Menjaga kesehatan tubuh sangatlah penting, sama pentingnya seperti menjaga area kewanitaan. Hal tersebut tentunya tak hanya dapat mencegah area kewanitaan dari berbagai penyakit, tetapi juga mampu menjaganya agar terhindar bau yang tak sedap. 

Namun, kerap kali aroma tak sedap menjadi masalah yang cukup mengganggu para perempuan dalam beraktivitas. Selain timbul perasaan tak percaya diri, kenyamanan pun tak lagi dirasakan. 

Untuk itu, tak perlu khawatir Bela, karena bau tak sedap pada area kewanitaan dapat diatasi. Namun, sebelum mengatasinya, penting banget lho untuk kamu terlebih dahulu tahu beberapa penyebab bau pada vagina sehingga dapat lebih mudah diatasi. Yuk baca terus artikelnya!

1. Keringat keluar secara berlebih

7 Penyebab Bau Vagina

Sebagian orang memang terlahir dengan tubuh yang memproduksi keringat secara berlebihan dan biasanya hal tersebut disebabkan oleh hormon di dalam dirinya yang sedikit bermasalah. Tentu saja hal yang satu ini kerap disebut sebagai salah satu penyebab bau pada vagina yang terjadi. Berbagai cara mengatasinya pun beragam, salah satunya ialah kamu bisa berkonsultasi langsung dengan dokter yang terpercaya.

2. Menggunakan celana dalam dengan bahan yang kurang tepat

7 Penyebab Bau Vagina

Tak hanya hormon penyebab produksi keringat berlebih, penggunaan bahan celana dalam dengan bahan yang kurang tepat pun sering menjadi penyebab bau vagina yang dapat terjadi pada siapapun. Untuk itu, pilihlah bahan celana dalam yang 100% katun sehingga dapat menyerap keringat dengan sangat baik sehingga area vagina terhindar dari bau yang tak sedap.

3. Kurangnya menjaga kebersihan

7 Penyebab Bau Vagina

Penting untuk kamu perhatikan, kebersihan area vagina memang selau menjadi hal yang cukup penting untuk dilakukan. Karena penyebab bau vagina juga dapat disebabkan karena kurangnya menjaga kebersihan area tersebut. Untuk itu, perlu sekali untuk melakukan hal-hal sederhana seperti rajin mengganti celana dalam, gunakan sabun khusus kewanitaan, tak boleh malas mengganti pembalut saat sedang haid.

4. Makanan yang dikonsumsi

7 Penyebab Bau Vaginasummit.rocky.edu

Penyebab bau vagina selanjutnya dapat disebabkan oleh beberapa jenis makanan yang terbukti dapat memicu bau vagina seperti produk susu, kopi, bawang, daging, ikan, dan masih banyak jenis makanan lainnya. Bukan berarti beberapa jenis makanan tersebut tak dapat kamu konsumsi sama sekali, tetapi sebaiknya kurangi agar aroma vagina lebih terjaga.

5. Sedang dalam masa menstruasi

7 Penyebab Bau Vagina

Untuk penyebab bau vagina yang satu ini, tentu tak dapat dipungkiri bahwa vagina dapat berbau amis. Hal tersebut disebabkan oleh aroma darah dan keringat yang bercampur sehingga menghasilkan bau tak sedap. Untuk itu, rajinlah untuk mengganti pembalut serta menjaga kebersihan area kewanitaanmu.

6. Area kewanitaan yang terlalu lembap

7 Penyebab Bau Vagina

Tak hanya keringat yang dapat menjadi penyebab bau vagina, tetapi kebiasaan buruk yang tanpa kamu sadari dapat menjadi salah satunya juga yaitu kurang mengeringkan area vagina hingga benar-benar kering sehingga dapat mencegah dari vagina berbau tak sedap.

7. Terjadi infeksi

7 Penyebab Bau Vagina

Untuk penyebab bau pada vagina yang satu ini, tentunya kamu perlu waspada lho! Tanpa kamu sadari, kebiasaan buruk dapat menyebabkan infeksi pada area kewanitaanmu dan bisa saja infeksi tersebut salah satu dari ciri terjadinya penyakit pada vagina seperti Trikomoniasis, Vaginosis bakterialis, dan lain-lain. Namun, tetap saja tak boleh menduga terlalu cepat. Untuk mengetahui lebih benarnya, kamu dapat segera konsultasikan dengan dokter.

Jadi, untuk kamu yang sedang atau pernah mengalami masalah dengan bau tak sedap pada vagina, itulah beberapa penyebab bau vagina dan harus segera diatasi ya Bela!

Baca Juga: 7 Cara Merawat Vagina yang Benar