Kekeringan pada organ intim ditandai dengan miss V yang cepat sekali lecet apabila menggunakan pembalut serta terasa gatal. Perlu diketahui, miss V kering merupakan salah satu gejala terjadinya menopause pada perempuan. Nah, kalau miss V kering ini terjadi pada perempuan dengan usia relatif produktif, apakah ini adalah tanda menopause dini? Tahan dulu spekulasi tersebut, ini dia penyebab dari miss V kering!

1. Iritasi

Sebagai perempuan, kita pasti selalu menjaga kebersihan miss V. Salah satu upaya yang dilakukan adalah memakai produk tertentu untuk membersihkan miss V kita. Tetapi ternyata produk pembersih miss V juga dapat mengakibatkan iritasi yang berujung pada kekeringan organ intim. Ada baiknya, kita membaca terlebih dahulu kandungan dari produk pembersih yang kita gunakan sehingga hal tersebut tidak terjadi.

5 Hal Ini Bisa Jadi Kenapa Miss V Kamu Keringpinterest.com

2. Kurangnya Gairah Berhubungan Intim

Penyebab lain miss V kering adalah rendahnya libido sehingga tidak ada gairah untuk berhubungan intim. Hal ini bisa disebabkan berbagai faktor baik dalam diri sendiri maupun faktor lingkungan seperti hubungan dengan pasangan.

3. Mengonsumsi obat anti histamin

Mengkonsumsi obat-obatan tertentu ternyata dapat mengakibatkan miss V kering lho! Biasanya, apabila kita sedang mengalami flu atau memiliki asma kita akan diberikan obat oleh dokter yang mengandung anti histamin. Obat ini ternyata dapat menimbulkan berberapa efek, salah satunya membuat miss V kering.

5 Hal Ini Bisa Jadi Kenapa Miss V Kamu Keringrefinery29.com

4. Perubahan hormon

Penurunan hormon estrogen pada perempuan dapat menyebabkan miss V menjadi kering. Penurunan hormon estrogen ini bisa terjadi pada perempuan yang baru saja melahirkan, mengalami pra-menopause ataupun penderita kanker yang menjalankan kemoterapi.

5 Hal Ini Bisa Jadi Kenapa Miss V Kamu Keringrefinery29.com

5. Stres

Tingkat stress ternyata cukup berpengaruh kepada perubahan kondisi tubuh perempuan. Salah satu kondisi yang berubah disebabkan oleh stres adalah miss V bisa menjadi kering. Menurur penelitian, akibat dari kecemasan pada perempuan dapat menyebabkan kurangnya aliran darah pada tubuh yang salah satunya mengakibatkan miss V tidak mendapatkan kelembapan sempurna.

Itu tadi 5 hal yang bisa menjadi penyebab miss V kering. Semoga artikelnya bermanfaat ya!

Baca Juga: 9 Cara Merawat Miss V agar Tidak Lembap dan Berjamur