Dengan menjalani puasa selama kurang lebih 12 jam setiap harinya, bukan berarti kamu bisa selalu malas-malasan. Selama berpuasa kamu tetap bisa melakukan olahraga ringan di rumah. Lantas olahraga seperti apa yang bisa dilakukan? Yuk simak di bawah ini!

1. Melakukan jalan santai

Biar Sehat, Ini 5 Olahraga yang Bisa Dilakukan Meski Sedang PuasaUnsplash.com/Arek Adeoye

Saat berpuasa hindari melakukan olahraga yang berat, maka dari itu kamu bisa memilih untuk melakukan olahraga ringan seperti jalan santai. Dengan melakukan jalan santai kamu tetap bisa menjaga kesehatan tubuh kamu, terutama jantung dan bagian otot.

Hal yang harus diperhatikan jika ingin melakukan jalan santai yaitu pilihlah waktu yang tepat, contohnya seperti di sore hari saat menjelang buka puasa untuk mencegah kondisi lemas yang terlalu lama. Selain itu, dengan melakukan jalan santai di sore hari juga dapat mengisi aktivitas kamu sambil menunggu waktu berbuka puasa.

2. Bersepeda

Biar Sehat, Ini 5 Olahraga yang Bisa Dilakukan Meski Sedang PuasaUnsplash.com/Murillo de Paula

Bersepeda merupakan salah satu jenis olahraga ringan yang juga dapat kamu lakukan selama menjalani puasa. Bersepeda dapat melancarkan sirkulasi darah yang kaya akan oksigen dan menutrisi ke seluruh otot di tubuh kita. 

Bersepeda juga dapat menguatkan tubuh agar tidak lemas selama berpuasa, selain itu olahraga ini juga dapat membentuk tubuh kamu. Bersepeda di tengah pandemi seperti ini, kamu juga harus tetap menggunakan masker ya agar terhindar dari segala virus dan juga debu.

3. Jogging

Biar Sehat, Ini 5 Olahraga yang Bisa Dilakukan Meski Sedang PuasaUnsplash.com/Andrew Heald

Sebenenarnya jogging mirip dengan jalan santai, perbedaannya hanya ritme yang dilakukan sedikit lebih cepat. Selama berpuasa kamu tetap bisa melakukan olahraga yang satu ini untuk menjaga kebugaran tubuh kamu selama berpuasa. Hanya saja kamu harus memperhatikan waktu yang tepat untuk melakukan aktivitas olahraga yang satu ini.

4. Zumba

Biar Sehat, Ini 5 Olahraga yang Bisa Dilakukan Meski Sedang PuasaUnsplash.com/Danielle Cerullo

Supaya olahraga yang kamu lakukan dibulan puasa ini tidak monoton, kamu bisa mencoba jenis olahraga yang satu ini. Selama berpuasa kamu dapat melakukan zumba di sore hari menjelang waktu berbuka puasa agar tubuh tidak terasa lemas terlalu lama.

Saat ini sudah banyak terdapat video instruksi zumba virtual yang dapat kamu temukan di platform Youtube, sehingga kamu tidak harus keluar rumah untuk mencari tempat yang menyediakan instruktur zumba. Selain itu kamu juga dapat memilih gerakan yang cukup ringan sesuai kemauan kamu, lho!

5. Yoga

Biar Sehat, Ini 5 Olahraga yang Bisa Dilakukan Meski Sedang PuasaUnsplash.com/Carl Barcelo

Yoga juga merupakan salah satu olahraga ringan yang dapat kamu lakukan selama menjalani puasa seharian. Melakukan yoga selama berpuasa juga memiliki banyak manfaatnya. Salah satunya mampu menjaga tubuh kamu agar tetap bugar dan rileks selama menjalani puasa. 

Selain itu, yoga dapat melatih kesabaran kamu, meningkatkan kelincahan tubuh, memperbaiki postur tubuh, meningkatkan kualitas tidur, mengatasi sakit punggung, hingga mampu menurunkan berat badan. Wah banyak juga ya manfaat dari olahraga yang satu ini.

Itulah jenis-jenis olahraga yang dapat kamu lakukan selama berpuasa. Kamu dapat melakukan olahraga ini dengan menyesuaikan keadaan tubuh masing-masing dan juga perhatikan pemilihan waktu saat ingin melakukan olahraga, sebab keadaan tubuh kita selama menjalani puasa akan berbeda dari biasanya.