10 Cara Menghilangkan Sakit Gigi dalam 5 Menit, Ampuh!

10 Cara Menghilangkan Sakit Gigi dalam 5 Menit, Ampuh!

Tidak selalu dengan obat

10 Cara Menghilangkan Sakit Gigi dalam 5 Menit, Ampuh!

Sakit gigi merupakan salah satu masalah kesehatan yang sering dirasakan banyak orang. Saat sakit gigi menyerang, kamu tidak hanya kesulitan untuk makan, tetapi juga memengaruhi semua kegiatan kamu. Sebab, rasa sakitnya begitu menyiksa dan tak tertahankan. 

Saat mengalami masalah tersebut, sebaiknya segera berkonsultasi dengan dokter gigi. Namun, dibutuhkan waktu yang tidak sebentar sampai akhirnya kamu bisa ditangani oleh dokter. 

Selama menunggu penanganan dari dokter gigi, kamu tentu ingin menghilangkan rasa sakitnya terlebih dahulu. Oleh karena itu, Popbela.com akan memberikan ulasan tentang cara menghilangkan sakit gigi dalam 5 menit.

Yuk, simak ulasannya!

1. Berkumur dengan air garam

10 Cara Menghilangkan Sakit Gigi dalam 5 Menit, Ampuh!pexels.com/Mikhail Nilov

Cara menghilangkan sakit gigi dalam 5 menit yang pertama adalah dengan berkumur menggunakan air garam. Air garam merupakan disinfektan alami yang bisa membantu mengatasi infeksi dan mengurangi peradangan.

Dengan berkumur menggunakan air garam, sisa makanan atau kotoran yang tersangkut di sela-sela gigi akan keluar. 

Takaran yang pas untuk berkumur adalah dengan mencampurkan setengah sendok teh garam dengan segelas air hangat. Setelah itu, gunakan untuk berkumur-kumur seperti obat kumur biasanya.

2. Kompres dingin

10 Cara Menghilangkan Sakit Gigi dalam 5 Menit, Ampuh!pexels.com/Engin Akyurt

Pertolongan pertama pada sakit gigi salah satunya bertujuan untuk mengurangi peradangan. Oleh karena itu, kamu bisa mengompres dengan air dingin ke sisi wajah bagian gigi yang sakit. 

Caranya, kamu bisa menggunakan kain yang sudah dicelupkan ke dalam air es yang dingin. Dengan begitu, pembuluh darah di area tersebut akan menyempit dan mengurangi rasa sakit yang timbul.

3. Oleskan bawang putih

10 Cara Menghilangkan Sakit Gigi dalam 5 Menit, Ampuh!pexels.com/Karolina Grabowska

Bawang putih bisa kamu gunakan sebagai cara menghilangkan sakit gigi dalam 5 menit. Sebab, bawang putih berkhasiat sebagai antibakteri yang bisa membunuh bakteri berbahaya.

Tak hanya itu, bawang putih juga bisa digunakan sebagai pereda nyeri. Cara menggunakan bawang putih untuk mengobati sakit gigi adalah dengan menghancurkan bawang putih sampai halus.

Kemudian, kamu bisa mengoleskan ke daerah gigi yang sakit. Kalau tidak, kamu bisa langsung mengunyah bawang putih segar atau menggunakan kapas yang telah direndam bawang putih dan meletakkannya di gigi. 

4. Kumur dengan larutan daun jambu biji

10 Cara Menghilangkan Sakit Gigi dalam 5 Menit, Ampuh!pexels.com/Aadhithyan Pandian

Selain bawang putih, bahan alami selanjutnya yang bisa digunakan sebagai pereda sakit gigi adalah daun jambu biji. Daun ini memiliki sifat antiinflamasi dan antimikroba yang bisa menenangkan gigi yang sakit. 

Kamu bisa menggunakan daun ini untuk dibuat teh, biarkan sampai dingin, kemudian pakai untuk kumur-kumur. Jika tidak sempat, kamu bisa mengunyah daun jambu biji yang sudah dibersihkan secara langsung. 

5. Menggunakan kantong teh

10 Cara Menghilangkan Sakit Gigi dalam 5 Menit, Ampuh!pexels.com/Anna Pou

Cara menghilangkan sakit gigi dalam 5 menit lainnya adalah dengan kantong teh. Kamu bisa mengoleskan kantong teh yang sudah dicelupkan ke air hangat pada gigimu. Namun saat menempelkannya ke gigi, pastikan kantong teh tersebut sudah tidak panas lagi. 

Jika kamu memilih yang dingin, kamu juga bisa memasukkan kantong teh ke dalam lemari es sebelum dioleskan ke gigi. Sebab, teh (khususnya teh peppermint), memiliki sifat melawan bakteri sehingga bisa digunakan untuk mengatasi sakit gigi. 

6. Mengoleskan minyak cengkih

10 Cara Menghilangkan Sakit Gigi dalam 5 Menit, Ampuh!pexels.com/Miguel Á. Padriñán

Bahan alami lainnya yang bisa digunakan sebagai pereda sakit gigi adalah cengkih. Cengkih memiliki manfaat bisa mengurangi peradangan dan mengandung antiseptik eugenol. 

