Jerawat kerap kali dianggap sebagai pengganggu penampilan dan membuat menjadi kurang percaya diri. Tapi, tahukah kamu, dengan menggunakan bahan alami, kamu bisa menghilangkan jerawat dengan cepat di rumah.

Apa saja bahan-bahan alami yang ampuh dalam mengatasi permasalahan jerawat ini? Simak penjelasan berikut!

1. Madu

10 Cara Ampuh Menghilangkan Jerawat dengan Cepat dengan Bahan Alamiirishtimes.com

Kandungan antibakteri yang berasal dari madu dipercaya mampu membantu menyembuhkan luka. Serta antioksidan yang dapat mencegah penyumbatan pori-pori dan membersihkan kotoran di wajah.

Cara menggunakannya cukup dengan mengoleskan madu ke area wajah yang terdapat jerawat setelah wajah dibersihkan terlebih dahulu dan kemudian bilas dengan menggunakan air bersih.

2. Lidah buaya

10 Cara Ampuh Menghilangkan Jerawat dengan Cepat dengan Bahan AlamiPixabay.com

Kandungan asam salisilat dan sulfur yang terdapat pada gel lidah buaya mampu meredakan peradangan di kulit yang disebabkan oleh jerawat. Kedua zat tersebut sering digunakan untuk mengobati jerawat di kulit.

Cara menggunakannya yaitu:

  • Ambil gel lidah buaya langsung dari tanaman alaminya dengan menggunakan sendok.
  • Bersihkan wajah terlebih dahulu, kemudian oleskan gel pada daerah yang berjerawat.
  • Ulangi dengan pemakaian 1-2 kali sehari.

3. Kayu manis

10 Cara Ampuh Menghilangkan Jerawat dengan Cepat dengan Bahan AlamiHealthline.com

Jerawat yang meradang dipercaya dapat diatasi dengan menggunakan kayu manis yang kaya akan antioksidan dan zat antibakteri. Dengan mencampurkan kayu manis dengan madu, beberapa penelitian menghasilkan bahwa kedua campuran bahan alami tersebut mampu mengurangi peradangan yang terjadi.

Cara menggunakannya adalah:

  • Buat campuran madu dengan kayu manis dengan perbandingan, 2 sendok makan madu dan 1 sendok makan kayu manis bubuk
  • Aduk hingga berbentuk pasta, kemudian oleskan pada wajah sebagai masker setelah wajah dibersihkan terlebih dahulu
  • Diamkan hingga 10 sampai 15 menit
  • Bilas wajah sampai bersih

4. Bawang putih

10 Cara Ampuh Menghilangkan Jerawat dengan Cepat dengan Bahan AlamiPixabay.com

Bahan alami selanjutnya adalah bawang putih, yang mampu menghilangkan dan mengatasi jerawat secara alami dan cepat. Bawang putih diyakini mampu mengatasi infeksi dan meningkatkan kekebalan tubuh dalam melawan bakteri. 

Cara menggunakannya cukup dengan mengkonsumsi bawang putih dalam asupan sehari-hari. Dan tidak disarankan dengan mengoleskan bawang putih secara langsung karena dapat menyebabkan iritasi pada kulit.

5. Cuka apel

10 Cara Ampuh Menghilangkan Jerawat dengan Cepat dengan Bahan AlamiPixabay.com/Rawpixel

Bahan alami selanjutnya yaitu cuka apel yang mampu menghilangkan jerawat pada wajah. Berdasarkan hasil penelitian dari International Journal of Cosmetic Science, kandungan asam organik seperti asam sitrat yang terkandung dalam cuka apel mampu menghilangkan jerawat.

Asam sitrat dipercaya mampu melawan bakteri yang menyebabkan jerawat Propionibacterium Acnes. Serta kandungan asam laktat yang diyakini mampu memperbaiki tekstrur pada kulit bekas jerawat.

