Siapa sangka penyanyi dengan sederet penghargaan ini ternyata telah lama berjuang melawan penyakit. Pemilik nama lengkap Billie Eilish Pirate Baird O'Connell ini diketahui memiliki penyakit bernama sindrom Tourette yang telah diidap sejak kecil. Billie mengonfirmasi kondisi kesehatannya melalui akun instagramnya usai berbagai video soal ia dan penyakitnya bermunculan di internet. 

Lalu apa itu sindrom Tourette? Pernahkah kamu mendengarnya, Bela? Simak ulasannya di bawah ini yuk! 

Apa itu sindrom Tourette?

Billie Eilish Mengaku Alami Sindrom Tourette, Penyakit Apakah Itu?instagram.com/billieeilish/

Sindrom Tourette adalah kelainan pada sistem saraf yang menyebabkan seseorang melakukan gerakan berulang atau suara yang tidak terkendali. Gejala gerakan (motorik) atau suara (vokal) yang berulang itu biasa disebut sebagai tics

Gejala dari sindrom Tourette bisa muncul sejak masa kanak-kanak lebih tepatnya di usia 5-10 tahun. Gejala pertama yang sering muncul adalah tics yang terjadi di daerah kepala dan leher. 

Ada dua kategoris tics yang bisa terjadi. Pertama tics sederhana yang melibatkan beberapa bagian tubuh, misalnya menyipitkan mata atau mengendus. Kemudian ada juga tics kompleks yang melibatkan lebih banyak gerakan. Misalnya, menyentakkan tangan sambil menganggukan kepala kemudian mata berkedut. 

Biasanya gejala ini akan memburuk ketika tubuh merasa stres atau senang. Sementara saat tubuh dalam kondisi tenang atau fokus gejala tics akan mereda. 

Gejala yang dialami Billie Eilish

Billie Eilish Mengaku Alami Sindrom Tourette, Penyakit Apakah Itu?instagram.com/billieeilish/

Pada kasus yang dialami Billie Eilish, ia mengalami gangguan tics pada fisik bukan pada suaranya. Billie kerap mengalami kedutan, mengedipkan mata, mengangkat bahu, dan berbagai gerakan lain yang semuanya terjadi tanpa kendali. 

Melansir Billboard, Billie mengaku tidak menyangka kalau orang-orang menyadari penyakitnya ini.  "Saya tidak pernah menyebutnya (Sindrom Tourette saya) di internet karena tidak ada yang mengiranya. Selain fakta, saya tidak pernah ingin orang memikirkan Tourette setiap kali mereka memikirkan saya," terangnya lewat unggahan Instagram story. 

Sindrom Tourette tidak ada obatnya

Billie Eilish Mengaku Alami Sindrom Tourette, Penyakit Apakah Itu?Instagram.com/@billieeilish

Hingga saat ini tidak ada obat yang dapat menyembuhkan Sindrom Tourette. Kebanyakan orang yang mengalami sindrom ini tidak membutuhkan perawatan apapun. Namun ketika gejala ticsnya menyebabkan cedera atau nyeri, biasanya baru akan mendapat pengobatan.

Bagi Billie Eilish pun penyakit ini tidak menghalanginya untuk tetap berkarya. Meski penyakit ini telah terjadi konstan sejak ia kecil, ia sudah tahu bagaimana cara menekan agar ticsnya tidak bertambah parah.

"Saya telah belajar sendiri cara menekan tics saya dan teknik tertentu untuk membantu (menguranginya) agar tidak mengganggu saya dalam situasi tertentu," tulisnya. 

Nggak heran nama Billie Eilish pun sangat bersinar di dunia hiburan. Usaha maksimalnya perlu mendapat acungan jempol. Kita doakan semoga ia sehat selalu ya!