Bahaya! Bangun Siang dapat Berdampak Buruk Bagi Kesehatan Otak

Mulai perbaiki jam tidurmu lagi, Bela.

Bahaya! Bangun Siang dapat Berdampak Buruk Bagi Kesehatan Otak

Meski menyenangkan, belajar atau bekerja di rumah saja selama pandemi virus corona dapat menimbulkan kebiasaan buruk. Salah satu di antaranya adalah kesulitan tidur di malam hari dan efeknya jadi bangun siang. Apa ada yang mengalami hal sama, Bela?

Mungkin kamu bekerja lembur sehingga tidur terlambat. Mungkin kamu merasa kurang lelah sehingga nggak bisa tidur cepat. Mungkin kamu merasa santai bekerja di rumah jadi ingin tidur lebih malam dan bangun lebih siang. 

Apa pun alasannya, pola tidur yang nggak beraturan ini dapat berdampak buruk bagi kesehatanmu, lho. Melansir dari Bustle, ini penjelasan yang perlu kamu perhatikan.

1. Waktu tidur sama pentingnya dengan lamanya tidur

Bahaya! Bangun Siang dapat Berdampak Buruk Bagi Kesehatan Otak

Penelitian menunjukkan kalau waktu tidur boleh jadi sama pentingnya dengannya lamanya seseorang tidur. Mungkin kamu ingat untuk bangun sesuai jadwal biasanya, namun otakmu akan mengingatkanmu waktu tambahan untuk tidur. Hal ini dapat menguntungkanmu jika kamu sedang dalam kondisi sangat lelah. 

Namun, ini dapat merusak pola tidur yang telah kamu bentuk sebelumnya. Dengan kata lain, menekan tombol menunda alarm di hari Senin dapat mengakibatkan pola domino di hari-hari selanjutnya.

2. Mengapa kamu bangun siang?

Tidur larut dapat menurunkan dorongan tidur dan menyulitkanmu untuk tidur di malam berikutnya. Ketika sudah masuk waktu tidur, kamu akan merasa nggak ngantuk atau masih bertenaga lebih dari biasanya. Jadinya, kamu akan terjaga sampai larut malam. Ini dapat terjadi pada malam berikutnya dan berikutnya. Kamu pun akan kesusahan untuk mengembalikan pola tidurmu seperti semula.

Tidur lebih lama juga dapat mengurangi efisiensi tidur, yang bisa menimbulkan efek sama seperti kurang tidur. Tidur larut malam juga dapat mengurangi efisiensi tidur karena waktumu di atas kasur meningkat dan ritme sirkadian terganggu. 

Banyak penelitian menunjukkan kalau jadwal tidur dan bangun yang konsisten penting untuk menjaga ritme sirkadian teratur. Sebuah penelitian tahun 2017 menemukan kalau semakin konsisten pola tidurmu, semakin baik performa akademikmu. Semakin banyak tidur, semakin berkurang efisiensi tidurmu yang menyebabkanmu bangun siang.

  • Share Artikel

TOPIC

trending

Trending

This week's horoscope

horoscopes

... read more

See more horoscopes here