Cara menggunakannya:

  • Buat campuran air sebanyak 3 sendok dengan 1 sendok cuka apel
  • Bersihkan wajah terlebih dahulu, kemudia oleskan campuran cuka apel tersebut ke kulit menggunakan kapas.
  • Tunggu hingga 5 sampai 20 detik dan kemudian bilas.
  • Ulangi sebanyak 1-2 kali dalam sehari

6. Es batu

10 Cara Ampuh Menghilangkan Jerawat dengan Cepat dengan Bahan Alamipexels.com/pixabay

Es batu dapat membantu dalam meredakan peradangan pada jerawat kamu, meskipun sebenarnya tidak dapat menghilangkan jerawat. Namun hal ini sering dilakukan oleh sebagian orang.

Cara menggunakannya yaitu dengan mengompres jerawat yang meradang pada wajah kamu dengan es batu yang dibalut menggunakan handuk bersih. Es batu ini mengencangkan pembuluh darah sehingga kemerahan akibat peradangan jerawat dapat mereda.

7. Minyak kelapa

10 Cara Ampuh Menghilangkan Jerawat dengan Cepat dengan Bahan Alaminytimes.com

Minyak kelapa juga dipercaya efektf dalam menghilangkan jerawat. Bakteri penyebab jerawat dapat dihancurkan oleh kandungan antiinflamasi dan antibakteri yang terdapat pada minyak kelapa.

Cara menggunakannya cukup dengan mengoleskan minyak kelapa ke bagian wajah yang berjerawat. Minyak kelapa juga mampu mengurangi kemerahan dan pembengkakan yang disebabkan oleh jerawat.

8. Putih telur

10 Cara Ampuh Menghilangkan Jerawat dengan Cepat dengan Bahan Alami

Kandungan protein dan vitamin yang terdapat pada putih telur dipercaya dapat membatu menghilangkan jerawat secara alami. Putih telur bisa membantu dalam mengencangkan kulit dan mengeluarkan minyak, sehingga dapat mencegah penyumbatan pori-pori dan meredakan peradangan akibat jerawat.

Cara menggunakannya yaitu dengan mengoleskan putih telur sebagai masker dan kemudia diamkan selama 10 menit. Setelah itu bilas menggunakan air bersih.

9. Lemon

10 Cara Ampuh Menghilangkan Jerawat dengan Cepat dengan Bahan AlamiThelocalpalate.com

Bahan alami penghilang jerawat selanjutnya adalah asam sitrat yang terkandung dalam air perasan lemon. Namun, kamu juga harus waspada pada iritasi yang dapat disebabkan oleh penggunaan air perasan lemon ini.

Cara menggunakannya yaitu dengan mengoleskan air perasan lemon ke area yang berjerawat menggunakan kapas steril, kemudian diamkan beberapa saat dan bilas menggunakan ait bersih.

10. Teh hijau

10 Cara Ampuh Menghilangkan Jerawat dengan Cepat dengan Bahan Alamirajaeleng.com

Kandungan antioksidan polifenol yang bernama katekin yang terdapat dalam teh hijau dalam jumlah yang banyak mampu memberikan manfaat pada wajah. Maka, teh hijau sering digunakan sebagai produk kecantikan yang mampu membantu menghilangkan kotoran penyebab kerusakan sel seperti jerawat.

Kamu tidak perlu khawatir lagi jika timbul jerawat pada wajah, karena bahan-bahan alami yang telah dijelaskan di atas mampu mengatasi dan menghilangkan jerawat secara alami di rumah dengan mudah. Namun, kamu juga perlu memperhatikan efek samping dari pemakaiannya agar terhindar dari iritasi kulit.

Baca Juga: 7 Serum Lokal untuk Mengatasi Jerawat, Ampuh!

Baca Juga: Mengenal Jenis-jenis Bekas Jerawat, Sudah Tahu Bedanya?

Baca Juga: 5 Cara Mengatasi Jerawat pada Kulit Kering dan Sensitif