Pandemi COVID-19 masih saja berlangsung. Pastinya, ini menjadi masa-masa paling sulit di seluruh dunia, tak terkecuali Indonesia. Tentu saja berbagai macam usaha dan bentuk pencegahan sudah dilakukan oleh pemerintah, mulai dari membatasi kegiatan, penyelenggaraan vaksin, hingga adanya program telemedicine.

Yups, meski sudah ada sejak beberapa tahun terakhir, adanya COVID-19 ini membuat telemedicine kembali populer. Hal ini diperkuat dengan pernyataan Suci Arumsari sebagai Co-Founder dan Direktur Alodokter yang menyebutkan bahwa telemedicine sudah ada sejak 2014, namun tidak dipungkiri bahwa antusias masyarakat makin besar ketika adanya pandemi COVID-19 ini. 

"Dikarenakan pola masyarakat menjadi berubah, yang tadinya pasif berubah menjadi aktif. Apalagi dengan adanya himbauan social distancing, pasti mereka jadi lebih aware dan menjadikan telemedicine sebagai solusi" ujar Suci pada wawancara ekslusif bersama Popbela. 

Peran Alodokter dalam membantu masyarakat

Alodokter, Aplikasi One Stop Solution di Masa Pandemi COVID-19   Popbela.com/Alodokter

Meski di tengah situasi sulit seperti saat ini, Alodokter ikut serta membantu meringankan beban masyarakat dalam mengakses kesehatan. Di awal pandemi Alodokter pernah menginisiasikan chatbot untuk screening corona, selain itu Alodokter juga secara aktif berkolaborasi dengan pemerintah khususnya Kementrian Kesehatan dalam meluncurkan program yang dapat membantu masyarakat ditengah situasi ini.

"Contohnya rentetan Program Vaksinasi yang telah kami selanggarakan bersama partner-partner kami, maupun program pendampingan dokter pribadi yang sampai saat ini masih berjalan untuk membantu pasien COVID-19, khususnya yang menjalani isolasi mandiri," ungkap Suci. 

Fitur yang tersedia di Alodokter untuk pasien COVID-19

Alodokter, Aplikasi One Stop Solution di Masa Pandemi COVID-19   Popbela.com/Alodokter

Nah, ada baiknya bagi pasien COVID-19  yang mengalami gejala berat, untuk dapat langsung menghubungi fasilitas Kesehatan terdekat. Untuk pasien yang terkonfirmasi COVID-19 namum memiliki gejala ringan ataupun sedang dan menjalani isolasi mandiri, Alodokter memiliki layanan kesehatan berbasis digital yang dapat dimanfaatkan oleh pasien, di antaranya:  

  • Fitur Chat Dokter - pasien COVID-19 dapat berkonsultasi secara langsung dengan dokter misalnya dengan dokter spesialis paru, dan penyakit dalam.
  • Artikel kesehatan - yang memberikan informasi terkait COVID-19dalam bentuk video dan artikel yang juga sudah di verifikasi oleh dokter, sehingga informasi nya sudah pasti akurat contohnya, video penjelasan terkait isolasi mandiri.
  • Booking Test Covid - Kalau dibutuhkan pasien dapat booking covid-test seperti PCR di lokasi terdekat melalui aplikasi Alodokter. 
  • Aloshop - Fitur untuk membeli kebutuhan kesehatan / obat secara online sehingga pasien tidak perlu keluar rumah untuk membeli obat/vitamin yang dibutuhkan. 

Bentuk kerjasama Alodokter dengan Pemerintah dalam mengatasi COVID-19

Alodokter, Aplikasi One Stop Solution di Masa Pandemi COVID-19   Popbela.com/Alodokter

Ingin memberikan yang terbaik untuk masyarakat, Alodokter juga bekerja sama dengan pemerintah dalam mengatasi pandemi ini. Suci menyebutkan Alodokter menyediakan fasilitas layanan dokter pribadi yang bisa dimanfaatkan oleh pasien COVID-19 secara gratis.

"Pasien dapat melakukan konsultasi dengan dokter pribadi setiap harinya, yang mana jam operasional dokter dimulai dari pukul 05.00 - 23.00. Selain itu, Alodokter juga memiliki fasilitas chat dengan dokter spesialis, dimana fasilitas ini tersedia selama 24 jam. Konsultasi dengan dokter sepesialis bisa langsung dilakukan di aplikasi Alodokter." kata Suci. 
 
Nah, layanan ini sudah dimanfaatkan dengan baik oleh pasien COVID-19 yang menjalani isolasi mandiri. Sejak program ini dilaksanakan tanggal 6 Juli 2021, Alodokter menerima lebih dari 1.000 pasien setiap harinya. Alodokter juga tidak membatasi jumlah pendaftar harian selama pasien memenuhi syarat dan ketentuan yang sudah ditetapkan oleh Kementerian Kesehatan. 

Ini yang membedakan Alodokter dengan platform kesehatan lainnya

Alodokter, Aplikasi One Stop Solution di Masa Pandemi COVID-19   Popbela.com/Alodokter

Memang kini sudah banyak sekali platform kesehatan yang bisa kamu akses. Namun Alodokter menyajikan one stop solution untuk masyarakat. "Kami selalu mengedepankan keunggulan medis. Kami percaya bahwa dengan memberikan layanan medis berkualitas tinggi dengan harga yang terjangkau adalah kunci untuk menarik jutaan pasien." ujar perempuan yang pernah menjadi Media Produser tersebut. 

Suci juga menambahkan "Strategi ini terbukti efektif dan kami sangat bangga dapat membantu jutaan orang setiap harinya. Selain itu, kami memiliki latar belakang medis yang sangat kuat dengan ekosistem kesehatan yang sangat terkesinambungan baik dari pasien maupun tenaga medis. Kami pun didukung dengan sistem IT yang sangat unggul dan juga teknologi AI yang menyamai dengan standar dunia." 

Pesan untuk pasien COVID-19 yang tengah berjuang

Alodokter, Aplikasi One Stop Solution di Masa Pandemi COVID-19   Popbela.com/Alodokter

Sebelum menutup wawancara, Suci juga memberikan pesan kepada teman-teman yang kini tengah berjuang untuk sembuh, "Tetap semangat dalam menghadapi masa-masa seperti ini karena kamu tidak sendiri, seluruh masyarakat Indonesia harus kuat dan bersama-sama bangkit dari pandemic yang belum berakhir. Yang paling penting, jangan lengah terhadap protokol kesehatan dan ikuti semua anjuran pemerintah demi terputusnya mata rantai penyebaran virus," tutup Suci. 

Baca Juga: Anggapan yang Salah Seputar Vaksin COVID-19 untuk Kesehatan Perempuan

Baca Juga: Sertifikat Vaksin COVID-19 Ada Versi Baru, Ini Cara Unduhnya!

Baca Juga: Ini Ciri-ciri Gejala COVID Varian Delta, Wajib Simak!