Di situasi seperti ini, nggak bisa dipungkiri akan menekan tingkat stres seseorang. Untuk mencegahnya kamu bisa lakukan aktivitas seperti memasak, berolahraga, atau melakukan meditasi. 

Walaupun terlihat duduk diam, tidak melakukan apa pun, meditasi ternyata juga bisa memengaruhi kesehatan tubuh secara menyeluruh, baik itu fisik dan juga mental. Tentu saja, dapat mengurangi tingkat stres lho! Nah, sebelum memulai untuk melakukan meditasi, ada baiknya kamu ketahui lima hal tentang meditasi di bawah ini! 

1. Apa itu meditasi?

Sebelum Mencoba, Simak Dulu 5 Hal Mengenai Meditasi Ini Yuk!freepik.com

Meditasi adalah treatment anti stres terbaik karena mampu melepaskan pikiran dari hal yang membebani, melelahkan, hingga segala kecemasan.Hal ini dapat terjadi karena, saat merasa tertekan, denyut jantung dan tekanan darah kamu akan meningkat, pernapasan jadi cepat dan pendek. Kelenjar adrenalin pun akan melepaskan hormon-hormon stres.

2. Manfaat meditasi

Sebelum Mencoba, Simak Dulu 5 Hal Mengenai Meditasi Ini Yuk!freepik.com

Jika dilakukan secara rutin, meditasi mampu mengurangi stres, memberikan rasa rasa tenang, dan membuat diri menjadi bahagia. Pada dasarnya, tujuan dari meditasi adalah agar kamu terbuka dengan segala aspek di hidup kamu, sehingga kita tetap terbangun, berada pada masa sekarang, dan selalu membuka hati pada segala hal yang dilakukan. 

Selain itu, meditasi juga bermanfaar untuk kesehatan fisik kita juga lho. Karena diercaya dapat menunrunkan tekanan darah dan juga memperbaiki kualitas tidur. Sehingga, tubuh akan terasa lebih sehat dan bugar. 

3. Teknik meditasi untuk pemula

Sebelum Mencoba, Simak Dulu 5 Hal Mengenai Meditasi Ini Yuk!freepik.com

Mulailah dengan hati dan pikiran yang tenang lalu siapkan waktu sekitar 10 menit, lalu ikuti langkah-langkah di bawah ini:  

  • Tarik napas dalam secara perlahan-lahan berulang kali.
  • Fokuskan perhatian pada tarikan napas dan perasaan kamu
  • Sambil terus menarik napas perlahan, fokuskan pikiran pada berbagai bagian tubuh secara bergantian. Sadari apa yang kamu rasakan di bagian-bagian tubuh tersebut.
  • Kamu  juga bisa melakukannya sambil mengucapkan doa dan ucapan syukur.
  • Setelah terbiasa melakukan meditasi dengan duduk, kamu bisa mencoba bermeditasi dengan berjalan. Fokuskan pada pergerakan kaki dan hindari berjalan terlalu cepat. 
  • Musik yang tenang juga dapat menjadi cara untuk menenangkan diri dalam meditasi.

4. Kapan waktu terbaik melakukan meditasi?

Sebelum Mencoba, Simak Dulu 5 Hal Mengenai Meditasi Ini Yuk!freepik.com

Untuk pemula, kamu nggak butuh waktu yang lama kok. Cukup lima hingga sepuluh menit saja. Yang penting ketika melakukannya kamu bebas gangguan pikiran dan fokus bermeditasi. Baru kemudian bertahap bisa kamu tingkatkan waktu sesuai target yang diinginkan. 

Dianjurkan melakukan meditasi di pagi hari, karena pikiran belum disibukkan oleh berbagai kegiatan. Tapi waktu pagi bukan sebuah keharusan kok, malam menjelang tidur juga boleh.

5. Siapkan hal ini sebelum memulai meditasi

Sebelum Mencoba, Simak Dulu 5 Hal Mengenai Meditasi Ini Yuk!freepik.com

Untuk memulai meditasi, pastikan untuk menyiapkan beberapa hal seperti di bawah ini: 

  • Tetapkan tujuan
  • Cari tempat yang nyaman dan tenang
  • Gunakan pakaian senyaman mungkin
  • Lakukan pergerangan
  • Duduk dan relax
  • Dan, mulai meditasi kamu. 

Baca Juga: Baik Bagi Tubuh, Ini 5 Manfaat Meditasi yang Perlu Kamu Tahu

Baca Juga: Tubuh Melar Selama WFH? Ini Cara Makan Sehat yang Wajib Kamu Jalani

Baca Juga: 5 Tips Disiplin Makan Sehat Ketika WFH