Kanker mulut merupakan sel kanker yang tumbuh dan berkembang pada jaringan mulut. Kanker ini dapat menyerang bagian-bagian mulut, seperti lidah, bibir, gusi, langit-langit mulut, pipi bagian dalam dan tenggorokan. 

Penderita kanker mulut pada awalnya tidak akan merasakan gejala apapun. Gejala akan timbul dan terlihat saat penderita sudah memasuki tahap stadium lanjut yang berbahaya.

Faktor utama dari penyebab kanker mulut adalah faktor keturunan atau genetik. Namun, tidak memungkiri jika gaya hidup pun dapat menjadi penyebab tertinggi kanker mulut. Beberapa penyebab kanker mulut dapat disimak di bawah ini. 

1. Kurang menjaga kebersihan mulut

5 Penyebab Kanker Mulut Ini Sering Tak Disadari oleh Banyak Orangplazacentraldentists.com

Pada dasarnya kebersihan mulut merupakan hal yang wajib dilakukan untuk tetap menjaga kesehatan area mulut. Area mulut yang tidak dibersihkan dengan baik dan teratur turut berperan dalam penyebab kanker mulut.

Hal ini berkaitan dengan luka dan peradangan kronis pada mulut akibat tidak terjaganya kebersihan mulut dan menimbulkan kerusakan pada sel-sel mulut. Kerusakan pada sel-sel mulut ini menumbuhkan sel-sel baru yang tidak normal sehingga berdampak pada sel kanker.

2. Merokok

5 Penyebab Kanker Mulut Ini Sering Tak Disadari oleh Banyak Orangmedicalnewstoday.com

Seperti yang kita ketahui, merokok memiliki bahaya yang sangat banyak bagi tubuh dan orang di sekitarnya. Kandungan tembakau dalam rokok merupakan faktor risiko terbesar penyebab kanker mulut. Risiko terkena kanker mulut pada perokok adalah 50-85%, tetapi tidak menutup kemungkinan perokok pasif pun dapat terjangkit kanker mulut ini. 

3. Terlalu sering mengonsumsi minuman beralkohol

5 Penyebab Kanker Mulut Ini Sering Tak Disadari oleh Banyak Orangmedicalnewstoday.com

Gaya hidup bebas dengan terlalu sering meminum alkohol dapat meningkatkan risiko kanker mulut. Risiko ini dapat meningkat drastis jika dilakukan bersama dengan aktivitas merokok. Keduanya merupakan kebiasaan buruk yang dapat merusak sel-sel jaringan dalam mulut sehingga menyebabkan pertumbuhan sel menjadi ganas dan menyebabkan terkena kanker mulut. 

4. Terinfeksi oleh virus HPV

5 Penyebab Kanker Mulut Ini Sering Tak Disadari oleh Banyak Oranghellosehat.com

Human papilloma virus (HPV) merupakan virus yang tersebut dan terinfeksi melalui hubungan seksual. Virus ini dapat menyebar melalui kontak seksual dengan melakukan seks oral. Infeksi dari virus ini menyebabkan pertumbuhan sel dalam mulut mengalami perubahan yang abnormal sehingga menimbulkan sel ganas, yakni kanker mulut. 

5. Paparan sinar ultraviolet dari matahari berlebihan

5 Penyebab Kanker Mulut Ini Sering Tak Disadari oleh Banyak Orangpaperphy.blogspot.com

Paparan sinar matahari yang berbahaya dapat dapat menyebabkan kanker, terutama kanker kulit dan kanker mulut. Kanker mulut timbul karena sinar atau radiasi ultraviolet terkena area mulut, terutama bibir. Bibir yang lebih sering terpapar sinar matahari tanpa adanya penghalang berisiko menimbulkan sel kanker pada bibir. 

Nah, itulah lima penyebab kanker mulut yang sering tak disadari oleh setiap orang. Agar kanker ini tidak menyerang tubuhmu, yuk lakukan pola hidup sehat dan tetap menjaga kebersihan mulut mulai dari sekarang. 

Disclaimer: Artikel ini sudah diterbitkan di laman IDN Times dengan judul "5 Penyebab Kanker Mulut Ini Sering Tak Disadari oleh Banyak Orang"

Baca Juga: 7 Penyebab Payudara Terasa Gatal, Bisa Jadi Tanda Awal Kanker Lho