Popularitas, dicintai dan harta yang melimpah tak menjamin idol Kpop terlepas dari gangguan mental. Seperti yang diketahui, menjadi bintang ternama di industri hiburan Korea bukan perkara mudah. Tuntutan dari agensi, komentar jahat warganet, dan jadwal yang padat sudah menjadi makanan sehari-hari bagi para idol.

Sehingga, tak jarang kondisi mental mereka terganggu dan membutuhkan pertolongan. Seperti tujuh idol Kpop ini yang pernah mengalami gangguan mental. Kira-kira siapa saja dan seperti apa cerita mereka? Simak baik-baik, ya! 

1. Suga 'BTS'

7 Idol Kpop Ini Akui Pernah Mengidap Gangguan Mental  bangtan.tumblr.com

Siapa sangka, di balik aksinya yang selalu atraktif di atas panggung, ternyata Suga mengaku pernah mengalami depresi, tekanan, dan fobia sosial. Kondisinya tersebut ia tuangkan lewat sebuah lagu ciptaannya yang dirilis pada tahun 2016 berjudul The Last.

Dalam lagu tersebut, Suga menyampaikan emosi dan perasaannya saat mengalami perasaan yang kacau. Kini ia mengaku telah melewati masa krisisnya dan akan terus  berfokus di musik. 

2. Taeyeon 'SNSD'

7 Idol Kpop Ini Akui Pernah Mengidap Gangguan Mental  instagram.com/taeyeon_ss

Taeyeon pernah mengaku pernah mengalami depresi. Kondisi tersebut diketahui publik setelah leader dari SNSD ini melakukan Q&A di Instagram. Ketika ditanya "Apakah kamu baik-baik saja?" "Tidak,saya menderita depresi. Saya berjuang untuk menjadi lebih baik melalui perawatan dengan antidepresan. Apakah itu depresi atau gangguan bipolar, tolong jangan menulis 'ckck' dan memperlakukan orang dengan tidak hormat. Mereka semua adalah pasien yang menderita," jawabnya.

3. G-Dragon 'Big Bang'

7 Idol Kpop Ini Akui Pernah Mengidap Gangguan Mental  timeinternational.co.id

Lagu ciptannya selalu sukses menjadi hits, ternyata G-Dragon merupakan idol yang mengaku pernah mengalami depresi. Hal tersebut terjadi ketika GD dituduh melakukan plagiat atas single-nya yang bertajuk Heart Breaker pada tahun 2009 lalu. Hal tersebut membuatnya menghindari semua orang yang dia kenal. Bahkan, menolak untuk berbicara dengan orang tua dan kerabar terdekatnya. 

Namun, beberapa tahun belakangan, kondisi pemilik nama asli Kwon Ji-yong tersebut tampak semakin membaik dan bahkan menjadi pembicara untuk mencegah bunuh diri ketika menjalani wajib militer. Oppa, hwaiting! 

4. Mina 'TWICE'

7 Idol Kpop Ini Akui Pernah Mengidap Gangguan Mental  twice.fandom.com

Salah satu personil TWICE, Mina, pernah hiatus dari dunia hiburan untuk sementara waktu dikarenakan mengidap gangguan kecemasan atau anxiety disorder pada awal tahun 2019 lalu. Hal ini disampaikan oleh agensi yang menaunginya, JYP Entertainment. Bahkan, untuk memulihkan kondisinya tersebut, Mina memutuksan untuk pulang ke Jepang dan bertemu dengan keluarganya. Tentu saja, kini kondisinya sudah jauh membaik dan kembali tampil di panggung hiburan.

5. Henry eks 'Super Junior M'

7 Idol Kpop Ini Akui Pernah Mengidap Gangguan Mental  instagram.com/henryl89

Selalu tampil memesona dan gagah, Henry eks 'Super Junior M' mengaku mengudap dengan Attention Deficit Hyperactivity Disorder yang dideritanya hingga sekolah menengah.  Kondisi ini dimana adanya sebuah gangguan pada perkembangan otak yang menyebabkan penderitanya menjadi hiperaktif, impulsif, serta susah memusatkan perhatian.

6. Bae Suzy

7 Idol Kpop Ini Akui Pernah Mengidap Gangguan Mental  instagram.com/skuukzky

Diberi julukan sebagai Korean’s sweetheart karena memiliki kecantikan, popularitas dan cinta dari masyarakatnya, ternyata Suzy pernah berjuang melawan depresi yang dialaminya. Pada tahun 2013, dalam konferensi pers Gu Family Book, sang bintang terlihat menangis. Kemudian, ketika hadir di Healing Camp, Suzy mengungkapkan bahwa tangisan tersebut merupakan wujud dari perasaan hancur di bawah beban begitu banyak harapan orang. 

7. IU

7 Idol Kpop Ini Akui Pernah Mengidap Gangguan Mental  instagram.com/j.estina_official

Tahun 2014 lalu saat syuting Healing Camp, IU mengungkapkan bagaimana ia pernah mengalami bulimia. Kala itu, IU menyampaikan bahwa ia merasa hatinya hampa dan cemas karena merasa ia bukan penyanyi yang cukup berbakat. 

Untuk itu mengisi kehampaan itu, IU mengonsumsi makanan yang akhirnya akan dimuntahkan. Merasa kondisinya tersebut tak baik-baik saja, IU memutuskan mencari pertolongan dan menjalani serangkaian pengobatan untuk mengatasi gangguannya tersebut. 

Baca Juga: Marshanda Hingga Selena Gomez, Ini 7 Artis yang Idap Gangguan Mental

Baca Juga: 7 Ciri-Ciri Perempuan Hiperseks, Bisa Jadi Gangguan Mental Lho!

Baca Juga: Rutin Pakai Skincare Dapat Menjaga Kesehatan Mental di Tengah Pandemi