Setiap tahunnya, bulan Ramadan menjadi momen yang paling ditunggu-tunggu oleh umat Muslim di seluruh dunia. Selama 30 hari, para umat Islam diwajibkan untuk menjalankan ibadah puasa dan menyucikan diri. 

Namun, tidak semata-mata menimba pahala, ternyata berpuasa juga bermanfaat bagi kesehatan tubuh lho. Kok bisa? Nah, ini dia tujuh alasannnya. Check this out!

1. Menurunkan berat badan

Ini 7 Alasan Mengapa Puasa Membuat Tubuh Menjadi Lebih Sehatfreepik.com

Pasti happy banget nih kalo bisa menurunkan berat badan sambil beribadah. Ketika berpuasa, tubuh kita menggunakan glukosa yang tersimpan. Jika penyimpanan glukosa habis, maka proses ketosis dimulai. Pada proses ini tubuh menggunakan lemak yang ada untuk digunakan sebagai sumber energi. Sehingga, banyaknya lemak yang terbuang akan membuat berat badan kamu turun. 

2. Menurunkan tekanan darah

Ini 7 Alasan Mengapa Puasa Membuat Tubuh Menjadi Lebih Sehatfreepik.com

Ketika menjalankan ibadah puasa,sebagian orang mengalami penurunan tekanan darah yang cukup signifikan. Karena adanya penurunan asupan garam secara signifikan dan peningkatan kehilangan garam melalui cairan urin. 

3. Dapat membersihkan racun dalam tubuh

Ini 7 Alasan Mengapa Puasa Membuat Tubuh Menjadi Lebih Sehatshutterstock.com

Sebagian besar makanan yang dikonsumsi sehari-hari mengandung beragam zat yang menjadi racun bagi tubuh. Nah, ketika kita menjalankan ibadah puasa, pembakaran lemak akan lebih banyak dari biasanya. Sehingga zat beracun yang tersimpan, dapat keluar dari tubuh kita. Sehingga, berpuasa mampu membersihkan racun dalam tubuh.

4. Meningkatkan kesehatan jantung

Ini 7 Alasan Mengapa Puasa Membuat Tubuh Menjadi Lebih Sehatelitecme.com

Peneliti menemukan bahwa puasa dapat meningkatkan kinerja otot jantung, mengurangi kerusakan akibat radikal bebas, dan meningkatkan pertumbuhan pembuluh darah di dalam jantung. Selain itu, puasa dapat menurunkan risiko penyakit yang merupakan faktor risiko utama penyakit jantung.

5. Mampu mengurangi peradangan akibat konsumsi protein berlebih

Ini 7 Alasan Mengapa Puasa Membuat Tubuh Menjadi Lebih Sehat

Protein yang berlebih dapat menyebabkan peradangan, terutama di otak. Dengan menjalankan ibadah puasa, tentu saja terjadi pembatasan protein. Dan hal ini dapat menghambat terjadinya iritasi. Selain itu, puasa juga mampu menurunkan produksi radikal bebas serta melindungi kamu dari dampaknya.

6. Membuat kulit lebih sehat

Ini 7 Alasan Mengapa Puasa Membuat Tubuh Menjadi Lebih Sehatfreepik.com

Manfaat puasa juga bisa terlihat dari kesehatan kulit kamu. Sel kulit yang telah mati perlu diganti atau biasa disebut dengan peremajaan kulit. Hal ini bisa kamu lakukan dengan cara berpuasa karena berhubungan dengan metabolisme dalam tubuh yang berhenti ketika tidak mengonsumsi apapun. Hal ini membuat sel dalam tubuh dapat bekerja lebih aktif lagi termasuk sel kulit.

7. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Ini 7 Alasan Mengapa Puasa Membuat Tubuh Menjadi Lebih Sehateverydayhealth.com

Selanjutnya, puasa juga dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh karena mengurangi kerusakan akibat radikal bebas, mengatur kondisi peradangan dalam tubuh dan membuat kelaparan sel kanker. Wah, kondisi ini sangat kita butuhkan untuk menangkal virus corona.

Baca Juga: Kulit Tetap Glowing Selama Bulan Puasa dengan 7 Tips Ini 

Baca Juga: Tetap On Point Selama Puasa dengan Riasan a la Seleb Tanah Air Ini 

Baca Juga: 20 Pasangan Artis yang Jalani Ramadan Pertama Sebagai Suami Istri