Cara memakainya, kamu bisa membuat minyak cengkih dengan minyak zaitun, kemudian mengoleskannya ke gigi yang sakit dengan kapas. Sebagai alternatif lainnya, kamu juga bisa menggunakan minyak cengkih sebagai obat kumur. 

7. Mengoleskan ekstrak vanili

10 Cara Menghilangkan Sakit Gigi dalam 5 Menit, Ampuh!unsplash.com/Jocelyn Morales

Ekstrak vanili memiliki sifat antiinflamasi alami sehingga bisa digunakan sebagai cara menghilangkan sakit gigi dalam 5 menit. Kamu bisa meletakkan ekstrak ini ke kapas atau jarimu kemudian oleskan pada gigi yang sakit beberapa kali. 

Sifat antioksidan yang terdapat pada vanili juga terbukti menjadi penyembuh yang efektif. Namun, pastikan ekstrak vanili yang kamu gunakan adalah asli dan bukan campuran. 

8. Berkumur dengan hidrogen peroksida

10 Cara Menghilangkan Sakit Gigi dalam 5 Menit, Ampuh!unsplash.com/Pat DuBois

Hidrogen peroksida adalah zat kimia yang bisa digunakan untuk meredakan rasa sakit dan peradangan. Zat kimia ini juga bisa membunuh bakteri sehingga bisa mengurangi plak dan menyembuhkan gusi berdarah. 

Cara mengencerkan hidrogen peroksida sebagai obat kumur pereda sakit gigi adalah dengan mencampurkan 3 persen hidrogen peroksida dengan air menggunakan perbandingan sama . Setelah itu, kamu bisa menggunakannya sebagai obat kumur.

Namun perlu hati-hati, jangan sampai kamu menelan obat kumur ini. 

9. Mengonsumsi obat pereda nyeri

10 Cara Menghilangkan Sakit Gigi dalam 5 Menit, Ampuh!unsplash.com/Brett Jordan

Jika sakit yang kamu rasakan sudah tidak tertahankan, maka kamu bisa mengonsumsi obat antiinflamasi yang juga bisa mengurangi pembengkakan, seperti ibuprofen. 

Konsumsi obat ini sesuai dengan takaran yang ada dalam kemasan, kemudian hentikan konsumsinya saat rasa sakit sudah hilang. 

10. Datang ke dokter gigi

10 Cara Menghilangkan Sakit Gigi dalam 5 Menit, Ampuh!pexels.com/Andrea Piacquadio

Terakhir, jika cara menghilangkan sakit gigi dalam 5 menit di atas belum juga membantu, maka kemungkinan kamu perlu datang ke dokter gigi. Kapan harus ke dokter gigi? 

Berikut adalah kondisi yang mengharuskan kamu datang ke dokter gigi. 

  • Kesulitan bernapas atau menelan
  • Sakit gigi tiba-tiba disertai demam
  • Gusi berdarah atau bengkak
  • Sariawan yang tidak kunjung hilang
  • Pembengkakan pada wajah atau mulut
  • Gigi atau tambalan retak atau patah.

Itulah 10 cara menghilangkan sakit gigi dalam 5 menit yang bisa kamu coba. Jangan lupa datang ke dokter gigi untuk konsultasi permasalahan gigi yang kamu alami ya, Bela!

Baca Juga: 10 Cara Menghilangkan Belang di Wajah karena Sinar Matahari

Baca Juga: 10 Cara Menghilangkan Tahi Lalat di Wajah secara Alami dan Medis

Baca Juga: 8 Cara Menghilangkan Kerutan di Dahi agar Lebih Percaya Diri

  • Share Artikel

TOPIC

Related Article

Ini yang Terjadi Apabila Tubuh Kekurangan Vitamin D

Ini yang Terjadi Apabila Tubuh Kekurangan Vitamin D

trending

Trending

20 Contoh Surat Lamaran Kerja yang Baik dan Benar, Dilirik HRD!

20 Contoh Surat Lamaran Kerja yang Baik dan Benar, Dilirik HRD!

This week's horoscope

horoscopes
Aquarius

Ramalan Zodiak Aquarius Hari Ini - Zodiak Aquarius berasal dari k... read more

See more horoscopes here

Exclusive

Biar Kuku Nggak Rusak, Ini Tips Menggunakan Nail Extension yang Tepat

Biar Kuku Nggak Rusak, Ini Tips Menggunakan Nail Extension yang Tepat

Lutesha Bicara Soal Body Shaming: Fokus Dulu ke Diri Sendiri!

Lutesha Bicara Soal Body Shaming: Fokus Dulu ke Diri Sendiri!

Tidak usah hiraukan pendapat orang lain

Latest from Health

Ini yang Terjadi Apabila Tubuh Kekurangan Vitamin D

Ini yang Terjadi Apabila Tubuh Kekurangan Vitamin D