Sebagai perempuan, kita pasti sering mendengar salah satu penyakit yang berkaitan dengan darah yaitu anemia. Secara singkat, anemia adalah kondisi dimana sel-sel darah merah (eritrosit) dan hemoglobin (Hb) yang sehat pada tubuh manusia berada dalam keadaan dibawah normal. 

Perlu diketahui, nilai normal hemoglobin pada perempuan adalah 12-15,5 gr/dl. Nah pada artikel ini, kita akan membahas secara singkat tentang anemia, buat kamu yang penasaran simak artikel ini yah, Bela!

Apa penyebab anemia?

Penting, Ini yang Harus Kamu Tahu Soal Anemia Pada Perempuanhttps://youaremom.com

Pada umumnya, pada banyak kasus anemia pada perempuan ditemukan salah satu penyebabnya adalah kekurangan darah karena pada saat menstruasi mengeluarkan darah yang cukup banyak. Tetapi ternyata selain itu juga adalah penyebab lain seperti akibat konsumsi obat-obatan tertentu yang mengakibatkan pendarahan, pola diet yang salah yang mengakibatkan tubuh kurang ternutrisi hingga faktor keturunan dalam keluarga.

Bagaimana cara mendeteksi kita menderita anemia atau tidak?

Penting, Ini yang Harus Kamu Tahu Soal Anemia Pada Perempuanwww.medicalnewstoday.com

Pengecekan bisa dilakukan sendiri dengan mengenali ciri-ciri yang ditimbulkan oleh penyakit anemia ini. Berberapa ciri-ciri yang dirasakan penderita anemia adalah mudah merasa pusing, mual, wajah terlihat pucat serta merasa jatung selalu berdebar dengan cepat walaupun dalam keadaan normal dan yang paling umum adalah mudah merasa lelah. Apabila kamu merasakan ciri-ciri ini, sebaiknya segera untuk membuat janji dengan dokter spesialis ya!

Kapan waktunya ke dokter saat merasakan anemia?

Penting, Ini yang Harus Kamu Tahu Soal Anemia Pada Perempuanhttps://parenting.firstcry.com

Apabila kamu merasakan bahwa belakangan ini mengalami gejala-gejala yang disebutkan di atas, kamu perlu memeriksakan diri ke dokter. Biasanya, saat kamu memeriksakan diri soal keluhan penyakit anemia aka nada pemeriksaan fisik yang dilakukan oleh dokter dan apabila dokter menganjurkan akan dilakukan pemeriksaan darah keseluruhan.

Bagaimana cara mencegah terjadinya anemia yang berkepanjangan?

Penting, Ini yang Harus Kamu Tahu Soal Anemia Pada Perempuanwww.123rf.com

Sebagai perempuan yang pastinya akan mengalami menstruasi setiap bulan, kita harus menjaga kesehatan kita. Beberapa hal yang perlu diperhatikan adalah pastikan bahwa kita sudah mengonsumsi air mineral setiap hari minimal 8 gelas, menambahkan suplemen makanan serta meminum obat tambah darah saat sedang menstruasi dan tidak lupa untuk menjaga pola makan.

Nah, itu dia berberapa hal terkait anemia pada perempuan yang perlu kamu tahu. Semoga artikelnya bermanfaat!

Baca Juga: Menurut Ahli, Ini 10 Hal yang Jadi Pantangan Saat Menstruasi