Perempuan memang paling dikenal sangat peduli akan kebersihan dan keindahan tubuh. Tak hanya memperhatikan yang terlihat saja, namun bagian yang jarang terekspos pun kerap kali dijaga kebersihannya, salah satunya seperti area selangkangan. Dapat diperhatikan bahwa tak sedikit perempuan yang sangat peduli akan kebersihan area tersebut. Maka daripada itu, para perempuan selalu tahu apa yang harus dilakukannya, tentu saja mencari cara untuk merawat area selangkangan. 

Namun, sebagian perempuan masih banyak yang bingung dengan perawatannya termasuk cara membersihkan selangkangan yang hitam. Melihat hal tersebut, Popbela akan menjelaskan beberapa cara membersihkan selangkangan yang hitam yang bisa kamu ikuti. Yuk, Bela baca terus sampai habis ya!

1. Saat mandi, bersihkan dengan menggunakan sabun berformula lembut

7 Cara Membersihkan Selangkangan yang Benar Agar Lebih Bersihistockphoto.com

Pertama-tama untuk melakukan cara membersihkan selangkangan yang hitam, bisa memperhatikan saat mandi terlebih dahulu. Jangan lupa untuk membersihkan area selangkangan, tentu dianjurkan dengan menggunakan sabun mandi yang memiliki tekstur dan busa yang lembut agar terhindar dari iritasi.

2. Rutin melakukan eksfoliasi dengan scrub

7 Cara Membersihkan Selangkangan yang Benar Agar Lebih Bersihbirchbox.com

Tak cukup hanya membersihkannya saja, cara membersihkan selangkangan yang hitam selanjutnya bisa dengan rutin melakukan eksfoliasi memakai scrub. Gosokkan scrub pada area selangkangan selama 10 hingga 15 menit dan lakukan cara membersihkan selangkangan yang hitam ini seminggu sekali secara rutin.

3. Menggunakan kopi sebagai masker

7 Cara Membersihkan Selangkangan yang Benar Agar Lebih Bersihmkcfoodproducts.com

Kopi memiliki banyak manfaat, tak hanya dipercaya untuk mencerahkan kulit wajah, tetapi penggunaan kopi sebagai masker juga kerap kali dikenal sebagai salah satu cara membersihkan selangkangan yang hitam. Caranya cukup mudah, campurkan bubuk kopi sebanyak 2 sdm dengan sedikit air hingga membentuk pasta, kemudia aplikasikan pada area selangkangan, diamkan selama 15 menit, gosok perlahan, dan bilas hingga bersih.

4. Gosok buah lemon dengan lembut pada bagian selangkangan

7 Cara Membersihkan Selangkangan yang Benar Agar Lebih Bersihhealthline.com

Kandungan vitamin C yang tinggi, membuat buah lemon pun cocok digunakan sebagai cara membersihkan selangkangan yang hitam. Selain mudah untuk ditemukan, penggunaannya pun cukup praktis. Yang perlu kamu lakukan ialah mengiris lemon secara menipis, kemudian gosok dengan lembut pada area selangkangan. 

Walaupun cara membersihkan selangkangan yang hitam ini sudah terpercaya, tetap saja kamu boleh sering-sering melakukannya karena kandungan asam pada lemon dapat menyebabkan iritasi pada area selangkangan yang cukup sensitif.

5. Pilih kunyit untuk membersihkan selangkangan

7 Cara Membersihkan Selangkangan yang Benar Agar Lebih Bersihnewsnetwork.mayoclinic.org

Cara membersihkan selangkangan yang hitam selanjutnya ialah dengan menggunakan si bahan alami yang memiliki senyawa untuk mencerahkan serta membersihkan kulit yaitu kunyit. Sama seperti menggunakan bubuk kopi, sampurkan bubuk kunyit dengan sedikit air hingga tekstur menjadi kental dan jadikan masker untuk area selangkangan.

6. Aplikasikan minyak zaitun

7 Cara Membersihkan Selangkangan yang Benar Agar Lebih Bersihstylecraze.com

Siapa yang tak tahu bahan alami yang memiliki jutaan manfaat ini? Yup, minyak zaitun kerap kali digunakan pada dunia kecantikan karena sangat baik untuk kulit wajah, rambut, leher, termasuk selangkangan. Maka itu, kamu juga bisa melakukan cara membersihkan selangkangan yang hitam dengan mengaplikasikan 2 hingga 3 tetes minyak zaitun pada area selangkangan sebelum hendak tidur.

7. Coba perawatan laser

7 Cara Membersihkan Selangkangan yang Benar Agar Lebih Bersihthriveglobal.com

Jika kamu sudah mencoba berbagai cara membersihkan selangkangan yang hitam namun selangkanganmu tak kunjung bersih, bisa jadi itu disebabkan oleh penumpukan bakteri yang memang cara penanganannya cukup berbeda. Maka itu, kamu bisa mencoba dengan perawatan laser yang memang terbukti ampuh sebagai salah satu cara membersihkan selangkangan yang hitam. Namun, sebelum melakukannya, jangan lupa untuk konsultasikan terlebih dahulu kepada dokter yang kamu percaya.

Jadi, itu dia beberapa cara membersihkan selangkangan hitam yang benar agar kamu semakin maksimal dalam merawat area selangkanganmu. Selain itu, yang perlu kamu perhatikan juga ialah kedisiplinan dalam menjalaninya agar area selangkanganmu tetap terjaga kebersihannya. Semoga artikelnya bermanfaat!

Baca Juga: 7 Cara Mencukur Bulu di Bagian Miss V yang Perlu Kamu Tahu

Baca Juga: 8 Cara Mencerahkan Kulit Selangkangan yang Hitam

Baca Juga: Biar Makin Bersih dan Cerah, Ini 10 Cara Memutihkan Selangkangan