Rasa sakit pada tulang belakang dapat menjadi awal bagi gangguan kesehatan yang lebih kritis, salah satu yang paling dikhawatirkan adalah berubahnya postur tubuh. Untuk mencegah hal tersebut, perlu dilakukan perawatan medis dan terapi fisik. Alternatif yang paling sering ditawarkan adalah olahraga Yoga. Namun, mengapa harus metode ini?

Sebuah penelitian yang diterbitkan di Annals of Internal Medicine menemukan bahwa yoga dapa menjadi terapi fisik tradisional yang efektif untuk masalah back pain. Dilansir dari Spine-health, ada 4 alasan yang menjadikan yoga terapi terbaik untuk masalah tulang belakang.

1. Menguatkan otot tulang belakang

Ini 4 Alasan Kamu Harus Mencoba Latihan Yogawww.livestrong.com
 

Pose-pose yoga membantu meningkatkan kekuatan otot dalam tubuh, khususnya otot abdominal dan otot punggung. Kedua otot tersebut adalah komponen penting pada jaringan tulang belakang, membantu tubuh menjaga postur tegak dan pergerakan tubuh yang ideal. Ketika otot-otot ini sudah mendapat kondisi yang baik, back pain akan berkurang.

2. Mengurangi tekanan pada otot

Ini 4 Alasan Kamu Harus Mencoba Latihan Yogamygofitness.net
 

Stretching sangat penting untuk penderita back pain. Misalnya peregangan pada otot harmstring (belakang paha) yang dapat membantu mengurangi tekanan otot sepanjang punggung bagian bawah. Sebagai tambahan, gerakan peregangan dapat meningkatkan sirkulasi aliran darah serta melancarkan aliran nutrisi untuk otot dan jaringan pada tulang belakang.

3. Menjaga postur tubuh tetap sehat

Ini 4 Alasan Kamu Harus Mencoba Latihan Yogamedicaldaily.com
 

Berbeda dari olahraga lain, melakukan yoga sama dengan melatih postur dan keseimbangan tubuh. Posisi tubuh yang sejajar dan baik membantu menjaga bentuk tulang belakang yang alami, sekaligus mengurangi gangguan back pain.

4. Mengerti batasan tubuh

Ini 4 Alasan Kamu Harus Mencoba Latihan Yogawww.bulacemagazine.com
 

Latihan yoga nggak hanya menjaga kesehatan, tetapi juga menyadarkan kita pada limitasi yang dimiliki oleh tubuh sendiri. Semakin mengerti batasan tubuh, semakin meningkatnya kesadaran kita pada gerakan yang harus dihindari untuk mengurangi rasa sakit, termasuk rasa sakit back pain

Jadi, Bela yang menderita back pain, bisa mencoba berlatih Yoga dari sekarang, Bahkan jika nggak merasa sakit, nggak ada salahnya untuk menjalani olahraga ini sebagai bentuk pencegahan. Ada banyak pose yang bisa dilakukan, konsultasikan pada instruktur terpercaya sehingga kita mendapatkan latihan yang tepat untuk mengurangi masalah back pain.

BACA JUGA: 7 Trik yang Perlu Kamu Perhatikan Sebelum Melakukan Yoga