Saat kamu sedang memasuki tanggal dimana seharusnya menjadi masa haid-mu namun tak kunjung datang juga, jangan langsung panik ya. Kamu nggak sendiri kok, banyak perempuan yang memiliki keluhan yang sama lho. Untuk itu Popbela akan membahas sedikit tentang masalah yang satu ini, sebelum masuk ke cara agar cepat haid, kita kenali dulu penyebabnya ya. Ikuti terus artikelnya ya Bela!

Penyebab haid-mu datang terlambat

Aman dan Mudah Dilakukan, Ini 5 Cara Agar Cepat Haidhealth.com

Umumnya, ketika perempuan terlambat haid, penyebab terbesarnya adalah karena memasuki masa kehamilan. Namun, buat kamu yang belum menikah tentu hal itu tidak memungkinkan. Ada beberapa hal yang menjadi penyebab kemungkinan kamu telat haid, bisa karena kamu sedang stres, pola hidupmu kurang sehat, berat badan yang terlalu rendah atau bisa juga obesitas. Nah, jangan langsung panik, karena di bawah ini ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mempercepat masa haidmu.

1. Mengonsumsi Nanas

Aman dan Mudah Dilakukan, Ini 5 Cara Agar Cepat HaidFitnessPowerClub.com

Buah nanas dikenal buah yang kaya akan bromelain, yaitu enzim yang dapat mempengaruhi hormon estrogen dan hormon lainnya termasuk bisa mempercepat masa haidmu. Jika ingin lebih praktis, kamu bisa mengonsumsi pil nanas atau pil yang memiliki kandungan yang hampir mirip dengan nanas.

2. Meminum jus seledri

Aman dan Mudah Dilakukan, Ini 5 Cara Agar Cepat Haidwellandgood.com

Seledri yang dapat bekerja untuk menstimulasi aliran darah pada bagian pelvis dan uterus. Saat kamu meminum jus seledri, hanya waktu 2 sampai 3 hari kamu akan langsung memasuki masa haidmu. Kandungan seledri yang natural juga sangat aman dan bermanfaat untuk tubuhmu.

3. Mengonsumsi berbagai jenis teh herbal

Aman dan Mudah Dilakukan, Ini 5 Cara Agar Cepat Haidbesthealthmag.ca

Beberapa dokter menyarankan untuk meminum berbagai jenis teh herbal untuk mempercepat masa haidmu. Jenis teh seperti daun raspberry dan teh jahe, jika kamu meminumnya secara rutin dapat langsung mempercepat masa haidmu hanya dalam beberapa hari dengan risiko yang minim.

4. Konsumsi makanan yang mengandung vitamin C

Aman dan Mudah Dilakukan, Ini 5 Cara Agar Cepat Haidhealthline.com

Ternyata vitamin C dipercaya dapat membantu rahimu berkontraksi dan dengan segera masa haid-mu akan cepat datang. Kamu bisa mendapatkan asupan vitamin c dengan mengonsumsi makanan alami seperti pepaya, paprika, kiwi, jeruk, tomat atau mengonsumsi suplemen dengan minimal 60 mg per hari.

5. Meminum Pil KB

Aman dan Mudah Dilakukan, Ini 5 Cara Agar Cepat Haidmedicalnewstoday.com

Cara paling efektif untuk mempercepat haid adalah dengan meminum pil KB dengan syarat harus di bawah pengawasan dokter. Sebelum mencoba untuk meminumnya, sebaiknya konsultasi ke dokter untuk dapat menyesuaikan dosis dengan kondisi tubuh.

Jadi, setelah kamu membaca 5 cara agar cepat haid, tentunya kamu sudah nggak perlu panik lagi ya. Semoga dapat membantumu!

Baca Juga: Ini 5 Cara Mudah Mengatasi Nyeri Haid