Berat badan selalu menjadi ‘mimpi buruk’ tersendiri bagi perempuan. Berbagai cara hal dilakukan untuk mencapai berat badan yang diinginkan. Tapi, pasti banyak dari kamu yang ingin menurunkan berat badan tanpa diet dan olahraga kan? Yuk, intip tipsnya di sini. 

1. Ubah cara berpikirmu

Ini 9 Cara Mudah Menurunkan Berat Badanthe-coach.net
 

Ketika keinginan untuk ngemil datang, coba pikirkan apa yang sudah kamu makan hari itu. Menurut ilmu psikologi, mengingat apa saja yang sudah kita makan dapat membantu untuk menekan rasa ingin ngemil kita. Selain itu, menurut penelitian, jika kita memiliki mind set kalau tubuh kita ramping mampu mengontrol nafsu makan kita.

2. Menghilangkan kembung

Ini 9 Cara Mudah Menurunkan Berat Badanultimatepaleoguide.com
 

Ada saat-saat dimana kita merasa sangat gemuk, padahal yang sebenarnya terjadi adalah tubuh kita mengalami bloating atau kembung. Hal ini biasanya terjadi jika kita memakan junk food yang mengandung banyak garam. Untuk mengatasinya kamu bisa meminum air lemon yang dicampur dengan irisan timun dan parsley.

3. Rajin mengonsumsi ikan

Ini 9 Cara Mudah Menurunkan Berat Badanwww.seriouseats.com
 

Daripada ayam atau sapi, ikan bisa menjadi pilihan sempurna untuk menu makanmu. Ikan dikenal mengandung Astaxanthin, antioksidan yang memberi warna pink kemerahan pada salmon, udang, dan seafood lainnya. Dengan rajin memakannya, tubuhmu akan lebih cepat dalam membakar lemak.

4. Mengurangi asupan gula

Ini 9 Cara Mudah Menurunkan Berat Badanplaybuzz.com
 

Gula menjadi salah satu penyebab utama naiknya berat badan. Selain itu, terlalu banyak mengonsumsi gula bisa berpengaruh buruk ke kesehatan. Cara paling tepat untuk mengakalinya, kamu bisa menghindari minuman dalam kemasan yang dikenal memiliki kandungan gula yang sangat tinggi.

5. Mengganti garam dengan rempah-rempah

Ini 9 Cara Mudah Menurunkan Berat Badanwww.receitasdecomida.com.br
 

Menambahkan rempah dalam makanan juga bisa menjadi pilihan jika ingin menurunkan berat badan. Kamu bisa menambahkan bubuk cabe, lada, atau bubuk bawang untuk menambah taste dalam makananmu. Tapi jangan tambahkan garam yah, Bela.

6. Jangan tertipu dengan dehidrasi

Ini 9 Cara Mudah Menurunkan Berat Badanrunningmagazine.ca
 

Kadang kita suka salah dalam menangkap sinyal yang dikirimkan tubuh kita. Saat kita merasa lapar, coba meminum segelas hingga dua gelas air terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk memakan sesuatu. Karena kadang yang sebenarnya tubuh kita adalah dehidrasi. Selain itu, kita juga bisa mengonsumsi buah-buahan yang mengandung banyak air seperti semangka, melon, papaya, dan mangga yang mengandung potasium yang bisa menyeimbangkan cairan dan mineral dalam tubuh.

7.  Jangan melewatkan sarapan

Ini 9 Cara Mudah Menurunkan Berat Badanonnit.com
 

Sarapan sangat penting untuk tubuhmu. Dengan makan pagi, makan siangmu pun lebih terkontrol, sehingga kalori yang masuk lebih terjaga. Kamu bisa mencoba sepasang roti gandum dengan sebutir telur atau jika sedang terburu-buru, cobalah untuk mengonsumsi sebutir apel atau buah pir.

8. Aturlah porsi makanmu

Ini 9 Cara Mudah Menurunkan Berat Badanfoodnetwork.com
 

Kamu boleh makan apa saja yang diinginkan, asalkan dalam porsi yang teratur dan seimbang. Kamu bisa membagi makananmu dalam satu piring. Bagi menjadi ¼ karbohidrat, ¼ protein rendah lemak, ¼ sayuran, dan ¼ buah.

9. Senyum, senyum, dan senyum

Ini 9 Cara Mudah Menurunkan Berat Badanmelissachartan.com
 

Healthy eating dan olahraga secara teratur memang terbukti efektif dalam menurunkan berat badan. Tapi, perasaan senang juga menjadi cara termudah untuk menurunkan berat badan. Saat sedang happy, tubuh kita akan menghasilkan serotonin, yang membantu metabolisme menjadi lebih lancar.

Selamat mencoba tipsnya yah, Bela!

Baca Juga : Rumus & Cara Menghitung Berat Badan Ideal Wanita Yang Mudah