Selain kanker payudara dan kanker serviks, jenis kanker yang satu ini juga menjadi salah satu yang sangat dihindari oleh seluruh kaum perempuan. Apa lagi kalau bukan kanker kulit yang merusak jaringan kulit sehingga dapat menimbulkan berbagai tanda seperti kulit yang terdapat bercak merah, tahi lalat yang besar, juga berbagai tanda lainnya. Disebabkan oleh beberapa faktor seperti radiasi cahaya, paparan sinar matahari, bahan kimia yang berbahaya, dan asupan gizi yang tidak seimbang. 

Agar terhindar dari jenis penyakit yang satu ini, lakukanlah tindakan pencegahan, salah satunya dengan mengonsumsi makanan untuk mencegah kanker kulit yang memiliki kandungan yang sangat baik untuk meningkatkan perlindungan kulit. Apa saja ya jenis makanan tersebut? Yuk intip daftarnya di bawah ini!

1. Teh hijau

Coba Konsumsi 7 Jenis Makanan & Minuman untuk Mencegah Kanker Kulit gregorlengler.com

Tak hanya dapat diseduh sebagai minuman saja, teh hijau kini juga tersedia dalam berbagai jenis makanan yang memanfaatkan bahan alami ini sebagai bahan utama. Tentu saja kamu dapat mengonsumsi atau meminum teh hijau yang dianggap sebagai salah satu makanan untuk mencegah kanker kulit yang paling populer. Hal tersebut dikarenakan kandungan polifenol yang terdapat pada teh hijau dapat memperbaiki kerusakan pada jaringan kulit, mengatasi efek radikal bebas serta terhindar dari kanker kulit.

2. Tomat

Coba Konsumsi 7 Jenis Makanan & Minuman untuk Mencegah Kanker Kulit Refinery29.com

Di antara berbagai jenis buah-buahan, tomatlah yang dipercaya memiliki kandungan antioksidan yang sangat tinggi. Tentu saja, hal tersebut menjadikan tomat sebagai salah satu makanan untuk mencegah kanker kulit karena kemampuannya untuk merawat sekaligus melindungi kulit dari berbagai faktor penyebab kerusakan pada kulit.

3. Jenis buah dan sayur berwarna oranye

Coba Konsumsi 7 Jenis Makanan & Minuman untuk Mencegah Kanker Kulit VideoBlocks.com

Selain tomat, makanan untuk mencegah kanker kulit yang juga patut untuk kamu coba ialah jenis buah dan sayuran berwarna oranye seperti wortel, ubi, mangga, labu, dan aprikot. Jenis buah dan sayuran berwarna oranye memang dikenal memiliki kandungan vitamin A dan beta karoten yang dapat mengurangi resiko sel kanker serta meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

4. Kopi

Coba Konsumsi 7 Jenis Makanan & Minuman untuk Mencegah Kanker Kulit customketodiet.com

Makanan untuk mencegah kanker kulit selanjutnya ialah berbagai jenis makanan dan minuman yang mengandung kopi atau kopi itu sendiri. Kandungan antioksidan yang terdapat pada kopi hampir setara dengan kandungan antioksidan yang terdapat pada buah dan sayur. Tentu saja kandungan antioksidan pada kopi juga mampu mencegah kulit terserang kanker dan menjaganya agar tetap sehat.

5. Biji-bijian

Coba Konsumsi 7 Jenis Makanan & Minuman untuk Mencegah Kanker Kulit Refinery29.com

Kandungan vitamin E memang terbukti sangat ampuh dalam menjaga kesehatan kulit, selain dapat mengatasi berbagai permasalahan pada kulit seperti jerawat, flek hitam, tekstur kulit yang tidak merata, kandungan vitamin E juga dapat mencegah sel kanker yang menyerang kulit. Kamu bisa mendapatkan kandungan vitamin E dengan mengonsumsi berbagai jenis biji-bijian seperti biji gandum, biji bunga matahari, biji buah delima, biji flax, dan jenis biji-bijian lainnya yang kerap disebut juga sebagai makanan untuk mencegah kanker kulit.

6. Jenis buah beri

Coba Konsumsi 7 Jenis Makanan & Minuman untuk Mencegah Kanker Kulit medicalnewstoday.com

Tak hanya jenis biji-bijian saja, berbagai jenis buat beri seperti stroberi, bluberi, raspberi, dan jenis buah beri lainnya juga kerap disebut sebagai salah satu jenis makanan untuk mencegah kanker kulit. Keampuhannya dalam merawat kulit serta mencegahnya dari berbagai penyakit dikarenakan jenis buah beri mengandung vitamin C.

7. Daging domba

Coba Konsumsi 7 Jenis Makanan & Minuman untuk Mencegah Kanker Kulit Refinery29.com

Di samping berbagai jenis vitamin yang dapat mencegah sel kanker pada kulit, ternyata zinc juga menjadi salah satu kandungan bahan yang baik untuk kesehatan kulit. Salah satu jenis makanan untuk mencegah kanker kulit yang memiliki kandungan zinc ialah daging domba. Sesekali, cobalah untuk mengonsumsi daging domba agar kulitmu tetap sehat terjaga.

Jadi, itulah dia ketujuh makanan untuk mencegah kanker kulit yang terbukti ampuh dalam mencegah sel kanker merusak jaringan kulit. Selain cara dari dalam, tentu jangan melewatkan cara pencegahan kanker kulit dari luar seperti rajin menggunakan sunscreen dan mengurangi berbagai kebiasan buruk yang berhubungan dengan radiasi cahaya.

Baca Juga: 6 Gejala Kanker Kulit yang Patut Kamu Waspadai