Dari tahun ke tahun, Ramadan nggak akan selalu terasa sama. Masing-masing masa memiliki cerita yang berbeda. Mungkin beberapa tahun sebelumnya, puasa diisi dengan kesendirian. Kemudian setahun yang lalu, puasa dilalui bersama seorang teman hidup yang setia sepanjang usia. Di tahun ini, puasa ditemani dengan kehadiran calon buah hati dalam janin. Adakah Bela yang mengalami hal serupa?

Melewati Ramadan dalam keadaan hamil memiliki tantangan tersendiri. Di sela-sela berpuasa, tak jarang mual dan sakit kepala menyerang hingga harus membatalkan puasa di tengah hari. Namun ketika tekad ibadah sudah bulat, kamu dapat melakukan beberapa cara menjalani puasa bagi ibu hamil berikut ini.

Tips Puasa Bagi Ibu Hamil

Puasa Bagi Ibu Hamil? Ini 5 Tips agar Menjalaninya dengan Amanpopbela.com

Hati memang mantap berpuasa, namun sebaiknya konsultasikan dulu keinginanmu dengan dokter kandungan atau bidan. Sebab, nggak semua perempuan hamil dapat menjalankan ibadah terkait kondisi yang rentan sakit dan dapat mengganggu kesehatan janin.

Puasa Bagi Ibu Hamil? Ini 5 Tips agar Menjalaninya dengan Amanpopbela.com

Selama Ramadan dan seterusnya, selalu konsumsi makanan bergizi sebagai asupan kesehatan tubuh dan sang buah hati. Selain itu, minum air mineral yang cukup saat berbuka sampai sahur agar selalu terhidrasi di sepanjang hari.

Puasa Bagi Ibu Hamil? Ini 5 Tips agar Menjalaninya dengan Amanpopbela.com

Jangan memaksakan diri ketika tubuh terasa lemah. Bila di tengah-tengah berpuasa, badan terasa mual atau sakit kepala, lekaskan berbuka puasa. Menahan diri dalam keadaan sakit sampai waktu maghrib dapat berakibat buruk pada kesehatanmu dan calon buah hati.

Puasa Bagi Ibu Hamil? Ini 5 Tips agar Menjalaninya dengan Amanpopbela.com

Tips puasa bagi Ibu hamil yang selanjutnya adalah hindarilah aktivitas yang berat. Untuk menjaga energi tubuh saat berpuasa, hindari melakukan aktivitas yang berat. Sebab energi dalam tubuhmu akan sangat cepat terkuras dikarenakan kondisimu yang sedang mengandung. Kalau memaksakan diri melakukan kegiatan yang melelahkan, dapat membuat kondisi tubuh menjadi lemah.

Puasa Bagi Ibu Hamil? Ini 5 Tips agar Menjalaninya dengan Amanpopbela.com

Usahakan untuk memiliki waktu tidur yang cukup selama berpuasa. Atur manajemen waktumu agar bisa sahur, beraktivitas, beribadah, dan berisitrahat dengan cukup sepanjang bulan Ramadan. Agar tubuh senantiasa sehat dan kondisi janin baik selama berpuasa.

Jika kondisi Bela nggak memungkinkan untuk berpuasa, nggak perlu merasa khawatir. Sebab dalam Islam, perempuan yang hamil dan menyusui diperbolehkan untuk nggak berpuasa. Kamu dapat mengganti puasamu di waktu lain selepas melahirkan atau ketika sang buah hati sudah cukup besar.

Itulah tips dan cara menjalani puasa saat hamil. Selamat berpuasa, Bela dan semoga kehamilanmu berjalan lancar yah.

Baca Juga: Kumpulan Artikel Seputar Ibadah Selama Ramadan

Baca Juga: 5 Seleb Modis untuk Inspirasi Fashion Ibu Hamil

Baca Juga: 7 Olahraga untuk Ibu Hamil yang Aman dan Mudah untuk Dilakukan

Baca Juga: Enak, Ini 10 Makanan Ibu Hamil Supaya Bayi Terlahir Cerdas