5 Penyebab Darah Haid Berwarna Hitam, Bahaya atau Normal Nih? 

Perlu khawatir nggak sih?

5 Penyebab Darah Haid Berwarna Hitam, Bahaya atau Normal Nih? 

Follow Popbela untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow Whatsapp Channel & Google News

Gangguan haid bisa terjadi dalam berbagai macam kondisi. Mulai dari perubahan siklus haid sampai perubahan warna darah. Ketidakseimbangan hormon disinyalir menjadi faktor utama yang memengaruhi hal tersebut. Minimnya informasi terkait perubahan warna haid dari merah ke hitam seolah menjadi permasalahan yang masih 'abu-abu' bagi sebagian perempuan.  

Warna darah haid hitam umumnya disebabkan penurunan oksigen dalam darah. Sehingga kondisi ini membuat perubahan dalam warna darah haid, mulai dari merah menjadi kecoklatan kemudian hitam. Biar nggak bingung, berikut 5 penyebab darah haid menjadi warna hitam yang perlu kamu tahu.  

1. Darah haid hitam itu normal

Warna darah hitam saat haid merupakan kondisi normal yang biasa terjadi sebelum periode haid maupun di hari akhir haid. Jadi sebelum, periode haid itu terjadi, jaringan endometrium dalam tubuh lebih dulu mengeluarkan darah hitam sebagai permulaan. 

Lalu kok warnanya hitam? karena jarak periode haid bulan sebelumnya untuk mencapai periode haid bulan ini membuat tubuh kehilangan oksigen. Maka darah berwarna hitam sebelum mengeluarkan darah haid yang baru dan segar.  

2. Tumbuhnya tumor jinak pada dinding rahim

Penyebab darah haid hitam selanjutnya juga bisa dikarenakan gangguan yang dialami tubuh. Seperti fibroid yakni miom atau tumor jinak pada dinding rahim. Perempuan dengan kondisi ini, biasanya mengalami periode haid yang cukup lama dari periode haid biasanya. Selain itu tekstur darah cenderung menggumpal dan berwarna hitam. Apabila mengalami kondisi ini sebaiknya langsung memeriksakan diri ke dokter untuk mengetahui tindakan selanjutnya. 

  • Share Artikel

TOPIC

trending

Trending

This week's horoscope

horoscopes

... read more

See more horoscopes here