Berolahraga pastinya membuat badan kita terasa lebih sehat dan bugar. Namun di saat bersamaan seluruh pori-pori kulit akan terbuka karena suhu tubuh yang memanas. Di saat inilah biasanya kotoran, kuman atau bakteri yang ada di permukaan kulit bisa masuk. 

Kondisi ini yang biasanya membuat pori-pori kulit jadi tersumbat. Supaya terbebas dari masalah kulit, berikut ini ada tips perawatan kulit yang bisa dilakukan sebelum dan sesudah olahraga. Yuk simak!

1. Sebelum olahraga, hapus makeup di wajah

Tips Penting Menjaga Kesehatan Kulit Sebelum dan Sesudah OlahragaGlossense.com

Berolahraga sambil menggunakan makeup di wajah bukanlah ide yang baik. Produk makeup yang ada di kulitmu malahan bisa membuat pori-pori tersumbat. Penggunaan makeup saat olahraga justru dapat berpotensi menyebabkan timbul jerawat dan kemerahan pada kulit. Untuk menghilangkan sisa makeup di wajah, kamu cukup menggunakan micellar water. 

2. Gunakan sunscreen yang tepat

Tips Penting Menjaga Kesehatan Kulit Sebelum dan Sesudah OlahragaPopbela.com/Grace Kelly

Sunscreen merupakan hal penting terutama saat beraktivitas di luar ruangan. Pilihlah sunscreen dengan formula yang ringan dan moisturizing. Selain itu pilih sunscreen yang memiliki SPF tidak terlalu tinggi. Dengan begitu kulitmu tetap terlindungi sekaligus terhidrasi dengan baik. 

3. Jangan biarkan rambut menempel pada wajah

Tips Penting Menjaga Kesehatan Kulit Sebelum dan Sesudah Olahragahttps://www.pexels.com/@alexy-almond

Saat berolahraga ada baiknya kamu mengikat atau mengepang rambutmu. Hal ini dilakukan supaya minyak alami dari rambut tidak bisa masuk ke pori-pori kulit wajahmu. Kamu juga bisa menggunakan headbands atau jepit untuk mencegah rambut menyentuh bagian dahimu. 

4. Hindari menyentuh wajah secara langsung saat berolahraga

Tips Penting Menjaga Kesehatan Kulit Sebelum dan Sesudah OlahragaSumber Gambar: aelid.com

Saat berolahraga pori-pori kita terbuka dengan lebar kondisi ini bisa membuat bakteri dan kotoran masuk dengan mudah. Untuk itu jangan pernah menyentuh wajahmu saat berolahraga ya Bela. Kamu bisa menggunakan handuk bersih untuk mengelap keringat yang ada pada wajahmu. 

5. Setelah selesai olahraga segera cuci muka

Tips Penting Menjaga Kesehatan Kulit Sebelum dan Sesudah Olahragawellandgood.com

Setelah selesai berolahraga, kamu bisa gunakan air dingin dengan facial wash yang sesuai dengan kulitmu. Cuci muka menjadi langkah yang sangat penting supaya sisa-sisa kotoran yang menempel di wajah dapat hilang dan nggak menyisa di kulitmu. 

6. Mengganti pakaian

Tips Penting Menjaga Kesehatan Kulit Sebelum dan Sesudah OlahragaSumber Gambar: herbeauty.co

Sports bra, tanktop, legging dan sportswear lain yang ketat dapat membuat keringat menempel pada kulit. Selain itu sel kulit mati dan bakteri juga ikut menempel. Setelah selesai berolahraga segeralah ganti baju dan celanamu. 

7. Bergegas mandi

Tips Penting Menjaga Kesehatan Kulit Sebelum dan Sesudah Olahragathesun.co.uk

Untuk menghilangkan keringat, bau tak sedap, serta sisa kotoran segeralah mandi. Ada baiknya kamu mandi sekitar 30 menit setelah selesai berolahraga untuk mencegah datangnya breakout pada kulit. 

8. Gunakan serum dan hydrating product

Tips Penting Menjaga Kesehatan Kulit Sebelum dan Sesudah Olahragaamazingwellnessmag.com

Setelah selesai mandi, kamu dapat menggunakan serum dan produk skincare yang dapat menghidrasi kulitmu. Selama berolahraga minyak alami tubuhmu ikut keluar sehingga kulit dapat menjadi kering. Untuk mengembalikan kondisi kulitmu kamu perlu menggunakan kedua produk tersebut. 

Baca Juga: Ingin Tetap Olahraga di Luar Ketika Wabah Virus Corana? Ini Tipsnya!