Treatment botox mulai terkenal dimulai tahun 1980-an, sejak saat itu banyak orang yang memilih treatment botox untuk mengurangi kerutan pada wajah sebagai tanda penuaan. Selain itu ternyata dengan treatment botox lebih disukai banyak orang karena prosesnya cepat dan juga dapat menghilangkan keriput serta garis-garis halus yang sangat mengganggu pada kulit terutama wajah. 

Tapi ternyata, treatment botox pun memiliki efek samping yang lumayan serius untuk jangka panjang. Buat kamu yang ingin treatment botox, cek terlebih dahulu efek-efeknya dibawah ini!

1. Otot wajah tidak dapat bergerak secara natural

Walaupun Bikin Awet Muda, Ini Efek Samping Botox yang Mungkin Dialamicnn.com

Setelah menggunakan treatment botox beberapa tahun, otot wajah pasti akan mulai beradaptasi untuk tidak bergerak secara natural. Pada awalnya mungkin kita akan menggerakan wajah kita dengan feeling, seperti tersenyum atau tertawa tetapi lama-lama otot wajah akan terbiasa menjadi lebih lambat dan lebih kaku.

2. Otot akan melemah karena jarang digunakan

Sebagai contoh, apabila kamu menggunakan treatment botox di area kaki dan paha, terkhususnya paha tidak pernah digerakan maka otot akan melemah karena tidak sering dilatih. Hal ini dapat menyebabkan banyak hal seperti mudah cedera saat berolahraga atau mudah terjadi tegang pada otot.

3. Kulit akan terlihat lebih tipis

Walaupun Bikin Awet Muda, Ini Efek Samping Botox yang Mungkin Dialamithecosmeticclinic.co.nz

Sebuah penelitian mengatakan bahwa apabila kita mulai menggunakan treatment botox di usia terlalu dini yaitu usia 20-an, maka salah satu risikonya adalah kulit akan terasa lebih tipis dan efeknya adalah terjadi banyak masalah pada kulit seperti menjadi lebih sensitif dan iritasi.

4. Perubahan warna kulit

Walaupun Bikin Awet Muda, Ini Efek Samping Botox yang Mungkin Dialamibyrdie.com

Dengan menggunakan treatment botox dalam jangka waktu panjang pastinya akan terjadi perubahan warna kulit apabila dosis treatment ini lebih dari yang dianjurkan dokter. Maka dari itu, sebelum melakukan treatment pastikan kamu sudah menemukan dokter yang tepat yang dapat memfasilitasi kebutuhan kamu ya, Bela!

5. Penggunaan botox bisa menyebabkan ketagihan

Walaupun Bikin Awet Muda, Ini Efek Samping Botox yang Mungkin Dialamirefinery29.com

Penggunaan treatment botox ini sangat disukai karena proses yang cepat dan juga minim efek setelah penggunaan dalam jangka waktu pendek. Tetapi efek panjangnya adalah bagi kamu yang sudah terbiasa melakukan treatment ini kemungkinan akan ketagihan karena efek positifnya yang dapat menghilangkan kerutan pada wajah dan garis-garis halusnya.

Itu dia 5 efek jangka panjang dari treatment botox, kalau kamu berminat untuk menggunakanya, pastikan kamu berkonsultasi terlebih dahulu ya, Bela!

Baca Juga: Biar Nggak Keliru, Kenali Perbedaan Filler dan Botox