Setiap orang pasti pernah merasa kelelahan dan mengantuk ketika bekerja di kantor. Biasanya di waktu menjelang makan siang dan setelah makan siang, beberapa orang mulai tidak fokus pada pekerjaannya karena mengantuk dan tidak bersemangat. Ada kantor memberi keleluasaan bagi karyawannya untuk tidur siang dalam waktu tertentu di kantor. Tapi lebih banyak yang hanya menyediakan waktu makan siang saja bagi karyawannya. 

Untuk mengatasi rasa ngantuk ketika bekerja di kantor, banyak orang yang memilih kopi agar dirinya tetap fokus dan terjaga. Padahal, tidak hanya kopi saja yang dapat membuatmu kembali fokus dan kembali bersemangat ketika bekerja walau diserang rasa kantuk. Kamu bisa mencoba hal-hal di bawah ini lho, Bela. Simak yuk artikelnya!

1. Bergerak

9 Hal yang Bisa Kamu Lakukan untuk Mengusir Rasa Kantuk di Kantorrefinery29.com

Kamu pasti tidak mungkin tertidur ketika sedang berjalan ke kamar mandi. Jika kamu mulai merasa ngantuk, berjalanlah keliling kantor atau di lantai ruangan kamu bekerja. Cari temanmu yang bisa diajak mengobrol santai tapi jangan sampai mengganggu. Jika rasa kantukmu belum hilang juga, keluar dari ruangan atau gedung kantor, untuk mendapat udara luar yang lebih segar.

2. Bertemu dengan orang

9 Hal yang Bisa Kamu Lakukan untuk Mengusir Rasa Kantuk di Kantorclcidiomas.es

Jangan menatap layar komputer atau laptop terlalu lama. Hal itu bisa membuat matamu lelah dan menimbulkan rasa kantuk. Pergilah ke pantry atau tempat biasanya orang-orang di kantormu berkumpul dan dapatkan energi baru dari rekan-rekanmu.

3. Segera dapatkan camilan

9 Hal yang Bisa Kamu Lakukan untuk Mengusir Rasa Kantuk di Kantorcupofjo.com

Jika kamu tiba-tiba merasa sangat lemas, mengantuk, dan tidak bersemangat, segera konsumsi makanan yang dapat memberimu energi lagi. Pastikan makanan yang akan kamu konsumsi bukan makanan berat seperti nasi atau mie yang justru bisa membuatmu semakin mengantuk. Pilihlah kacang-kacangan, gandum, telur, atau alpukat sebagai camilan yang dapat mengembalikan energimu untuk kembali bekerja.

4. Minum air mineral

9 Hal yang Bisa Kamu Lakukan untuk Mengusir Rasa Kantuk di Kantorstylecaser.com

Mengantuk dan merasa lemas bisa jadi karena kamu dehidrasi dan kekurangan oksigen pada otak. Agar kamu tetap mendapat oksigen yang cukup untuk otak, minumlah air mineral secukupnya. Agar tidak menggangu konsentrasi kerjamu, siapkan botol minum yang bisa kamu tempatkan di meja kerjamu dan dapat diisi beberapa kali.

5. Duduk tegak

9 Hal yang Bisa Kamu Lakukan untuk Mengusir Rasa Kantuk di Kantoreverydayhealth.com

Dalam kondisi mengantuk, tubuh otomatis langsung bersandar dan berada pada posisi yang membungkuk. Jangan turuti tubuhmu untuk merosot pada kursi. Paksa badan untuk duduk dengan posisi tegap agar rasa kantukmu setidaknya bisa berkurang. Sebuah studi dari jurnal kesehatan psikologi menemukan bahwa postur dapat memengaruhi tingkat energi yang kamu miliki. Orang yang duduk tegak merasa lebih berenergi dan bersemangat daripada mereka yang duduk merosot di kursi mereka.

6. Melakukan pijatan sendiri

9 Hal yang Bisa Kamu Lakukan untuk Mengusir Rasa Kantuk di Kantorsheknows.com

Memijat diri sendri adalah cara yang baik untuk membuat peredarah darah pada tubuh menjadi lancar dan merangsang sistem saraf. Kamu bisa melakukan pijatan pada bagian belakang leher ke atas kulit kepala untuk mendapatkan “setruman” energi. Kamu juga bisa memiijat secara perlahan bagian telinga belakang menggunakan ibu jari dan jari telunjuk.

7. Cuci muka dengan air dingin

9 Hal yang Bisa Kamu Lakukan untuk Mengusir Rasa Kantuk di Kantorracked.com

Kamu sudah mencoba berbagai gerakan dan cara untuk menghilangkan ngantuk, namun belum berhasil juga? Pergilah ke kamar mandi untuk mencuci mukamu dengan air dingin yang dapat memberi “kejutan” bagi tubuh dan membat tubuh menjadi lebih segar. Untuk mengagetkan tubuh di awal, coba percikkan air ke wajah terlebih dahulu sebelum membasuh air ke seleuruh wajah.

8. Mengunyah permen karet

9 Hal yang Bisa Kamu Lakukan untuk Mengusir Rasa Kantuk di Kantorfreewallp4pers.blogspot.com

Penelitian yang dilakukan oleh British Journal Of Psychology menemukan bahwa orang yang mengunyah permen karet selama 15 menit merasa lebih waspada daripada mereka yang tidak mengunyah permen karet sama sekali. Stimulasi otot-otot wajah dari mengunyah dapat membantu meningkatkan aliran darah ke kepala, sehingga tubuh terasa lebih segar dan tidak lagi merasa ngantuk.

9. Tarik napas yang dalam

9 Hal yang Bisa Kamu Lakukan untuk Mengusir Rasa Kantuk di Kantormedium.com

Untuk mengembalikan energimu dan menghilangkan rasa kantuk, coba mengambil napas dalam-dalam dan buang secara perlahan. Fokus untuk mengambil sekitar 10 kali napas yang dalam secara  perlahan. Berdasarkan hasil penelitian dari Mens Journal, hal ini dapat meningkatkan energi pada tubuh dan kemampuan kognitifmu.