tersebut bisa menjadi salah satu penyebab kuku kuning dan rapuh yang disebabkan oleh kebocoran pigmen warna yang terdapat pada obat yang kemudian berpengaruh pada perubahan warna kukumu.

2. Tumbuhnya jamur

Ternyata Inilah Penyebab Kuku Kuning dan Rapuhbyrdie.com

Salah satu penyebab kuku kuning dan rapuh yang tak diinginkan ialah tumbuhnya jamur kuku atau yang biasa disebut onikomikosis. Tumbuhnya kuku jamur dapat menyebabkan tampilan kukumu berubah warna dan tekstur sehingga berujung menjadi kuning dan juga rapuh.

3. Terkena penyakit diabetes

Ternyata Inilah Penyebab Kuku Kuning dan Rapuhmovementdisorders.org

Ternyata penyebab kuku kuning dan rapuh juga dapat diakibatkan tubuhmu mengalami penyakit diabetes. Saat tubuhmu sedang mengalami penyakit diabetes, biasanya produksi kolagen menjadi tak sempurna dan terjadilah perubahan warna dan tekstur pada kuku.

4. Akibat penyakit liver

Ternyata Inilah Penyebab Kuku Kuning dan Rapuhempr.com

Ada yang pernah mendengar tentang penyakit kuning? Yup, penyakit kuning memang disebabkan oleh gangguan hati atau liver sehingga dapat membuat kulitmu berubah warna menjadi kuning dan tentunya berdampak juga pada tampilan kukumu.

5. Terlalu sering menggunakan kuteks

Ternyata Inilah Penyebab Kuku Kuning dan Rapuhthe-toast.net

Menggunakan kuteks memang dapat membuat tampilan kukumu menjadi lebih indah. Namun, yang perlu kamu ketahui bahwa kukumu juga butuh bernapas dari bahan kimia. Karena bahan kimia yang terdapat pada kuteks dapat menjadi salah satu penyebab kuku kuning dan rapuh lho!

6. Ada masalah pada paru-paru

Ternyata Inilah Penyebab Kuku Kuning dan Rapuhmedicalnewstoday.com

Penyebab kuku kuning dan rapuh lainnya ialah tubuhmu sedang mengalami masalah pernapasan. Tak dapat dipungkiri bahwa keadaan paru-parumu sangat berpengaruh pada masukan oksigen yang baik sehingga berpengaruh juga pada keadaan kukumu.

7. Gangguan pada ginjal

Ternyata Inilah Penyebab Kuku Kuning dan Rapuhnursinginpractice.com

Ternyata, perubahan tampilan kuku yang kamu alami merupakan tanda awal jika dirimu sedang mengalami gangguan pada ginjal. Jika tak ingin terjadi sesuatu yang tak diinginkan, sebaiknya banyak konsumsi air putih.

Nah, jadi itu dia beberapa penyebab kuku kuning dan rapuh yang ternyata tak boleh kamu abaikan begitu saja. Tentulah untuk mencegahnya, kamu juga wajib untuk mejaga kesehatan tubuhmu ya Bela!

Baca Juga: 4 Tips Mudah untuk Kuku yang Sehat dan Kuat