Menurut beberapa survei, jenis kanker payudara merupakan salah satu penyakit yang menyebabkan kematian banyak orang khususnya kaum perempuan. Hal tersebut membuat penyakit yang satu ini sangat dihindari oleh para perempuan dengan terus melakukan pola hidup sehat. 

Namun, biar pola hidup sehatmu semakin maksimal, tentu kamu juga harus mengetahui beberapa penyebab kanker payudara agar kamu menghindarinya. Buat kamu yang ingin tahu, yuk baca sampai habis!

1. Faktor genetik

7 Penyebab Kanker Payudararmalab.com

Tak dapat dipungkiri bahwa faktor genetik merupakan penyebab kanker payudara terbesar yang tidak dapat dihindari. Jika memiliki riwayat keluarga yang pernah didiagnosis kanker payudara, maka hal tersebut dapat menurun hingga ke anak dan cucu. Namun, tak perlu khawatir karena hal tersebut dapat dicegah dengan menjalani gaya hidup yang sehat.

2. Gender perempuan memang lebih beresiko

7 Penyebab Kanker Payudarasavageuniversal.com

Selain gen, tentunya gender juga termasuk kedalam salah satu penyebab kanker payudara. Dibandingkan pria, tentu perempuanlah yang berisiko cukup tinggi terserang penyakit kanker payudara. Hal tersebut juga dipengaruhi oleh hormon, maka itu perempuan memang harus lebih peduli akan kesehatannya.

3. Paparan radiasi

7 Penyebab Kanker Payudarapancreatic.org

Penyebab kanker payudara selanjutnya ialah disebabkan oleh paparan radiasi. Mungkin, hal tersebut bisa terjadi saat kamu pernah menjalani pengobatan yang berhubungan dengan alat pemancar radiasi, maka resiko terjadinya kanker payudara pun dapat meningkat lebih tinggi.

4. Obesitas

7 Penyebab Kanker Payudaraindianexpress.com

Jarang diketahui, bahwa obesitas pun dapat menjadi penyebab kanker payudara terbesar. Karena obesitas dapat mempengaruhi keseimbangan hormon yang dapat meningkatkan resiko kanker. Untuk itu, sebaiknya rajinlah berolahraga dan mengonsumsi makanan sehat untuk mengurangi berat badan sehingga mencegah dari kanker payudara.

5. Melahirkan di usia tua

7 Penyebab Kanker Payudarausatoday.com

Beberapa penelitian pernah mengatakan bahwa ternyata sebagian perempuan yang melahirkan di usia tua dapat menjadi salah satu penyebab kanker payudara yang dapat terjadi. Maka untuk itu, sebaiknya rencanakan program kehamilan untuk menyeimbangkan dengan kesehatan tubuh serta dapat terhindar dari penyakit kanker payudara.

6. Menopause

7 Penyebab Kanker Payudaraalternativeageing.com

Selain melahirkan di usia tua, penyebab kanker payudara lainnya ialah ketika perempuan memasuki masa menopause. Hal tersebut memang tak dapat dipungkiri karena hormon yang berubah sehingga menyebabkan resiko terjadinya kanker payudara.

7. Kebiasaan buruk

7 Penyebab Kanker Payudarasaga.com

Penyebab kanker payudara yang tentunya dapat kamu cegah ialah dengan menghindari berbagai kebiasaan buruk seperti terlalu banyak mengonsumsi makanan cepat saji, meminum banyak alkohol, merokok, kurangnya waktu tidur, dan kebiasaan lainnya yang dapat merusak sel tubuh serta menurunkan sistem kekebalan tubuh sehingga dapat meningkakan resiko terjadinya kanker payudara.

Nah, itu dia beberapa penyebab kanker payudara yang kerap kali terjadi pada jutaan perempuan. Hal terpenting yang dapat kamu lakukan untuk mencegah terjadinya kanker payudara tentu dengan menjalani gaya hidup sehat dan terbebas dari rasa stres. Semoga artikelnya bermanfaat ya Bela!

Baca Juga: 5 Mitos Mengenai Kanker Payudara yang Perlu Kamu Ketahui Kebenarannya