Hampir semua orang pasti tahu dengan jenis gangguan mental yang satu ini. Yup, bipolar disorder adalah salah satu jenis gangguan mental yang dapat menyerang keadaan psikis yang menjadikan seseorang tampak memiliki dua kepribadian yang berbeda di dalam dirinya atau yang sering juga disebut sebagai kepribadian ganda. 

Menjadi suatu pembahasan yang cukup menarik, bipolar disorder bahkan sering diangkat sebagai cerita pada berbagai film. Walau masih banyak yang menganggap hal ini merupakan hal yang fiksi, namun bipolar disorder sangatlah nyata karena terbukti dari ragamnya kasus yang telah disorot. 

Tak hanya dapat mengganggu aktivitas di penderita, tetapi bipolar disorder juga menjadi penghalang terbesar seseorang dalam bersosialisasi dan tentunya dapat membahayakan orang-orang di sekitar. Untuk itu, kenalilah gejala bipolar disorder untuk bisa tahu apakah beberapa cirinya ada pada orang di sekitarmu atau bahkan dirimu sendiri?

1. Mudah terjadi perubahan mood yang drastis

Bagi seorang pengidap, gejala bipolar disorder yang paling tampak ialah terjadinya perubahan mood yang cukup drastis dalam waktu yang singkat. Ketika seorang bipolar disorder sedang mengekspresikan rasa bahagianya, tiba-tiba saja dirinya bisa dirundungi rasa sedih yang berlebihan seakan ada pribadi lain di dalam dirinya.

2. Memiliki kesulitan dalam beradaptasi

Seseorang yang memiliki kepribadian ganda biasanya membuat banyak orang di sekitarnya menjadi bingung. Sehingga tak dapat dipungkiri, salah satu gejala bipolar disorder yang juga mengikuti si penderita yaitu adanya kesulitan untuk bisa beradaptasi terhadap lingkungan di sekitarnya.

7 Gejala Bipolar Disorder Ini Membuktikan Bahwa Kamu Seorang Pengidaprefinery29.com

3. Punya rasa percaya diri yang sangat tinggi

Penting untuk diketahui, bahwa gejala bipolar disorder yang juga terlihat sangat nyata ialah si penderita memiliki rasa percaya diri yang sangat tinggi. Yang menjadi perbedaan rasa percaya diri pada orang normal, biasanya rasa percaya diri pada penderita bipolar disorder sangat berlebihan dan bahkan tidak memedulikan orang-orang di sekitarnya.

4. Memiliki daya ingat yang buruk

Penderita bipolar disorder dikenal dapat berganti-ganti kepribadian dalam beberapa waktu sehingga gejala bipolar disorder yang tampak pada si penderita ialah daya ingat yang memburuk. Kasus yang paling sering terjadi ialah pada saat salah satu kepribadiannya tidak dapat mengingat sedikit pun apa yang dikerjakan oleh kepribadian lainnya.

7 Gejala Bipolar Disorder Ini Membuktikan Bahwa Kamu Seorang Pengidapkrisfulk.com

5. Sering merasakan isomnia

Selain beberapa gejala bipolar disorder yang sudah dijelaskan, insomnia pun termasuk ke dalamnya. Karena seseorang yang mengalami gangguan jiwa biasanya memiliki pengaruh cukup besar pada kualitas tidurnya yang semakin menurun.

6. Sering berhalusinasi

Ketahuilah, gejala bipolar disorder lainnya yang juga sering dialami oleh si penderita ialah munculnya pikiran-pikiran delusi yang diciptakan oleh si penderita atau yang biasa juga dikenal dengan halusinasi seperti melihat sosok mahluk dan memiliki cara pikir yang tidak seperti orang normal lainnya.

7 Gejala Bipolar Disorder Ini Membuktikan Bahwa Kamu Seorang Pengidapmultiplefashiondisorder.wordpress.com

7. Mudah diserang rasa depresi

Gejala bipolar disorder yang terakhir mungkin memang jarang diketahui banyak orang, karena banyak yang menganggap bahwa sebenarnya si penderita akan baik-baik saja. Padahal, salah satu gejalanya adalah hadirnya rasa depresi yang benar-benar dapat mengancam jiwa si penderita dengan munculnya keinginan untuk bunuh diri atau menyakiti orang-orang di sekitarnya.

Jadi, jika beberapa gejala bipolar disorder di atas sudah ada pada diri seseorang, sebaiknya jangan dibiarkan begitu saja dan lakukanlah penanganan langsung oleh ahli jiwa yang dapat menanganinya dengan tepat.

Baca Juga: Jangan Anggap Sepele, Inilah 7 Jenis Gangguan Jiwa yang Kerap Terjadi