Kesehatan tubuh merupakan salah satu hal yang sangat penting, itulah mengapa bahwa menjaga kesehatan tubuh menjadi suatu keharusan. Selain agar tubuh tetap bugar dan dapat menjaga umur agar tetap panjang, menjaga kesehatan tubuh juga guna untuk menghindari dari berbagai penyakit yang dapat menyerang tubuh. 

Tak ada seorang pun yang ingin terserang oleh jenis penyakit apapun. Namun, bukan berarti tubuh mampu menolak serangan penyakit karena penyakit dapat menyerang siapapun. Tetapi tak perlu khawatir, karena seiring berkembangnya era teknologi, sudah banyak obat terbaru yang diciptakan untuk mengobati penyakit sesuai dengan jenisnya. 

Walau begitu, beberapa penelitian mengatakan bahwa ada beberapa jenis penyakit yang sering dianggap sebagai penyakit yang tidak bisa disembuhkan karena belum ditemukan obatya ini kebanyakan berujung kepada kematian. Penting untuk kamu tahu. yuk kita lihat jenis penyakit apa saja ya yang termasuk ke dalamnya?

1. Asma

Semua orang pasti tahu dengan jenis penyakit yang satu ini. Walau kelihatannya asma cukup normal, namun ternyata asma termasuk ke dalam penyakit yang tidak bisa disembuhkan. 

Penyakit yang disebabkan oleh penyempitan saluran pernapasan ini menyebabkan seseorang yang menderitanya mengalami sesak napas bahkan mengi. Penggunaan inhaler masih menjadi penanganan sementara namun bukan berarti benar-benar dapat menghilangkan penyakit asma.

2. Polio

Mungkin kamu sering mendengar bahwa pentingnya melakukan vaksin polio saat masih kecil. Hal tersebut memang berguna agar tubuh terhindar dari polio yang juga merupakan salah satu penyakit yang tidak bisa disembuhkan. Polio disebabkan oleh virus polio yang menyerang sistem saraf pusat serta dapat menyebabkan kelumpuhan otot. 

Wajib Tahu, 7 Jenis Penyakit Ini Belum Ada ObatnyaPinterest.com

3. Alzheimer’s

Seiring bertambahnya usia, ingatan dalam memori memang semakin melemah. Namun, sebagian orang khususnya kaum lansia, ada yang menderita Alzheimer's yaitu penyakit pada gangguan otak yang menyebabkan seseorang mengalami gangguan dalam ingatan, kebingungan, dan kesulitan untuk berbicara. Karena belum diketahui spesifik penyebabnya, maka penyakit ini juga disebut sebagai penyakit yang tidak bisa disembuhkan.

4. Lupus

Jenis penyakit yang menyerang Kim Kardashian ini masih disebut sebagai penyakit yang tidak bisa disembuhkan. Lupus adalah penyakit yang disebabkan oleh sistem imun sendiri, penyakit lupus menyerang organ tubuh seperti ginjal, paru-paru, sel darah, dan organ tubuh lainnya. Belum ada penanganan lanjut untuk dapat benar-benar memyembuhkan penyakit lupus.

Wajib Tahu, 7 Jenis Penyakit Ini Belum Ada Obatnyaverywellhealth.com

5. Kanker

Sering disebut sebagai penyakit yang tidak bisa disembuhkan, kanker menduduki urutan 3 besar penyakit yang menyebabkan kematian di dunia. Walaupun beberapa pasiennya dapat menjalani kemoterapi, namun itu bukanlah solusi untuk dapat benar-benar mengobati penyakit ini melainkan hanya mengurangi sel-sel kanker agar tidak menyebar ke area tubuh lainnya.

6. HIV/AIDS

Siapapun pasti tahu bahwa HIV/AIDS menjadi penyakit yang tidak bisa disembuhkan paling populer dalam sejarah manusia. Virus yang menjadi penyebab utama penyakit HIV/AIDS dapat menyerang sistem kekebalan tubuh sehingga tubuh menjadi melemah dan mudah untuk terserang penyakit lainnya. Penderita HIV/AIDS jarang sekali yang mengalami kesembuhan dan biasanya berujung pada kematian, obatnya pun belum ditemukan.

Wajib Tahu, 7 Jenis Penyakit Ini Belum Ada Obatnya123RF.com

7. Ebola

Diantara beberapa yang sudah disebutkan, Ebola berhasil menduduki urutan paling utama dalam daftar penyakit yang tidak bisa disembuhkan. Disebabkan oleh virus yang sangat mematikan, 90% penderita Ebola berujung pada kematian. Menyedihkannya, walaupun virus ebola sudah banyak memakan korban jiwa, namun belum ada obat yang ditemukan untuk bisa menyembuhkan si penderita.

Beberapa kasus yang menyebabkan ketujuh penyakit tersebut disebut sebagai penyakit yang tidak bisa disembuhkan. Namun, bukan berarti bahwa tidak ada kemungkinan seseorang yang menderita salah satu penyakit tersebut dapat sembuh. Oleh karena itu, jangan lupa untuk terus menjaga kesehatan ya!

Baca Juga: Kenali Ciri-ciri Penyakit Thalasemia yang Bisa Menyerang Siapa Saja