Tidur merupakan salah satu kebutuhan dasar manusia. Dengan tidur tubuh akan kembali berenergi, terasa segar, dan lebih sehat. Namun, dengan banyaknya aktivitas yang kita jalani, terkadang waktu istirahat pun berkurang. Nggak hanya akan jadi mengantuk, tidak memiliki waktu cukup untuk tidur memiliki beragam dampak buruk bagi kesehatan lho. Apa saja sih dampak dan akibat dari kurang tidur terhadap kesehatan tubuh? Simak di bawah ini yuk!

1. Kulit menjadi kusam

Bahaya! Ini yang akan Terjadi Jika Kamu Kurang Tidurrutlandaesthetics.com

Salah satu yang paling terlihat ketika kamu kurang tidur adalah kulit wajah yang terlihat kusam, pucat, dan tidak segar. Hal ini disebabkan karena tubuh mengeluarkan hormon stres yaitu kortisol. Kortisol bisa merusak kolagen sehingga menyebabkan kulit menjadi tidak kenyal dan elastis. Jika terjadi terus-menerus, garis-garis halus dan lingkaran hitam pada mata pun akan ikut muncul.

2. Mudah lelah

Bahaya! Ini yang akan Terjadi Jika Kamu Kurang Tidurparenttoolkit.com

Kekurangan tidur pasti juga akan berdampak pada kondisi fisik. Tak hanya mengantuk, tubuh pun akan terasa lelah dan lesu. Selain itu, tubuh pun lebih mudah terserang penyakit. Ini disebabkan saat tubuh kurang tidur, kita juga akan kekurangan sitokin, sehingga daya tahan tubuh pun menjadi lebih lemah.

3. Menghambat pertumbuhan

Bahaya! Ini yang akan Terjadi Jika Kamu Kurang Tidurparentinghub.com

Hormon pertumbuhan dilepaskan oleh kelenjar hipofisis pada otak ke aliran darah dan dilepaskan sepanjang hari. Akan tetapi periode pelepasan yang paling tinggi adalah saat tidur, tidak lama setelah seseorang tertidur nyenyak​. Otomatis, saat kekurangan tidur, maka hormon pertumbuhan pun jadi lebih sedikit.

4. Mengalami kerusakan pada tulang

Bahaya! Ini yang akan Terjadi Jika Kamu Kurang Tidurutahorthopediccenters.com

Kurang tidur juga dapat menyebabkan masalah pada tulang. Mineral dan sum-sum tulang belakang dapat mengalami penurunan drastis ketika kita kurang tidur. Hal ini dapat menyebabkan penyakit serius seperti osteoporosis. Duh, seram yah!

5. Mengalami depresi

Bahaya! Ini yang akan Terjadi Jika Kamu Kurang Tidurthebusinesswomanmedia.com

Menurut penelitian, orang yang kekurangan waktu tidur lebih rentan terkena gangguan psikologis seperti depresi. Gejala yang terjadi biasanya adalah seperti rasa cemas berlebihan, menjadi lebih sensitif, mudah tersinggung dan kondisi badan yang kurang sehat.

6. Kenaikan berat badan

Bahaya! Ini yang akan Terjadi Jika Kamu Kurang Tidurgreatlist.com

Saat tubuh kekurangan tidur, maka metabolisme tubuh pun akan melambat. Selain itu, kurang tidur juga akan meningkatkan rasa lapar pada jam-jam yang tidak teratur. Inilah yang akan menyebabkan berat badan menjadi naik.

7. Menurunnya daya ingat

Bahaya! Ini yang akan Terjadi Jika Kamu Kurang Tidurbtholisticnutrition.com

Saat tidur, otak bertugas untuk mengingat, menyimpan, dan mengolah memori yang didapatkan dari syaraf kecil saat kita dalam keadaan sadar. Ketika kurang tidur, otak pun tidak dapat mengumpulkan dan menyimpan memori dengan benar. Inilah yang menyebabkan daya ingat menjadi menurun. Selain itu, kurang tidur juga menyebabkan pikiran jadi sulit untuk berkonsentrasi. Nggak mau dong pekerjaanmu jadi terganggu karena kurang tidur?

Itulah beberapa dampak dan akibat dari kurang tidur terhadap kesehatan tubuh. Jadi, jangan begadang lagi ya!