Kolesterol adalah zat alami yang ada di dalam tubuh. Namun, jika berlebihan di dalam darah akan menyebabkan penyumbatan pada pembuluh darah. Kondisi tersebut akan membuat aliran darah terganggu dan akhirnya membatasi asupan ke jantung.

Untuk menghindari serangan jantung karena penyempitan pembuluh darah maka dianjurkan untuk mengonsumsi buah-buahan. Buah-buahan mengandung serat yang larut air. Serat larut air dapat mengikat asam empedu sehingga dapat menurunkan penyerapan lemak dan kolesterol dalam darah. Buah-buahan apa saja? Simak ulasannya di bawah ini!

1. Apel

Jangan Salah, 7 Buah di Pasaran Ini Ampuh Turunkan Kolesterol Tinggihealthline.com

Buah apel dikenal ampuh untuk menurunkan kadar kolesterol yang tinggi, terutama kulit apel. Kulit apel mengandung pektin, yaitu salah satu jenis serat larut yang terbukti dapat menurunkan kadar kolesterol hingga 10 persen. Pektin membantu menyerap kadar kolesterol dan lemak jahat dalam tubuh lewat urin dan feses.

2. Alpukat

Jangan Salah, 7 Buah di Pasaran Ini Ampuh Turunkan Kolesterol Tinggishape.com

Tidak kalah dengan buah yang lainnya, alpukat juga memiliki segudang manfaat. Alpukat adalah salah satu buah yang dikenal ampuh untuk menurunkan kadar kolesterol yang tinggi.

Alpukat kaya akan vitamin, mineral dan senyawa yang menghambat penyerapan kolesterol dalam tubuh. Dengan mengonsumsi alpukat secara rutin dapat membantu menurunkan kolesterol jahat (LDL).

3. Pir

Jangan Salah, 7 Buah di Pasaran Ini Ampuh Turunkan Kolesterol Tinggiduniamasak.com

Jangan salah, pir adalah salah satu buah yang tinggi serat alami. Bahkan, serat buah pir lebih tinggi daripada apel. Pir mengandung pektin yang mengikat kolesterol dan mengangkutnya keluar dari tubuh sehingga kadar kolesterol jahat (LDL) dalam tubuh menurun. Masih ragu untuk mengonsumsi buah pir?

4. Jeruk

Jangan Salah, 7 Buah di Pasaran Ini Ampuh Turunkan Kolesterol TinggiDok. Internet

Untuk buah berwarna oranye ini kaya akan serat larut air yang dapat mengikat kolesterol yang terserap di usus halus. Jeruk mengandung l-limonene yang bermanfaat untuk melarutkan kolesterol.

5. Anggur

Jangan Salah, 7 Buah di Pasaran Ini Ampuh Turunkan Kolesterol Tinggihealth.com

Sama dengan jeruk, anggur juga kaya akan serat larut air yang dapat mengikat kolesterol, yang terserap di usus halus. Penelitian menunjukkan bahwa anggur memiliki senyawa antioksidan tinggi yang dapat membantu kolesterol baik (HDL) dan menurunkan kolesterol jahat (LDL), serta trigliserida dalam darah.

6. Pepaya

Jangan Salah, 7 Buah di Pasaran Ini Ampuh Turunkan Kolesterol Tinggifreepik.com

Pepaya merupakan salah satu buah yang ampuh menurunkan kadar kolesterol karena tinggi antioksidan seperti likopen, vitamin C dan vitamin E. Kolesterol dapat menempel pada pembuluh darah jika terjadi oksidasi, sehingga akhirnya berkumpul membentuk plak dan menyumbat pembuluh darah. Vitamin C dan vitamin E dalam pepaya akan menyatu dengan enzim paraxonase, yang akan menghambat terjadinya oksidasi kolesterol di dalam pembuluh darah.

7. Jambu Biji

Jangan Salah, 7 Buah di Pasaran Ini Ampuh Turunkan Kolesterol Tinggiaeoncitimart.vn

Jangan salah, jambu biji ternyata juga ampuh menurunkan kadar kolesterol yang tinggi. Kadar kalium dan serat larut air dalam jambu biji dapat membantu menurunkan kolesterol jahat (LDL) dan menaikkan kolesterol baik (HDL) yang dapat mencegah berbagai penyakit jantung.

Itulah beberapa buah-buahan yang ampuh untuk menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. Jangan lupa makan buah ya, Bela!

Disclaimer: Artikel ini sudah pernah tayang di laman IDNTimes.com dengan judul "Jangan Salah, 7 Buah di Pasaran Ini Ampuh Turunkan Kolesterol Tinggi"

Baca Juga: 7 Buah yang Cocok Dikonsumsi Saat Diet