Social anxiety disorder atau yang biasa dikenal dengan nama fobia sosial merupakan salah satu jenis gangguan mental yang menyebabkan si penderita merasakan kecemasan yang tinggi jika berada di tengah keramaian karena memiliki kesulitan dalam hal bersosialisasi. 

Dibandingkan dengan jenis fobia lainnya, fobia sosial tercatat paling sering dialami oleh banyak orang dan memang cukup bahaya karena dapat menghalangi seseorang saat menjalankan berbagai aktivitas. 

Banyak yang beranggapan bahwa fobia sosial sangat sulit untuk diatasi, padahal jenis gangguan mental ini masih bisa diatasi kok. Selain berkonsultasi langsung dengan psikolog, kamu pun juga bisa melakukan cara mengatasi fobia sosial sendiri seperti yang akan dijelaskan pada artikel ini.

1. Belajar untuk menenangkan diri

Secara refleks, respon seseorang yang mengalami fobia sosial adalah rasa takut dan cemas secara berlebihan. Tentu saja jika membiarkan emosi tersebut menguasai diri, maka pikiran negatif terus menghantui pikiran dan perasaan. 

Maka cara mengatasi fobia sosial yang pertama kali harus dilakukan ialah belajar untuk bisa menenangkan diri sendiri secara perlahan. Tarik nafas dalam-dalam hingga kemudian keluarkan dan tutup mata mata untuk membiarkan pikiran menjadi rileks.

2. Berhenti untuk membuat batasan

Kadang kala, fobia sosial muncul dikarenakan seseorang yang defensif atau menciptakan batasan kepada orang-orang di sekitarnya. Itu terjadi bisa dikarenakan masa lalu atau memang dari kecil sudah membiasakan diri untuk tida bersosialisasi. 

Maka cara mengatasi fobia sosial selanjutnya adalah untuk menghancurkan setiap tembok relasi yang dibangun sendiri dan cobalah untuk memikirkan bahwa tak semua orang mengecewakan.

Tak Perlu Panik, Beginilah Cara Mengatasi Fobia Sosialallure.com

3. Cobalah untuk terus berpikir positif

Seseorang yang mengidap fobia sosial biasanya mudah sekali untuk membiarkan pikiran negatif terus-menerus berada di dalam pikirannya. Maka sudah tak dapat dipungkiri lagi bahwa salah satu cara mengatasi fobia sosial adalah untuk membangun pikiran-pikiran yang positif untuk bisa menghancurkan pikiran negatif di dalam pikiran. Pikiran yang positif bisa merupakan berbagai kemungkinan bahwa dirimu sebagai pemenang atau seseorang yang luar biasa serta bisa melakukan segala hal.

4. Secara perlahan, coba untuk bergaul

Cara mengatasi fobia sosial tak akan lengkap jika tak mencoba untuk bergaul dengan orang-orang yang berada di sekitarmu. Tak semua orang akan merespon negatif pada dirimu, akan ada orang-orang yang juga meresponi dengan baik ketika diajak berbicara. Oleh karena itu, sebelum mencoba jangan pesimis terlebih dahulu. Dengan mencoba untuk bergaul, maka fobia sosialmu akan pudar seiring waktu berjalan.

Tak Perlu Panik, Beginilah Cara Mengatasi Fobia Sosialtomikadavis.com

5. Fokus pada kelebihanmu

Biasanya seseorang yang mengidap fobia sosial akan merasa bahwa dirinya tak memiliki kelebihan dan fokus pada kelemahan yang ia miliki. Hal itulah yang membuat seorang fobia sosial tak dapat berkembang dan merasa bahwa tak ada orang yang menerima dirinya sebagai teman atau sahabat. 

Maka satu-satunya cara mengatasi fobia sosial untuk hal yang satu ini ialah memikirkan berbagai kelebihan yang dimiliki serta mengembangkannya. Percayalah, tak ada seorang pun yang tak memiliki kelebihan.

6. Carilah seseorang yang bisa dipercayai

Upaya untuk bersosialisasi dengan orang-orang di sekitarmu bertujuan untuk mencari minimal satu orang yang bisa kamu percayai untuk diajak bercerita dan meluapkan segala beban yang ada di hatimu. Cara mengatasi fobia sosial yang satu ini terbukti paling ampuh karena seseorang akan sangat butuh sifat untuk saling menguatkan dan membangun.

Tak Perlu Panik, Beginilah Cara Mengatasi Fobia Sosialthegoodtrade.com

7. Berkonsultasi ke psikolog

Jika keenam cara mengatasi fobia sosial di atas tidak juga bisa mengurangi fobia sosial yang dialami, maka cara terakhir yang harus dilakukan ialah dengan berkonsultasi pada psikolog untuk mendapatkan penanganan yang lebih terpercaya dan sudah terbukti ampuh. 

Nah, itu dia beberapa cara mengatasi fobia sosial yang dapat dilakukan secara perlahan untuk seseorang yang memiliki fobia pada saat bersosialisasi. Semoga artikelnya bermanfaat ya, Bela!

Baca Juga: Kenali 7 Jenis Phobia yang Mungkin Belum Kamu Tahu