Suplemen kecantikan menjadi salah satu produk yang digemari beauty enthusiast masa kini. Berbagai merek menawarkan suplemennya sendiri dengan manfaat yang beragam. Mulai dari untuk meningkatkan kesehatan dan kecantikan kulit tubuh, membantu mencerahkan kulit, melawan penuaan dini, hingga membantu menyuburkan dan menyehatkan rambut. Apa kamu juga mengonsumsi suplemen kecantikan, Bela?

Namun, apa suplemen kecantikan benar-benar membantu meningkatkan kecantikan dan kesehatan kulitmu? Bagaimana cara kerja vitamin yang hadir dalam beragam bentuk, warna, bahkan rasa? 

Suplemen seperti apa yang tepat untukmu jika kamu perlu mengonsumsinya? Pastinya penasaran dengan manfaat dan keampuhan suplemen untuk perawatan kecantikan ini, bukan? Yuk, kulik lebih dalam mengenai produk ini!

1. Apa itu suplemen kecantikan dan apa bedanya dengan multivitamin biasa?

Sebelum Mencoba, Baca 7 Fakta Tentang Suplemen Kecantikan Ini DuluPixabay.com/Steve Buissinne

Mengutip dari The Klog, suplemen kecantikan merupakan suplemen yang mengandung vitamin yang berhubungan dengan kesehatan kulit, seperti vitamin A, vitamin C, dan biotin. Umumnya, zat-zat ini ada dalam konsentrasi tinggi. Perbedaannya dengan suplemen vitamin biasa adalah produk ini hanya mengandung sebagian kecil vitamin sehingga nggak dapat memenuhi variasi nutrisi lain yang mungkin tubuhmu butuhkan.

2. Apa kamu perlu meminumnya?

Sebelum Mencoba, Baca 7 Fakta Tentang Suplemen Kecantikan Ini DuluPixabay.com/Bruno Glätsch

Mengutip dari Cosmopolitan, pada dasarnya, suplemen akan memberikan dosis vitamin kecantikan tambahan pada tubuh ketika mengonsumsinya sehingga kamu mendapatkan hasil yang diharapkan. Mulai dari kulit yang lebih bersih, lebih halus, dan lebih sehat. Namun sebenarnya, tubuhmu sendiri telah memiliki cara khusus untuk menjaga tingkat vitamin di dalamnya. Jadi jika mengonsumsi suplemen kecantikan pun, kandungan nutrisi di dalamnya belum tentu terserap langsung ke dalam kulit.

Faktanya jika telah memiliki pola makan sehat dan gaya hidup seimbang, suplemen kecantikan nggak akan memberikan efek sepenuhnya pada kulitmu. Sebab menurut para ahli, kamu telah mendapatkan vitamin kecantikan yang dibutuhkan dari makanan yang dikonsumsi. 

Kecuali tubuhmu mengalami kekurangan vitamin, maka kamu membutuhkan asupan vitamin tambahan. Namun jika kamu lebih sering menyantap makanan yang kurang sehat, mengonsumsi suplemen vitamin tambahan nggak dapat menggantikan diet sehat. 

3. Tapi, sebagian suplemen kecantikan bekerja efektif, kok!

Sebelum Mencoba, Baca 7 Fakta Tentang Suplemen Kecantikan Ini DuluPixabay.com/F1 Digitals

Melihat banyaknya suplemen kecantikan beredar di dunia, para ahli mengatakan jika nggak semua produk itu telah ditinjau dan disetujui oleh lembaga kesehatan, seperti salah satunya FDA. Suplemen kecantikan sendiri dapat kamu gantikan dengan memperbaiki pola makan yang lebih sehat.

Namun, bukan berarti seluruh suplemen kecantikan nggak dapat menghasilkan efek baik yang kamu butuhkan. Sebagian produk telah melalui uji klinis dan peneliti mengakui adanya efektivitas baik dari konsumsi suplemen tersebut. Untuk mengetahui suplemen kecantikan yang bekerja efektif pada kulit, cukup cari produk yang memiliki label lolos uji lembaga kesehatan dan membaca data manfaat suplemen yang telah terbukti secara klinis.

4. Apa ada efek samping jika ingin mencobanya?

Sebelum Mencoba, Baca 7 Fakta Tentang Suplemen Kecantikan Ini DuluPexels.com/Rawpixel.com

Apa kamu tertarik mencoba suplemen kecantikan, Bela? Nggak ada salahnya jika ingin mencoba mengonsumsi salah satu produk ini. Namun, pastikan jika kamu telah berkonsultasi dengan doktermu dahulu. Kamu dapat bertanya jika level vitamin dalam tubuhmu terlalu rendah atau terlalu tinggi sebelum mencoba suplemen, apapun. Sebab, akan ada efek samping yang kamu rasakan jika mendapatkan asupan vitamin terlalu banyak.

