Ketika tamu bulanan tiba, pasti kita buru-buru untuk menggunakan pembalut. Merek dan jenis pembalut pun juga banyak beredar di pasaran. Mulai dari yang memiliki wing, Panjang 30cm, daya serap tinggi dan lain sebagainya. Tetapi, tidak jarang ketika menggunakan pembalut menyebabkan iritasi yang menganggu aktivitas kita. Mulai dari timbul rasa gatal, lecet, dan kemerahan. Pasti kalian pernah mengalami hal tersebut kan, Bela? untuk mencegah iritasi tersebut, kamu bisa mengikuti 7 tips di bawah ini. Apa saja tipsnya? Yuk kita simak!

1. Ganti pembalut sesering mungkin

Cegah Iritasi Saat Memakai Pembalut dengan 7 Tips Ini Yuk!flo.health

Bisa jadi, iritasi terjadi karena lembap. Untuk mencegahnya, kamu bisa mengganti pembalut sesering mungkin. Apalagi, untuk kamu yang sedang menstruasi pada hari awal Tentu cairan yang keluar akan lebih banyak dan peluang mengalami iritasi lebih tinggi. Jadi jangan lupa untuk ganti pembalut sesering mungkin ya, Bela!

2. Bilas sampai bersih Miss V kamu

Cegah Iritasi Saat Memakai Pembalut dengan 7 Tips Ini Yuk!essexlive.news

Pastikan ketika sedang mengganti pembalut, kamu sudah mencuci bersih area Miss V kamu. Dengan melakukan ini, iritasi bisa kamu hindari. Iritasi bisa terjadi karena adanya bakteri yang tertinggal pada area intim kamu. 

3. Keringkan area Miss V dengan seksama

Cegah Iritasi Saat Memakai Pembalut dengan 7 Tips Ini Yuk!sofy.in

Setelah membersihkan Miss V kamu, jangan lupa untuk keringkan dengan benar. Jangan tinggalkan sisa air di daerah intim kamu. Hal ini bisa memicu iritasi ketika kamu sedang menstruasi. Jangan lupa untuk gunakan handuk bersih atau tissue kering untuk mengeringkan area intim kamu yaa.

4. Memilih pembalut yang nyaman

Cegah Iritasi Saat Memakai Pembalut dengan 7 Tips Ini Yuk!thestatesman.com

Dalam memilih pembalut, kamu juga tidak boleh asal loh, Bela. Kamu harus memilih pembalut yang memiliki daya serap yang tinggi, memiliki bahan yang lembut, dan pastinya nyaman kamu gunakan. jika kamu salah memilih pembalut, bisa-bisa area intim kamu lebih mudah mengalami iritasi. Jangan sampai hal ini terjadi sama kamu ya, Bela! 

5. Hindari menggunakan celana dalam ketat

Cegah Iritasi Saat Memakai Pembalut dengan 7 Tips Ini Yuk!manrepeller.com

Selain menggunakan pembalut yang nyaman, untuk mencegah iritasi kamu juga bisa menggunakan celana dalam yang lebih longgar. Karena Iritasi dapat terjadi karena kulit dan celana dalam kamu saling bergesekan secara terus menerus. Oleh karena itu, gunakan celana yang lebih longgar yaaa!

6. Gunakan celana dalam berbahan katun

Cegah Iritasi Saat Memakai Pembalut dengan 7 Tips Ini Yuk!hawaiipacifichealth.org

Tidak hanya menggunakan celana dalam yang lebih longgar, kamu juga bisa memilih celana dalam berbahan katun. Bahan katun ini sangat cocok kamu gunakan karena membuat area intim kamu dapat bernapas. Bahan katun juga menyerap keringat. So, kamu bisa say bye to iritasi!

7. Ketika sudah iritasi, gunakan bedak antiseptik

Cegah Iritasi Saat Memakai Pembalut dengan 7 Tips Ini Yuk!vectorstock.com

Jika memang iritasi sudah terjadi di kamu, gunakan bedak antiseptik sebagai pereda iritasi. Gunakan hanya di dearah yang mengalami iritasi saja. Jangan sampai butiran bedak, masuk ke area intim kamu.