Jujur, siapa yang merasa lebih sulit tidur setelah memasuki masa pandemi ini? Sebagian orang merasa jadi lebih sulit tidur karena tubuh kurang bergerak selama bekerja atau belajar di rumah. Sebagian lainnya sulit tidur karena merasa terisolasi karena nggak dapat pulang ke rumah keluarga. Ada juga susah tidur yang merasa cemas dan stres akibat banyak hal. Bagaimana denganmu, Bela? Apa kamu juga merasa susah tidur beberapa bulan terakhir ini?

Susah tidur akan menyebabkan tubuh kurang beristirahat, yang dapat memicu banyak hal negatif pada tubuh, pikiran dan perasaanmu. Kalau mengalami masalah ini, jangan khawatir, Bela. Melansir dari Bustle, ada beberapa tips yang dapat membantumu untuk mudah tidur saat pandemi ini. Apa saja?

1. Baca buku sebelum tidur

11 Tips Mengatasi Susah Tidur Selama PandemiPexels.com/Hoang Bin

Suka membaca? Kalau begitu, lakukan hobi ini sebelum tidur. Ambil buku bacaan favorit kalian, apa pun temanya dan baca di saat sudah memasuki jam tidur. Namun, usahakan untuk menghindari membaca melalui aplikasi smartphone. Bahkan kalau bisa, hindari melihat gawaimu. Karena sinar layar smartphone atau televisi dapat membuatmu jadi sulit tidur.

2. Persiapkan kamarmu untuk tidur

11 Tips Mengatasi Susah Tidur Selama PandemiPexels.com/Vlada Karpovich

Semasa kecil, kita pernah dibiasakan untuk menyiapkan kasur untuk tidur. Coba untuk mengulangi kebiasaan ini, yaitu menyiapkan kasurmu senyaman mungkin untuk tidur. Kalau kamu terbiasa menghabiskan waktumu di kamar selama pandemi, mungkin kamu terbiasa dengan situasi kamar dan ruangan terlihat lebih berantakan? 

Coba untuk mengatur ulang kamar dan menjadikannya senyaman mungkin untuk tidur. Kalau perlu, letakkan diffuser dengan essential oil yang dapat memberikan nuansa tenang sehingga memudahkanmu untuk tidur.

3. Rendam kaki

11 Tips Mengatasi Susah Tidur Selama PandemiPexels.com/Nataliya Vaitkevich

Kalau suka memanjakan diri, mungkin ini tips yang cocok untuk kamu. Coba rendam kakimu dalam baskom berisikan air hangat, garam, essential oil, dan kelopak bunga yang kering. Selain membantu merawat kaki, cara ini dapat membantumu untuk dapat tidur lebih nyenyak.

4. Meregangkan tubuh

11 Tips Mengatasi Susah Tidur Selama PandemiPexels.com/Burst

Beberapa gerakan peregangan tubuh dapat membantmu menjadi lebih rileks dan tidur dengan lebih mudah. Kamu bisa mengambil latihan yoga, baik melalui kelas online maupun dengan panduan aplikasi. Olahraga sebentar saja, kemudian lanjutkan dengan mandi air hangat, maka kamu merasa siap untuk tertidur lelap.

5. Mengikuti panduan meditasi

11 Tips Mengatasi Susah Tidur Selama PandemiPexels.com/Andrea Piacquadio

Sebagian orang merasa lebih cemas dan stres di saat pandemi seperti ini. Ada banyak pikiran yang memenuhi otak, membuat jadi sulit beristirahat. Kalau seperti ini, coba melakukan meditasi. Kamu dapat menggunakan aplikasi smartphone yang memiliki fitur membantumu untuk jadi lebih tenang atau memandumu meditasi. Cara ini dapat membantumu untuk lebih rileks dan dapat tidur dengan lelap.

