Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

5 Olahraga Ringan di Pagi Hari, Buat Badanmu Jadi Sehat dan Bugar

Pagi hari udara masih segar

Mutahassin Bilhaq

Udara pagi yang masih segar dan bersih sangat baik untuk kesehatan kamu. Olahraga secara umum baik dilakukan kapan saja, tetapi olahraga ringan yang dilakukan di pagi hari akan memberikan kiamu energi dan semangat tambahan untuk beraktivitas sehari-hari. Selain itu, olahraga juga dapat memperlancar peredaran darah.

Tentunya manfaat dari olahraga dapat kamu rasakan jika dilakukan secara teratur, memang sulit untuk membiasakan diri bangun pagi dan olahraga secara teratur. Namun jika kamu berhasil melakukannya, kamu akan merasakan manfaat yang luar biasa. Berikut lima olahraga ringan yang bisa kamu lakukan sebelum memulai aktivitas.

1. Stretching

msfitmag.com

Aktivitas fisik ini sangat mudah untuk dilakukan, tetapi mempunyai manfaat yang besar bagi tubuh. Stretching atau peregangan biasanya dilakukan sebelum olahraga dan dilanjutkan dengan pemanasan. Otot-otot di tubuh akan menjadi elastis, dan dapat mengurangi risiko cedera. Selain itu, stretching juga berdampak baik bagi kesehatan fisik dan mental.

2. Berjalan kaki

verywellfit.com

Berjalan kaki merupakan aktivitas murah dan mudah yang bisa kamu lakukan setiap hari. Berjalan kaki akan lebih menyehatkan jika dilakukan di pagi hari, karena tubuh akan mendapat asupan vitamin D dari sinar matahari yang baik untuk kesehatan. 

Banyak manfaat yang akan kamu dapat dari berjalan kaki, seperti meningkatkan energi, memperbaiki postur, meningkatkan sistem imun, mengurangi stres, dan masih banyak lagi.

3. Jogging

healthline.com

Jogging merupakan jenis olahraga kardio yang populer dilakukan oleh banyak orang. Olahraga kardio dapat meningkatkan kesehatan jantung jika rutin dilakukan. Jogging bisa dilakukan seorang diri atau bersama dengan teman-teman dan keluarga. Beberapa manfaat dari jogging seperti memperbaiki mood, membentuk otot tubuh, mengurangi stres, menyehatkan kulit, dan lain-lain.

4. Bersepeda

traveloninspiration.com

Bersepeda merupakan olahraga sekaligus kegiatan rekreasi. Dengan udara yang segar dan bersih di pagi hari, bersepeda menjadi lebih nyaman, selain itu kamu juga bisa menikmati pemandangan di sekitar. Banyak manfaat yang akan kamu peroleh dari bersepeda, di antaranya menyehatkan jantung, menambah kreativitas, mengurangi stres, meningkatkan sistem imun, dan lain-lain.

5. Yoga

espacobambui.com

Yoga merupakan jenis aktivitas yang bermanfaat untuk kesehatan fisik, mental, dan juga spritual sepanjang hari. Latihan yoga sebaiknya dilakukan di pagi hari dalam kondisi perut masih kosong. Jika kamu tidak sempat melakukannya di pagi hari, yoga bisa dilakukan kapan saja tapi usahakan perut dalam kondisi kosong. 

Itulah tadi lima olahraga ringan yang bisa kamu lakukan di pagi hari sebelum beraktivitas. Tunggu apa lagi? Yuk mulai olahraga secara rutin! Semoga informasi di atas bisa bermanfaat dan menambah wawasan kamu ya.

Disclaimer: Artikel ini sudah pernah tayang di laman IDNTimes.com dengan judul "5 Olahraga Ringan di Pagi Hari, Buat Badanmu Jadi Sehat dan Bugar

IDN Media Channels

Latest from Health