Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

5 Hal untuk Menjaga Kesehatan yang Dapat Kamu Lakukan di Tempat Kerja

Nggak ada alasan buat nggak hidup sehat ya Bela!

Vidya Nathania

Bagi sebagian orang yang beraktivitas hanya di dalam rumah, menjalani kebiasaan yang sehat bukanlah hal yang begitu sulit. Namun, bagaimana dengan seorang pekerja full time yang menghabiskan hampir seharian waktunya hanya bekerja di kantor? Di tengah kesibukkan yang begitu padat, jangan sampai lupa ya dalam hal memperhatikan kesehatan tubuh. Ternyata ada beberapa hal yang bisa kamu lakukan di kantor untuk menjaga kesehatan yang nantinya dapat menjadi kebiasaan baik. Pasti penasaran kan? Ikuti terus sampai habis!

1. Jangan biarkan mata terlalu lama menatap layar komputer

nypost.com

Salah satu hal untuk menjaga kesehatan yang dapat kamu lakukan di tempat kerja adalah untuk memperhatikan matamu agar tak terlalu lama menatap layar komputer. Radiasi yang terpancar bisa membuatmu pusing dan menatapnya terlalu lama hanya akan membuat otot matamu tegang. Untuk itu, selalu alihkan pandanganmu dari layar dan menutupnya dalam beberapa detik, kemudian kamu pun bisa melanjutkan pekerjaanmu.

2. Sesekali berdiri dan lakukan stretching

shawneemissionpost.com

Fokus bekerja sih boleh-boleh saja, namun jangan sampai pekerjaanmu membuatmu tak beranjak dari kursi. Setiap 2 jam sekali, sebaiknya kamu berdiri dan lakukan gerakan stretching dengan perlahan ya. Selain dapat meregangkan otot-otot yang menegang, aliran darahmu pun menjadi lancar.

3. Membiasakan bawa bekal sendiri

leanlunch.co.uk

Memang, langsung membeli makanan dari luar sangatlah praktis dibandingkan membawa makanan sendiri dari rumah. Namun, tahu nggak sih kalau makanan dari luar yang kita konsumsi belum terjamin kehigienisannya, untuk itu sebaiknya kamu mulai membiasakan membawa makanan sendiri. Cara lainnya jika kamu masih kesulitan adalah mengonsumsi makanan dari catering sehat yang terpercaya.

4. Pilih tangga dibandingkan lift

shape.com

Walau kadang memanfaatkan fasilitas yang tersedia merupakan suatu hal yang baik, namun jangan sampai hal tersebut menjadi alasanmu untuk tidak memulai hidup yang lebih sehat. Bagi pekerja kantoran yang kurang menggerakkan tubuhnya karena bekerja, sebaiknya curi sedikit kesempatan dengan menggunakan tangga sehingga tubuhmu jauh lebih sehat dan segar.

5. Dengarkan musik klasik sembari bekerja

positiveroutines.com

Musik klasik dikenal berpengaruh cukup besar dalam mengatur produksi hormon dopamine yang dapat membuat pikiranmu lebih tenang dan rileks. Untuk itu, cobalah untuk mendengarkan pilihan musik klasik ketika kamu sedang bekerja. Hal ini tak hanya dapat mengurangi tingkat stres yang akan kamu alami, tetapi juga membantu otakmu dapat bekerja dengan lebih baik.

Wah, ternyata 5 hal yang dapat kamu lakukan di tempat kerja untuk menjaga kesehatan sangat mudah untuk dilakukan ya? Jangan lupa untuk dicoba ya!

IDN Media Channels

Latest from Health