6. Memperbarui seprei dan sarung bantal-guling

11 Tips Mengatasi Susah Tidur Selama PandemiPexels.com/Jaymantri

Mungkin kamu sudah lama nggak mengganti seprai atau sarung bantal dan guling? Ganti dengan seprai yang baru dan bersih. Selain itu, coba mengganti sarung bantal dan guling dengan yang berbahan sutra atau silk. Cara ini dapat membantumu jadi lebih nyaman dan merasa lebih mengantuk sehingga tertidur. Kalau perlu, coba tidur dengan menggunakan sleep mask yang nyaman untukmu.

7. Menulis jurnal atau buku harian

11 Tips Mengatasi Susah Tidur Selama PandemiPexels.com/Ketut Subiyanto

Mungkin terdengar sederhana, atau mungkin membuatmu bertanya-tanya, bagaimana menulis jurnal dapat membantumu tidur? Jadi, dengan menuliskan hal-hal yang kamu alami setiap harinya, menuliskan hal-hal baik yang terjadi padamu di hari itu, dapat membantu mengelola pikiranmu sehingga kamu dapat menjadi lebih rileks. 

Jangan lupa juga untuk menuliskan hal-hal yang ingin kamu lakukan keesokan harinya. Dengan begitu, kamu dapat menenangkan pikiranmu dan menjaganya dari rasa cemas sehingga membantumu jadi lebih tenang.

8. Merapikan kamar dan perasaanmu

11 Tips Mengatasi Susah Tidur Selama PandemiPexels.com/Cottonbro

Coba untuk merapikan kamar tidurmu setelah selesai beraktivitas atau sebelum tidur, serta coba untuk mengelola perasaanmu, misalnya dengan berusaha untuk nggak memikirkan hal yang akan terjadi keesokan harinya atau di masa depan. Dengan situasi kamar yang rapi dan perasaan yang lebih terkendali, kamu dapat mengurangi beban pikiranmu. Perlahan, kamu akan merasakan keinginan untuk tidur.

9. Mengikuti jadwal tidur

11 Tips Mengatasi Susah Tidur Selama PandemiPexels.com/Andrea Piacquadio

Buat jadwal harian, termasuk jam tidurmu, lalu mematuhinya. Cara ini dapat membuatmu merasa siap untuk tidur, terlebih dengan stres tambahan di kala pandemi ini. Lalu, jangan lupa menambahkan jadwal kegiatan yang dapat membantumu untuk tidur, seperti olahraga, mandi air hangat, dan menulis buku harian.

10. Gunakan waktu dengan bijaksana

11 Tips Mengatasi Susah Tidur Selama PandemiPexels.com/Tatiana Syrikova

Ketika bekerja di rumah, kamu dapat tidur dan mandi di saat istirahat siang. Kebanyakan orang malah dapat bekerja lebih lama karena merasa hilangnya batasan antara jam kerja dengan waktu pribadi di rumah. Karena hal ini, jadwal tidurmu dapat terganggu dan mengakibatkanmu sulit mendapatkan tidur yang berkualitas. Jadi, coba untuk mengatur dan menggunakan waktumu dengan bijaksana. Hindari bekerja lebih lama dari waktu seharusnya, patuhi jadwal harianmu, dan makan tepat waktu.

11. Buat dirimu sendiri lelah

11 Tips Mengatasi Susah Tidur Selama PandemiPexels.com/Nathan Cowley

Merasa sulit tidur karena kurang beraktivitas selama di rumah saja? Kalau begitu, coba untuk menggerakkan tubuh sebanyak-banyaknya. Kamu bisa melakukan olahraga. Pilih jenis olahraga dan lakukan sesuai waktu yang dianjurkan. Olahraga dapat membantumu memperbaiki mood, sekaligus membuatmu merasa lelah sehingga membantumu beristirahat lebih baik.

Itulah beberapa tips yang dapat kamu coba untuk mengatasi susah tidur selama pandemi ini. Mulai dari membaca buku, merendam kaki, mengganti seprai dan sarung bantal, merapikan kamar, berolahraga, sampai meditasi untuk menenangkan diri. Semoga kamu dapat mengembalikan jam tidurmu dan mendapatkan tidur yang berkualitas lagi, Bela. Selamat mencoba!

Baca Juga: Kekurangan 7 Vitamin Ini Dapat Membuatmu Sulit Tidur