Juga, para ahli menyarankan untuk menghindari mencoba suplemen kecantikan dengan kandungan vitamin yang larut dalam lemak. Vitamin itu meliputi vitamin A, D, E, dan K. Sebab, vitamin seperti ini dapat membuat tubuhmu membuang kelebihan vitamin yang berlebihan melalui urin (buang air kecil). Serta, vitamin yang mudah larut dalam lemak dapat berkumpul dalam tubuh dan memicu penyakit serius.

5. Kapan hasilnya mulai terlihat?

Sebelum Mencoba, Baca 7 Fakta Tentang Suplemen Kecantikan Ini DuluPexels.com/Bruce Mars

Jika memutuskan untuk mengonsumsi suplemen kecantikan, kamu perlu bersabar menunggu hasilnya, Bela. Sebab, produk ini nggak dapat memberikan atau memperlihatkan hasil instan setelah sekali meminumnya. Para ahli mengatakan jika mengonsumsinya secara rutin (tanpa melewatkan sehari pun), kamu dapat melihat hasilnya setelah tiga bulan konsumsi. Bahkan, ada kemungkinan kamu nggak akan melihat hasilnya!

6. Jenis vitamin yang umumnya ada dalam suplemen kecantikan

Sebelum Mencoba, Baca 7 Fakta Tentang Suplemen Kecantikan Ini DuluPixabay.com/Silviarita

Jika mengamati secara baik-baik, sebagian besar suplemen kecantikan memiliki kandungan vitamin yang sama. Berikut ini adalah daftar vitamin dan nutrisi lain yang akan kamu temukan dalam suplemen, sekaligus manfaatnya:

  • Biotin: Biotin telah menjadi kandungan suplemen kecantikan yang terkenal selama bertahun-tahun. Kadang tersedia dalam satu suplemen sendiri, atau dikombinasikan dengan vitamin lainnya. Biotin telah teruji secara klinis dapat menguatkan kuku dan mendorong pertumbuhan rambut.
  • Vitamin A: Vitamin A dan turunannya dapat meningkatkan produksi sel dan kolagen. Kandungan ini juga dapat membantu mengatasi jerawat, eksema, luka bakar matahari, dan psoriasis. Namun, ingat untuk mengonsumsinya dengan takaran tertentu karena dosis vitamin A yang tinggi dapat berbahaya pada tubuh.
  • Vitamin C: Kandungan vitamin C bermanfaat untuk mencerahkan dan melawan tanda-tanda penuaan dini pada kulit. Vitamin ini juga dapat membantu melindungi kulit dari sinar matahari serta memperkuat perlindungan alami kulit.
  • Fish Oil: Fish oil atau minyak ikan telah teruji secara klinis untuk meningkatkan hidrasi kulit, yang secara nggak langsung membuat kulit nampak lebih muda dan cerah. Penelitian tersebut juga membuktikan kalau minyak ikan dapat membantu mengatasi jerawat.
  • CoQ10: Coenzyme Q10 atau sering disingkat dengan CoQ10 telah terbukti memiliki manfaat baik untuk kulit. Kandungan ini merupakan antioksidan efektif yang membantu mencegah generasi radikal bebas dan perubahan pada protein, lemak, serta DNA. CoQ10 ini juga membantu mengurangi tanda-tanda penuaan.

7. Ingat, suplemen kecantikan nggak menggantikan regime kecantikan.

Sebelum Mencoba, Baca 7 Fakta Tentang Suplemen Kecantikan Ini DuluPixabay.com/photosforyou

Seperti yang sudah disebutkan, suplemen kecantikan nggak dapat kamu konsumsi demi menyeimbangkan kondisi gizi jika kamu tetap menerapkan gaya hidup kurang sehat. Konsumsi vitamin kecantikan ini pun nggak dapat menggantikan rutinitas skincare yang harus kamu lakukan setiap hari. 

Kamu tetap perlu menggunakan skincare untuk merawat kulit dari luar, mengonsumsi makanan berigizi, dan menjaga gaya hidup sehat untuk mendapatkan kulit cantik serta sehat seutuhnya.

Tertarik mencoba mengonsumsi suplemen kecantikan, Bela? Coba baca 7 fakta ini dulu sebelum memutuskan membeli produk ini, ya!

Baca Juga: Cari Tahu Yuk Khasiat dari Mengonsumsi Vitamin Kecantikan!