Bela, apakah kamu merasa gampang lelah meskipun sudah tidur dengan cukup tadi malam? Bisa jadi tidur yang kurang nyenyak adalah penyebabnya. Jangan buru-buru mengkonsumsi obat tidur karena ada solusi yang lebih mudah dan efisien. Cukup bermodalkan piyama dan kasurmu yang nyaman, coba lakukan 5 gerakan yoga mudah berikut ini sebelum berlayar ke alam mimpi.

1. Atur napas dengan teknik ocean breath

5 Gerakan Yoga Mudah untuk Tidur Lebih Nyenyak
Thermapalace.com
 

Caranya, tarik napas panjang melalui hidung. Lalu, hembuskan napas melalui hidung dengan posisi rongga tenggorokan seakan mengucapkan “ha” namun dengan mulut tertutup. Lakukan perlahan-lahan untuk membantu menenangkan pikiran dan merilekskan tubuh kamu.

2. Meditasi singkat

5 Gerakan Yoga Mudah untuk Tidur Lebih NyenyakUrbanwire.com
Dengan posisi duduk bersila dan mata tertutup, lakukan teknik Ocean Breath ini selama 10-15 menit. Fokuslah pada napas agar kamu lebih mudah berkonsentrasi. Saat konsentrasimu mulai terganggu oleh berbagai pikiran, kembalikan fokusmu dengan merasakan udara yang masuk dan keluar dari hidung.
 

3. Lakukan pose seated twist

5 Gerakan Yoga Mudah untuk Tidur Lebih NyenyakPinterest.com
Masih dengan posisi bersila, putar badanmu sampai wajah menghadap ke belakang sambil tetap melakukan teknik Ocean Breath. Lakukan pose ini selama 7 kali hitungan, masing-masing untuk putaran badan ke arah kanan dan kiri.
 

4. Lakukan pose cross legged bend

5 Gerakan Yoga Mudah untuk Tidur Lebih NyenyakAtmanyogafederation.org
Tetap dengan posisi duduk bersila dan melakukan teknik Ocean Breath. Luruskan tanganmu ke depan, kemudian perlahan-lahan dorong tubuh ke arah depan. Lakukan pose ini selama 14 kali hitungan.
 

5. Akhiri dengan pose corpse

5 Gerakan Yoga Mudah untuk Tidur Lebih NyenyakPopsugar.com
 
Berbaringlah dengan posisi telentang. Rilekskan setiap persendian di wajah, lengan, kaki, dan seluruh tubuh. Perlahan-lahan kembalilah bernapas seperti biasa sampai kamu tertidur.

Mudah, bukan? Selamat tidur dengan nyenyak, Bela!

BACA JUGA: Rahasia Tidur Nyenyak dan Berkualitas dengan Teknik 4-7-8