Buat sebagian perempuan, payudara menjadi salah satu penunjang penampilan. Nggak sedikit yang menginginkan payudara besar, tapi nggak sedikit juga yang ternyata lebih nyaman dengan ukuran kecil atau biasa saja. Namun, tahukah kamu, kalau ukuran payudara ternyata dipengaruhi oleh berbagai faktor? Apa saja? Intip di bawah ini yuk!

1. Faktor genetik

Faktor genetik menjadi salah satu faktor yang paling umum dalam menentukan ukuran payudara. Jika ibu atau nenekmu memiliki ukuran payudara yang cukup besar, maka kamu juga memiliki kecendurungan untuk hal yang sama.

2. Usia

Seiring bertambahnya usia, tubuh pun ikut mengalami perubahan, termasuk payudara. Memasuki usia matang, tubuh akan mengalami menopouse serta berbagai perubahan hormonal yang membuat tubuh mengalami penurunan kadar estrogen dalam tubuh. Hal inilah yang membuat ukuran payudara menyusut.

Ternyata, Ini 7 Hal yang Memengaruhi Ukuran Payudaramurefinery29.com

3. Berat Badan

Payudara termasuk salah satu bagian tubuh yang cukup kompleks karena terdiri dari lemak dan jaringan ikat juga pembuluh darah dan bagian lainnya. Jika tubuh kamu memiliki lebih banyak fatty tissue, maka perubahan yang signifikan akan tampak ketika berat badan kamu naik atau turun.

4. Fase menstruasi

Sering merasa payudara terasa lebih besar dan sakit saat akan atau sedang menstruasi? Pada setengah fase pertama, kadar estrogen dalam tubuh akan meningkat yang ikut merangsang saluran susu sehingga payudara tampak lebih besar. Sedangkan, pada setengah fase kedua, giliran hormon progesteron yang bekerja merangsang pembentukan kelenjar susu, sehingga payudara terasa nyeri.

Ternyata, Ini 7 Hal yang Memengaruhi Ukuran Payudaramupopsugar.com

5. Kebiasaan olahraga

Olahraga tidak benar-benar membuat payudara membuat lebih kecil atau besar, namun olahraga seperti angkat beban membantu bentuk payudara menjadi lebih kencang dan sempurna. Beberapa olahraga juga berperan membentuk otot di sekitar payudara yang membuat payudara tampak lebih besar.

6. Pil KB

Buat kamu yang belum tahu, pil KB biasanya mengandung hormon estrogen dan progesteron. Kedua kandungan hormonal ini bisa menyebabkan edema atau penumpukkan cairan. Itulah salah satu alasan kenapa payudara jadi lebih besar ketika menggunakan pil KB.

Ternyata, Ini 7 Hal yang Memengaruhi Ukuran Payudaramurefinery29.com

7. Masa kehamilan

Kehamilan juga menjadi faktor penyebab berubahnya ukuran payudara. Memasuki usia kehamilan yang ke-5 dan seterusnya, kadar progesteron kian meningkat, hingga merangsang perkembangan kelenjar susu. Jadi, jangan heran jika perempuan yang sedang mengandung mengalami perubahan ukuran payudara ya.

Baca Juga: Selain Kesha Ratuliu, 3 Seleb Ini Pernah Mengidap Tumor Payudara