Memiliki kantung mata hitam memang kerap menjadi permasalahan banyak perempuan. Selain membuat tampilan wajah menjadi kurang segar, kantung mata hitam juga dapat membuat wajahmu tampak lebih tua. Walaupun tampilan kantung mata yang hitam dapat disamarkan oleh makeup, tetapi tetap saja menghilangkan kantung mata hitam tetap menjadi solusi yang terbaik. 

Sebelum kamu mencari tahu penanganannya yang tepat, sebaiknya kenali dulu penyebab kantung mata hitam agar kamu lebih dapat mengerti bagaimana cara mengatasinya. Keep scrolling!

1. Kurang bersih saat membersihkan makeup

Inilah Penyebab Kantung Mata Hitambiobeauinternational.com

Tahu nggak sih, ternyata sisa makeup yang masih menempel akibat kurang bersih saat membersihkan makeup dapat menjadi penyebab kantung mata hitam. Hal tersebut dapat terjadi diakibatkan bahan kimia yang terkandung di dalam makeup sehingga menyebabkan mata panda.

2. Kurang minum air putih

Inilah Penyebab Kantung Mata Hitamvideoblocks.com

Nah, penyebab kantung mata hitam yang satu ini wajib diperhatikan ya! Pasalnya, kurang minum air putih dapat menyebabkan dehidrasi pada kulitmu sehingga menjadi kasar dan kusam sehingga sangat berpengaruh juga pada perubahan warna kantung mata.

3. Berasal dari gen

Inilah Penyebab Kantung Mata Hitamsheknows.com

Terkadang, penyebab kantung mata hitam dapat berasal dari keturunan. Jika kamu memiliki orang tua atau kakek nenek yang memiliki kantung mata hitam, bisa dipastikan hal tersebut adalah penyebabnya. Meskipun gen tidak dapat dihilangkan secara total, namun kamu masih bisa merawatnya kok.

4. Sering menggosok mata

Inilah Penyebab Kantung Mata Hitamrd.com

Siapa nih yang memiliki kebiasaan menggosok mata? Reaksi menggosok mata biasanya dilakukan saat bangun tidur di pagi hari atau saat debu masuk ke mata yang menyebabkan rasa gatal pada mata. Hal tersebut tentulah dapat menjadi penyebab kantung mata hitam yang disebabkan aliran darah yang akan terpompa di area tersebut sehingga menyebabkan mata panda.

5. Kurang tidur

Inilah Penyebab Kantung Mata Hitammedicalnewstoday.com

Penyebab kantung mata hitam yang kerap terjadi hampir pada semua orang ialah kurangnya waktu tidur. Saat kurang tidur, biasanya sirkulasi darah menjadi lambat dan hal tersebut menyebabkan lingkar hitam di bawah matamu menghitam. Sebaiknya kamu harus lebih memperhatikan waktu tidurmu ya Bela!

6. Kekurangan darah

Inilah Penyebab Kantung Mata Hitamachieveclinical.com

Sekilas, tampaknya kekurangan darah dengan mata panda seperti tak ada hubungannya. Padahal kekurangan darah juga dapat menjadi penyebab kantung mata hitam. Karena ketika seseorang mengalami anemia atau kekurangan darah, kulit wajahnya otomatis menjadi lebih pucat sehingga pembuluh darah di bagian kantung matamu lebih jelas terlihat.

7. Bertambahnya usia

Inilah Penyebab Kantung Mata Hitamsixtyandme.com

Tak dapat dipungkiri bahwa dengan bertambahnya usia, kulit pada kantung mata akan semakin menipis dan hal tersebut dapat menjadi penyebab kantung mata hitam. Untuk itu, sebaiknya jangan lupa untuk menggunakan krim di bawah mata untuk menjaga kelembapan area mata.

Jadi, itu dia beberapa hal yang menjadi penyebab kantung mata hitam. Dari mulai kebiasaan buruk hingga hal yang tak diubah seperti gen. Jadi, sebelum kamu menemukan solusi yang tepat untuk mengatasi lingkar hitam di bawah matamu, cari tahu terdahulu penyebabnya ya!

Baca Juga: 3 Tips Mudah Mengatasi Mata Panda dengan Cara Alami Ala Popbela