Akhir-akhir ini, kasus penyiraman air keras marak terjadi. Dan teror tersebut membuat seluruh masyarakat menjadi khawatir dan muncul perasaan was was. Penyerangan ini tentu saja tidak bisa kamu anggap remeh lho. 

Teror yang menggunakan air keras ini jelas akan merugikan korban dari segi fisik ataupun pskilogis. Bahkan, tidak sedikit korban yang harus melakukan berbagai macam operasi untuk dapat menyembuhkan luka tersebut. Tetapi, banyak dari kamu yang belum paham apa sih air keras tersebut? Dari pada kamu bingung, yuk silahkan dibaca ya! 

1. Apa air keras itu?

Air keras merupakan larutan asam kuat yang jika mengenai kulit akan menimbulkan nyeri dan membuat kulit mengalami luka bakar. Air keras terdiri dari beberapa jenis, seperti asam sulfat, asam klorida (HCL) dan asam fosfat H3P04 dan biasanya diperuntukkan bagi kebutuhan industri.

2. Dampak air keras bagi tubuh manusia

Seperti yang sudah kamu ketahui, air keras diperuntukan untuk kebutuhan industri. Jika mengenai kulit, cairan tersebut mampu membuat kulit dehidrasi dan menyebabkan kulit terasa panas. Bahkan jika kamu hanya menghirup cairan tersebut, dapat menyebabkan iritasi saluran pernapasan dan erosi gigi. 

Apalagi jika air keras tersebut tertelan, efek yang akan ditimbulkan adalah mulut dan tenggorokan terasa terbakar hingga menyebabkan lubang di perut. Selain itu, jika air keras terkena mata dapat menyebabkan bengkak sampai mengalami kebutaan permanen.

3. Pertolongan pertama ketika terkena air keras

Berbahaya, Ini yang Harus Kamu Ketahui Tentang Air Keras! bcchealthcarebranding.com

Jika tidak sengaja terkena air keras dalam jumlah yang kecil, kamu dapat membasuh kulit kamu di bawah air mengalir untuk melunturkan dan mengencerkan bahan kimia tersebut. Setelah itu, oleskan Vaseline petoleum jelly dan tutup luka dengan kassa. Tetapi, jika luka tersebut cukup parah atau tertelan, segera kunjungi rumah sakit terdekat untuk mendapatkan penindakan medis lebih lanjut.

Itu dia hal yang harus kamu ketahui tentang air keras. Mulai saat ini, harus selalu berhati-hati ya, Bela!