Seks memang salah satu cara yang bisa menjaga hubungan suami dan istri tetap harmonis. Tapi setelah melakukan hubungan seks, perut dapat terasa sakit khususnya area abdominal di bagian bawah pusar. Tentunya, hal ini bisa bikin kamu nggak nyaman bahkan khawatir saat mau bercinta bersama pasangan. Jadi, apa sebenarnya penyebab perut terasa sakit setelah berhubungan seks?

Kenapa Perut Terasa Sakit Sehabis Berhubungan Intim? Ini Jawabannya!refinery29.com

Raquel Dardik yang merupakan associate professor ilmu kebidanan dan kandungan dari NYU Langone Medical Center menyatakan adanya beberapa penyebab yang membuat perut terasa sakit setelah berhubungan seks. Pertama, hal itu berhubungan dengan ejakulasi dimana air mani mengandung zat yang dinamakan prostaglandin. Jika perempuan sensitif dengan zat tersebut, hal itu akan terasa melalui vagina saat ejakulasi yang pada akhirnya bisa menimbulkan rasa sakit.

Kenapa Perut Terasa Sakit Sehabis Berhubungan Intim? Ini Jawabannya!refinery29.com

Kedua, adanya kemungkinan kandung kemih atau saluran kencing terkena iritasi karena adanya pergesekan di area tersebut selama berhubungan seks. Maka, hal tersebut dapat menyebabkan rasa sakit pada perut bagian bawah seusai melakukan seks. Ketiga, organ seperti indung telur atau rahim dapat merasakan adanya tekanan atau dorongan selama berhubungan seks. Hal tersebut bisa membuat perut terasa sakit setelah seks atau bahkan ketika sedang berhubungan seks.

Kenapa Perut Terasa Sakit Sehabis Berhubungan Intim? Ini Jawabannya!pinterest.com

Maka dari itu, Raquel Dardik pun mengungkapkan jika perut terasa sakit setelah berhubungan seks secara terus-menerus, sebaiknya segera konsultasikan ke dokter spesialis kandungan atau seksolog yang memang mendalami problem tentang seksual. Selain itu, Raquel Dardik juga memberi saran untuk mengurangi rasa sakit setelah berhubungan seks yaitu sebaiknya buang air dulu sebelum seks agar kandung kemih nggak terasa penuh, menggunakan kondom untuk menghindari ejakulasi yang bikin perut terasa sakit, dan cobalah posisi seks yang berbeda di setiap situasi.

Intinya, jangan lupa untuk tetap berkomunikasi dengan pasangan agar bisa menciptakan aktivitas seks yang paling nyaman dan menyenangkan, Bela.

Baca Juga: Pertimbangkan Hal Ini Ketika Kenalanmu Mengajak Berhubungan Seksual