Siapa yang nggak tahu dengan cuka apel? Bahan alami yang terbuat dari sari apel yang difermentasi ini pun dikenal banyak orang karena manfaatnya yang beragam. Cuka apel sering dimanfaatkan untuk berbagai kebutuhan sehari-hari. Memiliki berbagai kandungan seperti vitamin A, vitamin B1, vitamin C, dan vitamin E, cuka apel pun juga memiliki manfaat yang beragam untuk kecantikan, salah satunya ialah kecantikan rambut. 

Sebelum hendak mencoba bahan alami yang satu ini, sebaiknya simak dulu manfaat cuka apel untuk rambut yang akan Popbela bahas di artikel ini. Yuk keep scrolling!

1. Membantu mengurangi ketombe

Masalah ketombe muncul disebabkan oleh berkembangnya bakteri atau jamur yang tak dapat dikontrol. Untuk itu, kandungan asam alami pada cuka apel yang dapat mengurangi pertumbuhan bakteri atau jamur dikenal sebagai manfaat cuka apel untuk rambut yang cukup menarik dicoba langsung.

2. Mengatasi rambut rontok

Tak hanya masalah ketombe, manfaat cuka apel untuk rambut lainnya ialah mampu mengurangi kerontokkan pada rambut yang juga disebabkan oleh bakteri yang bercampur oleh produksi sebum berlebihan. Tingkat keasaman pada cuka apel ampuh banget dalam mengatasi masalah rambut yang satu ini lho!

Nggak Nyangka, Ternyata Inilah Manfaat Cuka Apel untuk Rambutjamienelsonphoto.blogspot.com

3. Merangsang pertumbuhan rambut

Dan nggak sekedar mengurangi kerontokan pada rambut, nyatanya manfaat cuka apel untuk rambut selanjutnya ialah merangsang pertumbuhan rambut sehingga rambut yang rontok terhenti dan digantikan oleh rambut baru lainnya yang sehat.

4. Membuat rambut tampak berkilau

Salah satu manfaat cuka apel untuk rambut ialah kemampuannya yang dapat melindungi kutikula rambut sehingga warna dan teksturnya sangatlah sempurna serta sangat berpengaruh pada tampilannya. Untuk itulah, cuka apel mampu membuat tampilan rambut menjadi lebih berkilau dan sehat.

Nggak Nyangka, Ternyata Inilah Manfaat Cuka Apel untuk RambutVogue.com

5. Mengangkat penumpukkan sel kulit mati pada kulit kepala

Menggunakan cuka apel saat hendak akan keramas juga dapat membantu mengangkat penumpukkan sel kulit mati yang menutup pori-pori pada kulit kepala sehingga manfaat cuka apel untuk rambut yang satu ini dapat berpengaruh pada kulit kepala yang bersih dan merangsang pertumbuhan rambut baru lebih cepat.

6. Membantu menyeimbangkan pH kulit kepala

Kandungan kimia pada berbagai produk perawatan rambut tak selalu baik untuk kesehatan rambut, nyatanya beberapa diantaranya malah dapat merusak rambut dan menganggu keseimbangan pH alami pada kulit kepala dan sekitarnya. Untuk itulah diperlukan manfaat cuka apel untuk rambut yang satu ini yaitu keampuhannya dalam mengembalikan keseimbangan pH kulit kepalamu.

Nggak Nyangka, Ternyata Inilah Manfaat Cuka Apel untuk Rambutimgur.com

7. Membasmi kutu

Manfaat cuka apel untuk rambut yang paling unik ialah dapat membasmi kutu dan tentu saja hal tersebut sudah terbukti secara nyata. Aroma kuat yang sangat menyengat, serta asam yang terdapat pada cuka apel dapat membasmi kutu yang susah untuk dihilangkan serta mencegahnya untuk datang kembali.

Jadi, itu dia beberapa manfaat cuka apel untuk rambut yang jarang sekali diketahui. Ternyata cuka apel tak hanya baik untuk kulit wajah saja ya Bela, tetapi juga dapat menjadi produk perawatan rambut yang terbaik!

Baca Juga: Wow! Inilah 5 Manfaat Terbaik dari Cuka Apel untuk Kulit Wajah