Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Menu Diet Seminggu Turun 10 Kg yang Aman dan Padat Nutrisi

Ampuh turunkan berat badan

Nafi' Khoiriyah

Menurunkan berat badan bukan berarti kamu tidak makan sama sekali. Tubuh tetap membutuhkan asupan nutrisi untuk aktivitas fisik sehari-hari. Cara yang paling tepat untuk menurunkan berat badan adalah dengan mengatur menu diet sehari-hari. 

Jika kamu sedang mencari menu diet seminggu turun 10 kg, maka referensi menu dari Popbela.com berikut ini bisa diikuti. Meskipun terdengar tidak realistis, tetapi tidak ada salahnya untuk mencobanya. 

Namun, pastikan untuk tetap mengonsumsi kalori supaya metabolisme tetap terjaga. Kira-kira, menu apa saja yang bisa dikonsumsi selama seminggu saat diet?

Yuk, langsung simak ulasannya!

1. Menu diet hari Senin

pexels.com/Nicola Barts

Menu diet seminggu turun 10 kg di hari pertama bisa kamu awali dengan sarapan menggunakan roti gandum dan alpukat. Roti gandum dipilih dari jenis roti lainnya karena lebih tinggi karbohidrat. Selain itu, kandungan gandum utuh di dalamnya juga mengandung lebih banyak serat dan vitamin daripada roti biasa. 

Berikut adalah menu sarapan, makan siang, dan makan malam hari Senin. 

  • Sarapan: roti gandum, alpukat, dan telur
  • Makan siang: dada ayam, kentang, dan brokoli 
  • Makan malam: orak-arik telur dan sayur.

Memulai diet sebaiknya memang bertahap. Diawali dari buah-buahan untuk memenuhi asupan gizi, lalu jangan lewatkan sayuran sebagai sumber seratnya. 

2. Menu diet hari Selasa

pexels.com/Laura

Setelah itu, pada hari selanjutnya kamu bisa memilih makan siang dengan nasi merah, sayur, dan tempe tahu sebagai proteinnya. Alih-alih nasi putih, nasi merah memang dikenal lebih banyak manfaatnya. Jenis nasi ini bisa membantu mengontrol berat badan, kadar gula, sampai melancarkan pencernaan. 

Berikut adalah menu sarapan, makan siang, dan makan malam hari Selasa.

  • Sarapan: smoothies pisang dan susu
  • Makan siang: nasi merah, sayur bayam, tempe dan tahu
  • Makan malam: ayam ungkep tanpa minyak, pakcoy, kentang rebus.

Kalau kamu ingin sarapan yang lainnya, kentang bisa kamu jadikan pengganti smoothies di pagi hari. Jika tetap ingin memakan buah, hindari buah yang asam supaya pencernaan tidak terganggu. 

3. Menu diet hari Rabu

pexels.com/Sasha Kim

Saat diet, buah-buahan menjadi solusi untuk makan malam. Sebab, jenis makanan ini bisa membuat perut kenyang lebih lama dan terhindar dari rasa lapar di malam hari.

Pisang merupakan salah satu jenis buah yang mengandung magnesium. Kandungan tersebut bisa mengurangi kadar kortisol sebagai penyebab stres. 

Berikut adalah menu sarapan, makan siang, dan makan malam hari Rabu.

  • Sarapan: omelet telur 
  • Makan siang: sandwich dada ayam
  • Makan malam: buah pepaya potong, yoghurt, smoothies buah.

Selain itu, kamu juga bisa mengombinasikan omelet dengan buah dan sayur untuk menu dietmu. Namun, pastikan sayur yang kamu konsumsi tidak berminyak dan memiliki kandungan gula garam yang rendah. 

4. Menu diet hari Kamis

pexels.com/Leonardo Luz

Menu diet seminggu turun 10 kg pada hari Kamis bisa diawali dengan konsumsi oatmeal, buah, dan yoghurt. Oatmeal merupakan salah satu makanan bergizi yang cocok untuk sarapan.

Sebab, makanan ini bisa membantu menurunkan kolesterol hingga menurunkan berat badan. Setelah itu, kamu bisa mengonsumsi ikan salmon sebagai sumber protein pada siang hari.

Berikut adalah menu sarapan, makan siang, dan makan malam hari Kamis.

  • Sarapan: oatmeal, buah, yoghurt
  • Makan siang: ikan salmon fillet, nasi, salad
  • Makan malam: smoothies buah naga.

Saat sudah mulai adaptasi, kamu bisa memilih makanan yang lebih fleksibel. Namun, perhatikan porsi makanan supaya tidak berlebihan agar berat badan bisa berkurang. 

5. Menu diet hari Jumat

pexels.com/Anna Tarazevich

Kacang almond sebagai menu sarapan adalah pilihan yang tepat. Sebab, makanan ini mengandung vitamin E hingga omega 3 yang bisa menghancurkan kolesterol dalam tubuh. Senyawa di dalamnya juga mampu mencegah dari berbagai penyakit. 

Berikut adalah menu sarapan, makan siang, dan makan malam hari Jumat.

  • Sarapan: susu rendah lemak, kacang almond
  • Makan siang: nasi merah, pepes ikan, tumis jamur
  • Makan malam: sayuran kukus, ayam fillet.

Saat berat badan mulai terasa menurun, kamu tetap perlu menjaga menu diet supaya tetap konsisten. Namun, kamu bisa memakan camilan sehat yang tidak berminyak dan tidak terlalu manis seperti buah-buahan.

6. Menu diet hari Sabtu

pexels.com/Alexey Demidov

Dari sekian jenis daging, dada ayam menjadi salah satu menu yang paling sering direkomendasikan untuk diet. Sebab, bagian tersebut memiliki kandungan protein yang tinggi. Selain bisa menutrisi tubuh, dada ayam juga bisa membangun massa otot, menekan rasa lapar, dan meningkatkan metabolisme. 

Berikut adalah menu sarapan, makan siang, dan makan malam hari Sabtu.

  • Sarapan: roti gandum, alpukat, dan telur
  • Makan siang: dada ayam, kentang, dan brokoli 
  • Makan malam: ubi jalar kukus. 

Hari Sabtu biasanya setiap orang ingin memanjakan dirinya dengan makan makanan enak. Maka dari itu, menu roti gandum, alpukat, dan telur untuk sarapan cocok untuk memulai weekend ini 

7. Menu diet hari Minggu

pexels.com/Lisa Fotios

Menu diet seminggu turun 10 kg yang terakhir ditutup dengan orak-arik telur dan sayur sebagai makan malamnya. Sebab, telur akan membuatmu kenyang sepanjang malam dan bisa membakar banyak kalori dalam tubuh. Memakan telur rebus bisa mempercepat metabolisme sehingga membakar lemak lebih banyak. 

Berikut adalah menu sarapan, makan siang, dan makan malam hari Minggu.

  • Sarapan: susu rendah lemak, roti gandum, selai kacang
  • Makan siang: spaghetti, keju parut, dan sayuran
  • Makan malam: orak-arik telur dan sayur 

Saat keluarga menyantap makanan yang enak, kamu tentu ingin mengonsumsinya juga. Nah, menu spaghetti bisa jadi alternatif yang menyenangkan untuk menu diet di hari Minggu. Namun, jangan lupa kamu mengimbanginya dengan olahraga, ya!

Itulah menu diet seminggu turun 10 kg yang bisa kamu konsumsi sehari-hari. Namun, jangan lupa perhatikan porsi dan kandungan gizi di dalamnya supaya tubuh tetap ternutrisi, ya. Semoga berhasil!

IDN Media Channels

Latest from Health