Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

8 Obat Kumur Terbaik untuk Kesehatan Mulut, Bikin Napas Segar!

Bikin napas segar seharian

Nafi' Khoiriyah

Saat bulan puasa, bau mulut menjadi masalah yang dihadapi banyak orang. Sebab, mulai dari pagi sampai sore mereka tidak makan dan minum sehingga mulut kekurangan cairan yang kemudian menimbulkan bau.

Sikat gigi biasa saja mungkin tidak bisa mengatasi bau mulut yang membandel. Namun jangan khawatir, terdapat obat kumur terbaik yang bisa mengatasi masalah ini. 

Berikut adalah deretan obat kumur yang bisa kamu jadikan pilihan untuk mengatasi bau mulut. 

1. Listerine Cool Mint

listerine.co.id

Obat kumur yang pertama ini tentu sudah familier untukmu, yaitu Listerine Cool Mint. Produk ini mengandung 4 essential oil untuk menyegarkan mulut selama 12 jam. Kamu bisa memakainya setelah menyikat gigi 2x sehari. 

Rasanya pun segar dan menyejukkan sehingga tidak membuat kamu mual saat memakainya. Dengan kandungan di dalamnya, Listerine Cool Mint memiliki klaim bisa melawan 99,9 persen kuman penyebab bau mulut. 

2. Betadine Mouthwash & Gargle

tokopedia.com/betadineofficial

Selanjutnya, Betadine Mouthwash & Gargle juga bisa mengatasi bau mulut, sariawan, gusi bengkak, sakit tenggorokan, sampai napas yang tidak segar. Di dalamnya, terdapat kandungan povidone-iodine 1% yang bisa mengatasi berbagai masalah tersebut. 

Kamu bisa menggunakan Betadine Mouthwash & Gargle dengan cara berkumur seperti biasa kemudian membuangnya. Lalu, tuang dan masukkan kembali obat kumur dengan cara mengarahkan kepala 45 derajat ke atas, tahan di tenggorokan, dan keluarkan udara melalui mulut selama 30 detik. 

3. Total Care Mouthwash Cool Mint

totalcaremouthwash.com

Total Care Mouthwash merupakan obat kumur yang mengandung peppermint untuk bisa membuat napas menjadi segar. Kandungan tea tree oil di dalamnya juga berguna sebagai antibakterial alami. 

Kebersihan mulut akan terjaga dengan menggunakan Total Care Mouthwash. Sebab, obat kumur ini juga dilengkapi dengan xylitol yang efektif untuk membunuh virus dan bakteri. Kandungannya pun tanpa alkohol sehingga sudah halal. 

4. Colgate Plax Ice

colgate.com

Untuk membersihkan, menyegarkan, dan menyehatkan mulut, kamu bisa menggunakan Colgate Plax Ice sebagai obat kumur.

Manfaat dari produk ini di antaranya adalah membunuh bakteri, menyehatkan gusi, mencegah gigi berlubang, dan memberikan napas yang segar. Kamu bisa memakainya setelah menyikat gigi untuk melindungi dari bakteri hingga 12 jam. 

5. Pepsodent Germi Check+ Mouth Rinse Liquid

pepsodent.in

Obat kumur Pepsodent Germi Check+ Mouth Rinse Liquid bisa mengatasi bakteri dan virus serta tentunya mencegah bau mulut. Kandungan cairannya 0 persen alkohol yang bisa melindungi gigi dan gusi pula. 

Kamu bisa memakainya dengan menggunakan air murni sebanyak 20 ml. Setelah itu, berkumurlah selama 30 detik dann jangan mengonsumsi apapun selama 30 menit setelah berkumur. Gunakan Pepsodent Germi Check+ Mouth Rinse Liquid dua kali sehari. 

6. MeToo Obat Kumur Prebiotik

metooglobal.com

MeToo Obat Kumur Prebiotik merupakan obat mulut yang dilengkapi dengan probiotik yang efektif untuk menyelesaikan masalah mulut yang bau. Dengen memakai MeToo Obat Kumur Prebiotik, setelah 15 detik napas akan terasa lebih segar hingga 10 jam. 

Kandungan di dalamnya juga bisa memutihkan gigi dan menjadikan gigi putih bersinar. Xylitol di dalamnya juga efektif untuk mencegah kerusakan pada gigi. 

7. Close Up Mouthwash Nature Boost

close-up.com

Dikenal sebagai merek pasta gigi, Close Up juga memiliki produk Close Up Mouthwash Nature Boost. Produk ini bisa menjadi solusi untuk tampil lebih percaya diri tanpa bau mulut dan dengan kesegaran yang alami. 

Dengan formula kapulaga dan tulsi, kuman dan bau mulut langsung teratasi. Formulanya pun tanpa alkohol sehingga tidak menimbulkan sensasi perih saat memakainya. Cukup gunakan produk ini dua kali sehari untuk memberikan kesegaran yang tahan lama. 

8. Sensodyne Mouthwash Cool Mint

sensodyne-me.com

Obat kumur yang terakhir adalah Sensodyne Mouthwash Cool Mint yang dilengkapi dengan flouride untuk menguatkan gigi. Kandungannya bebas alkohol untuk memberikan perlindungan sensitivitas setiap harinya. 

Kandungan bahan aktif Sensodyne Mouthwash Cool Mint bisa membangun perlindungan yang menenangkan di sekitar saraf. Flouride di dalamnya pun dapat memperkuat gigi dengan rasa mint yang menyegarkan. 

Itulah 9 obat kumur terbaik yang bisa kamu andalkan untuk mengatasi bau mulut. Semoga berhasil, ya!

IDN Media Channels

Latest from Health