Belakangan, di media sosial seringkali tampak para beauty enthusiast mencoba memutihkan gigi dengan pasta gigi berbahan activated charcoal. Dilansir dari Detik Food, bahan ini merupakan arang aktif yang berasal dari kayu, bambu, kulit gandum, dan batok kelapa yang dihaluskan, dipanaskan, dan dioksidasi. Tapi, apakah kandungannya bisa benar-benar memutihkan gigi dalam waktu cepat? Selain itu, aman nggak sih?

Amankah Memutihkan Gigi dengan Pasta Gigi Berbahan Arang Aktif?www.themintedblog.com
 

Soal aman atau nggaknya sampai sekarang masih menjadi perdebatan, Bela. Ada yang bilang jika digunakan secara teratur dapat merusak enamel gigi. Namun, ada pula yang nggak setuju dengan hal ini karena arang aktif tersebut hanya bersentuhan langsung pada permukaan gigi.  Dilansir dari Harpers Bazaar , Cosmetic Dentist bernama Gregg Lituchy mengungkapkan bahwa arang nggak begitu buruk untuk gigi karena pasta gigi arang lebih baik digunakan supaya dapat menghilangkan noda, bukan untuk memutihkan gigi.

Amankah Memutihkan Gigi dengan Pasta Gigi Berbahan Arang Aktif?pistachioproject.com
 

Sebenarnya, kandungan arang dalam charcoal dapat mengangkat plak yang menyebabkan bau mulut, Bela. Memang sulit untuk bisa memutihkan gigi hanya dengan pasta gigi, tapi noda-noda yang tertinggal di permukaan gigi bisa hilang secara efektif dengan pasta gigi charcoal.

Amankah Memutihkan Gigi dengan Pasta Gigi Berbahan Arang Aktif?www.issybellefox.com
 

Namun Gregg kembali menyarankan untuk berhati-hari dalam menyikat gigi, usahakan sikat dengan sangat lembut untuk mencegah rusaknya enamel gigi. Jadi, pasta gigi berbahan charcoal masih aman untuk digunakan, tetapi hanya untuk membersihkan noda di mulut kamu ya, Bela. 

Semoga bermanfaat!

Ditulis oleh: Salsabil Nabila Afhani

 

BACA JUGA : Senyummu Tampak Lebih Bersinar dengan Pasta Gigi Alami, Coba Yuk!