Kamu pasti sudah sering mendengar mengenai penyakit lupus kan? Penyakit lupus merupakan penyakit peradangan kronis yang disebabkan oleh sistem kekebalan tubuh yang menyerang jaringan, sel, dan organ tubuh. Jika pada kondisi normal sistem imun akan melindungi tubuh dari infeksi, pada penderita lupus sistem imun justru menyerang tubuhnya sendiri. ​

Penyakit ini sendiri terbagi atas beberapa jenis, seperti Lupus Eritematosus Sistemik yang paling sering terjadi dan menyerang seluruh tubuh penderita lupus, lalu ada juga Lupus Eritematosus Kutaneus ​yang biasanya terjadi pada kulit, dan Lupus Eritematosus Neonatal yang biasanya terjadi pada bayi yang baru lahir. Lalu, seperti apa sih gejala penyakit lupus? Simak penjelasannya di bawah ini yuk!

1. Timbul pembengkakan pada sendi

Ini 7 Gejala Penyakit Lupus yang Wajib Kamu Tahu!supercoder.com

Gejala paling umum dari penyakit lupus adalah timbul pembengkakan pada sendi. Hal ini biasanya menyebabkan rasa nyeri pada bagian sendi seperti pergelangan tangan, kaki,  lutut, atau siku. Pembengkakan pun terjadi karena adanya masalah pada ginjal.

2. Demam tinggi

Ini 7 Gejala Penyakit Lupus yang Wajib Kamu Tahu!newsyou.info

Seseorang yang mengidap lupus, biasanya akan mengalami demam tinggi tanpa penyebab yang jelas. Pada saat demam, suhu tubuh pun bisa mencapai suhu hingga 38 derajat atau lebih.

3. Rasa lelah berlebihan

Ini 7 Gejala Penyakit Lupus yang Wajib Kamu Tahu!hudabeauty.com

Rasa lelah yang ekstrem juga biasanya terjadi pada penderita lupus, meski hanya mengerjakan kegiatan biasa. Hal ini dikarenakan pengidap lupus mengalami penurunan kapasitas tenaga​.

4. Timbul ruam pada kulit

Ini 7 Gejala Penyakit Lupus yang Wajib Kamu Tahu!wearshade.com

Penderita lupus umumnya juga memiliki ruam pada bagian tubuhnya seperti pada lengan, leher, punggung, dan yang paling sering terjadi biasanya pada wajah di bagian batang hidung dan pipi. Gejala yang dikenal dengan nama butterfly rash ini biasanya terasa nyeri, gatal dan bertambah parah jika terpapar sinar matahari.

5. Rambut rontok

Ini 7 Gejala Penyakit Lupus yang Wajib Kamu Tahu!beautyhealthtips.com

Kekebalan tubuh yang menurun pada penderita lupus juga dapat menyerang folikel rambut yang dapat membuat rambut menjadi rusak dan mudah rontok.

6. Anemia

Ini 7 Gejala Penyakit Lupus yang Wajib Kamu Tahu!interactive-biology

Pasokan oksigen yang dibawa darah untuk disebarkan keseluruh bagian tubuh menjadi berkurang karena kondisi tubuh penderita lupus. Hal inilah yang dapat menyebabkan anemia terjadi.

7. Mata dan mulut yang kering

Ini 7 Gejala Penyakit Lupus yang Wajib Kamu Tahu!hobbytso.com

Kekebalan tubuh yang berkurang menyebabkan beberapa bagian tubuh seperti mata dan mulut menjadi kering.

Jadi, jika kamu mengalami gejala-gejala di atas, segera periksakan ke dokter yah. Semoga artikelnya bermanfaat!

BACA JUGA: 7 Makanan dan Minuman yang Perlu Dihindari Saat Sakit Tenggorokan​