Setiap perempuan pasti pernah mengalami keputihan dan normalnya keputihan terjadi karena miss V melakukan pembersihan dari kuman dan kotoran. Walau dikatakan cukup normal, bukan berarti selalu normal. Keputihan pun memiliki banyak jenis dan dapat dilihat dari tanda warna keputihan. 

Hal tersebut sangat penting untuk diperhatikan untuk mengetahui apakah keputihan yang kita alami sehat atau tidak. Untuk itu, yuk cek 6 arti warna keputihan beserta penyebabnya di artikel yang satu ini!

1. Warna bening

Untuk arti warna keputihan yang pertama tentunya merupakan tanda keputihan yang sangat umum juga normal dialami hampir seluruh perempuan. Karena warna bening menandakan bahwa miss V sedang membersihkan dirinya sendiri dari berbagai kotoran dan bakteri.

2. Putih susu

Hampir sama seperti tanda warna keputihan yang pertama, keputihan berwarna putih susu termasuk hal yang normal. Hanya saja, biasanya disertai sedikit bau amis yang mengharuskanmu untuk lebih rajin dalam mengganti celana dalam serta rajin membersihkan area miss V.

Psst... Ini Lho 6 Arti Warna Keputihan yang Sebenarnyaalternativeageing.com

3. Kuning

Nah, sedikit berbeda dengan tanda warna keputihan lainnya, warna kuning pada keputihan biasanya disebabkan oleh beberapa jenis vitamin yang dikonsumsi atau sedang mengonsumsi makanan tertentu. Namun, tak perlu khawatir karena tanda warna keputihan yang satu ini masih termasuk kedalam kategori tanda warna keputihan yang normal.

4. Keabu-abuan

Namun, jika tanda warna keputihan kamu sudah berubah menjadi keabu-abuan, sebaiknya kamu perlu sedikit waspada dengan segera memeriksakannya ke dokter spesialis. Karena tanda warna keputihan keabu-abuan itu merupakan tanda infeksi yang dapat terjadi pada semua perempuan. Biasanya dokter akan memberi obat antibakteri untuk mengatasinya.

Psst... Ini Lho 6 Arti Warna Keputihan yang Sebenarnyahealthline.com

5. Pink

Mungkin tanda warna keputihan yang ini membuat banyak perempuan yang mengalaminya mengalami sedikit kebingungan. Warna pink bisa menandakan dua arti, yaitu bisa saja merupakan tanda awal mengalami siklus haid atau mengalami masalah kesehatan yang cukup serius.

6. Cokelat

Tanda warna keputihan yang terakhir ini memang jarang dialami, namun penting untuk kamu ketahui bahwa warna cokelat tak hanya menandakan akhir dari masa menstruasi, namun bisa saja terjadi infeksi yang disebabkan virus pada area miss V. Jika kamu mengalami keputihan berwarna cokelat berhari-hari, sebaiknya segera periksakan ke dokter untuk terhindar dari hal yang tak diinginkan.

Psst... Ini Lho 6 Arti Warna Keputihan yang Sebenarnyarefinery29.com

Jadi, selain merawat miss V, penting sekali untuk mengatahui beberapa tanda warna keputihan agar kamu dapat lebih tahu dengan kesehatan area miss V. Semoga artikelnya bermanfaat!

Baca Juga: 7 Penyebab Keputihan Berlebihan